Pengertian Floppy Disk, fungsi floppy disk dan cara kerja floppy disk

Pengertian Floppy Disk, fungsi floppy disk dan cara kerja floppy disk , Floppy Disk merupakan sebuah perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi sebagai tempat penyimpanan data pada komputer yang bersifat portable dimana perangkat keras ini berjaya didunia teknologi komputer pada tahun 1990-an. hardware yang satu ini sempat populer karena telah diklaim dapat mengambil dan menyimpan file dari satu komputer ke komputer yang lainnya lain. Tetapi dengan seiring perkembangan teknologi, kehadiran floppy disk ini juga sudah mulai tergeser dengan adanya perangkat lain seperti adanya flashdisk..

Karakteristik dari Floppy Disk adalah sebuah  perangkat yang mempunyai "keahlian" sebagai tempat penyimpanan data yang dimana komponennya terdiri dari sebuah medium magnetis yang mempunyai bentuk  tipis dan lentur yang terdapat pada bagian atas tengah dari perangkat keras disketnya, serta hardware yang stu ini juga dilapisi lapisan berbentuk persegi. Tetapi unruk sekarang keberadaan disket sendiri sudah hampir punah dan hampir sulit ditemukan juga keberadaannya dikarenakn sekarang sudah banyak media-media penyimpanan lainnya yang terbilang cukup canggih seperti flashdisk, CD-RW, CD-R, ZIP Drive, DVD-R dan DVD-RW. Perlu anda ketahui juga walaupun sudah banyak media penyimpanan yang baru, floppy disk masih tetap dipertahankan dan jika anda lihat masih banyak media Floppy disk ini yang masih terpasang pada perangkat komputer di era sekarang.


Pengertian Floppy Disk, fungsi floppy disk dan cara kerja floppy disk

PERKEMBANGAN FLOPPY DISK

Sekitar tahun1969 adalah awal dari kemunculan hardware yang satu ini. jika melihat dari segi ukurannya, pada awal kemunculannya Floppy Disk ini berukuran sekitar 8 inchi dan kapasitas dari floppy disk ini masih terbilang sangat minim sekali, hardware ini hanya mampu menampung kapasitas file hanya sampai 79,7kb. kekurangan floppy disk juga, mereka mempunyai sifat yang "read only " dalam istilah lain floppy disk ini hanya mampu menyimpan sebuah data tanpa bisa di hapus dan diedit lagi, jadi file yang sudah masuk ke perangkat floppy disk hanya mampu kita baca saja.
Kemudian pada ahun 1976, perkembangan dari floppy disk pun mulai diusung, pada era tersebut floppy disk hadir dengan bentuk ururan berkisar 5¼ inchi dan kemampuan penyimpanan datanya pun sudah mulai meningkat yakni sebesar 110 KB dan 360 KB.kemudian puncak dari kejayaan floppy disk ini terjadi pada tahun 1990an yang dimana kapasitas penyimpanan dari floppy disk ini mempunyai kapasitas sebesar 200 MB dimana kapasitas ini mempunyai ukuran fisik sekitar 3½ inchi pun menjadi dominan dieranya.

FUNGSI FLOPPY DISK

Floppy Disk berfungsi untuk menyimpan suatu data atau file dengan ukuran penyimpanan memory yang sangat terbatas dimana kapasita paling besar hanya mencapai 200MB saja. Data yang disimpan pada disket juga dapat dipergunakan dan dibaca pada komputer lain tanpa bisa dilakukannya sebuah pengeditan dan penghapusan pada data tersebut, karena type FD ini hanya bersifat Read Only.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment