Pengertian Heatsink Fan, fungsi heatsink dan cara kerja heatsink

Pengertian Heatsink Fan, fungsi heatsink dan cara kerja heatsink , Heatsink Fan merupakan salah satu perangkat keras komputer yang mempunyai bentuk seperti kipas dan bahan logam yang digunakan sebagai tumpuan kipas tersebut terbuat dari tembaga dan alumunium, tujuan awal diciptakannya fan adalah untuk meberikan suhu dingin pada sebuah processor sehingga kinerja dari processor bisa lebih stabil dan suhu pansa yang dukeluarkan dari processor dapat di sebar serta dikeluarkan oleh heatsink fan ini.

Sementara cara kerja fan untuk mengeluarkan panas yang dikeluarkan processor pun terbilang cukup unik, yakni dengan cara mengalirkan suhu panas tersebut melalui komponen tembaga dan alumunium yang terpasang pada fan tersebut, kemudian suhu panas yang sudah menempel pada logam tersebut akan tersapu oleh angin kipas yang fan tersebut sehingga suhu panas tersebut bisa keluarkan dan diserap oleh cashing CPU.


FUNGSI HEATSINK FAN

Fungsi utama dari heatsink fan ini adalah sebagai perangkat keras komputer yang digunakan untuk membantu meringankan sebuah proses dari Processor supaya tidak terlalu menahan banyak beban panas. Proses ini pun dengan jelas bisa kita logika kan jika suatu permukaan yang digunakan sebagai media perpindahan panas tersebut semakin luas maka akan semakin cepat juga suatu proses pendinginan pada suatu komputer.

Pengertian Heatsink Fan, fungsi heatsink dan cara kerja heatsink

 

CARA KERJA HEATSINK FAN


Cara kerja Heatsink pada sebuah perangkat komputer adalah melakukan sebuah proses pendinginan pada saat perangkat komputer sedang beroperasi. jika pada suatu perangkat komputer tidak menghasilkan suatu panas maka heatsink pun tidak akan melakukan sebuah putaran, perangkat keras ini akan menerima suatu panas dari sebuah processor, kemudian panas yang dihasilkan oleh perangkat processor ini akan menyebar pada seluruih bagian perangkat heatsink sehingga panas tersebut akan berkumpul pada bagian inti heatsink, sedangkan yang bekerja untuk membuangnya adalah FAN yang terdapat pada heatsink tersebut, dalam istilah lain FAN bisa dikatakan sebuah kipas kecil yang menempel pada bagian atas heatsink.

SPESIFIKASI HEATSINK FAN


Dilihat dari segi Bentuk
Jika kita melihat perangkat keras heatsink ini dari Bentuknya desain perangkat heatsink ini tentunya mempunyai tampilan fisik yang berbeda-beda, tergantung vendornya masing - masing. Ponit pertama ini juga berlaku jika anda melihat Bentuk heatsink pada perangkat laptop dan komputer desktop tentunya bentuuk ini mempunyai perbedaan yang sangat jauh sekali.

Dilihat dari segi Bahannya
Setelah pada bagian pengertian dan fungsi utama kita telah membahasnya, maka pada bagian ini jika kita melihat spesifikasi dari segi bahannya, maka sudah kita ketahui bhwasannya Bahan utama yang paling sering digunakan untuk pembentukan / pembuatan perangkt heatsink ini adalah tembaga dan alumunium. lasan dari kedua bahan ini dijadikan bahan utamanya karena kedua bahan utama ini sanngat efektif dan memang cepat dalam melakukan penyerapan panas.
Dan terdapat kelebihan juga pada bahan alumunium, bahan ini memang memiliki sifat yang tidak terlalu cepat dalam melakukan penyerapan suatu panas, tetapi alumunium ini mempunyai sifat yang sangat baik dan cepat dalam melakyukan pembuangan terhadap panas.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment