Cara meningkatkan jangkauan jaringan wireless atau wifi

Cara meningkatkan jangkauan jaringan wireless , Wireless atau Wifi secara garis besar adalah metode jaringan internet yang tidak menggunakan transmisi kabel yang saat ini sudah menjadi sistem jaringan paling populer digunakan oleh kalangan masyarakat untuk saat ini. Karena melihat cara kerjanya yang sangat praktis tanpa menggunakan media tambahan seperti kabel, maka jaringan wireless pun sudah banyak disematkan pada teknologi gadget dan smartphone saat ini.

Membicarakan masalah wireless memang tidak akan pernah ada habisnya, itu dikarenakan perkembangan jaringan tanpa kabel ini , setiap waktunya pasti akan mengalami suatu perubahan yang signifikan pada system kinerjanya, baik dilihat dari sisi  performanya ataupun dilihat dari sisi tekhnologinya.
Tetapi terlepas dari segala kecanggihan jaringan tanpo kabel ini, apakah ada suatu Cara untuk Meningkatkan Jangkauan untuk sebuah Jaringan Wireless ?
Dalam menanggapi kasus ini , tentunya sudah banyak sekali  kita temui dibeberapa situs yang telah menyajikan pembahasan materi yang mengupas masalah ini, namun dari beberapa artikel yang sudah mungkin belum bisa membantu menguatkan jangkauan jaringan wireless yang anda miliki.


Cara meningkatkan jangkauan jaringan wireless atau wifi

Sebelum kita measuk ke materi tentang bagaimana cara meningkatkan jangkauan dari jaringan wireless ini ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab buruknya koneksi dari jaringan wireless ini , Berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan jaringan wireless anda menjadi lemot :
  • Penyebab pertama adalah disebabkan karena antena router nirkabel yang anda pasang tidak dalam suatu posisi garis pandang sebuah antena transmisi, dimana besar kemungkinan sinyal jaringan yang akan anda dapatkan tidak menemui suatu sasaran yang tepat
  • Penyebab yang kedua mungkin terdapat banyaknya suatu halangan fisik, seperti banyaknya pepohonan yang terlalu tinggi disekitar area bangunan anda atau mungkin karena terhalang dengan bangunan – bangunan yang cukup tinggi sehingga menghambat arus dari sinyal tersebut
  • Kemungkinan bisa terjadi terdapat lebih dari router nirkabel yang terpasang pada wilayah yang sama.
  • Router nirkabel memiliki antena dengan jenis omni-directional dan terdapat suatu sinyal tersebar di mana-mana, hal ini mengurangi kekuatan sinyal untuk mencapai antena tujuan.
  • Penyebab terakhir coba anda perhatikan posisi router nirkabel anda

HAL MENDASAR YANG BISA ANDA LAKUKAN

  1. Pada point pertama anda diharapkan jangan sampai menempatkan suatu benda logam terlalu dekat dengan router nirkabel.
  2. Tidak dianjurkan untuk menempatkan lebih dari satu router nirkabel pada suatu ruangan yang sama.
  3. Cobalah anda menempatkan posisi router anda  pada ketinggian yang cukup ideal dari permukaan tanah.
  4. Tidak diperbolehkan menempatkan suatu alat elektronik lain apapun (misalnya seperti Microwave) berdekatan dengan router nirkabel.

PERLAKUAN LANJUT JIKA METODE PERTAMA GAGAL

  1. Salah satu cara tersebut  adalah dengan cara memasang sebuah antena yang mempunyai jenis unidirectional pada sebuah router agar lebih memiliki kekuatan yang cukup tinggi dibandingkan dengan sebuah antena yang memang telah disediakan oleh alat perangkat router tersebut, pada dasar lain cobalah anda melakukan sebuah upgrade pada  perangkat antenanya.
  2. Arahkan perangkat antena anda tersebut langsung menunuju ke sebuah antena yang menjadi penyedia sinyal atau bisa juga dikatakan posisi antena anda diarahkan pada suatu titik dimana sinyal wireless tersebut berasal. 
  3. Jika anda pengguna komputer jingjing (laptop), anda bisa mencoba untuk menambahkan suatu alat penguat sinyal wireless baik itu berupa perangkat keras atupun software yang biasanya mempunyai basic command promp atau basic turbo pascal. 
  4. Jika Anda memiliki lebih dari satu komputer di rumah atau tempat kerja Anda, maka disini ada beberapa pilihan yang cukup baik untuk menambahkan repeater pada nirkabel, dengan melakukan cara ini kekuatan sinyal yang mencapai pada semua perangkat komputer tidak akan dibagi. Metode perubahan pada adapter jaringan adalah pilihan lain yang memang bisa menjadi salah satu pilihan alternative yang cukup ideal. Hal penting lainnya yang anda harus diingat adalah, bahwa perlunya untuk meng-upgrade suatu pengandar adapter jaringan nirkabel secara baik dan  teratur. Ketika anda akan memilih antena, sebuah alat adapter jaringan dan router nirkabel, pastikan bahwa semua peralatan jaringan tersebut berasal dari suatu vendor yang sama jenisnya. Meskipun peralatan diproduksi oleh vendor yang berbeda kompatibel satu sama lainnya akan tetapi set peralatan dari satu vendor memberikan kinerja yang lebih baik ketika terhubung secara bersama-sama.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment