Pengertian komputer PC dan jenis - jenis PC

Pengertian komputer PC dan jenis - jenis PC , PC atau Personal Computer adalah Seperangkat komputer yang bisa digunakan oleh pengguna tunggal dan biasanya komputer PC ini biasa ditemukan dilingkungan rumahan, toko, kantor ataupun tempat lainnya karena pada dasarnya komputer PC ini sudah mempunyai spesifikasi dan harga yang relatif sehingga bisa terjangkau oleh setiap kalangan.

Fungsi dari PC ini adalah sebagai perangkat yang digunakan untuk mengolah data secara input dan akan menghasiilkan sebuah data berupa hard copy atau soft copy melalui output.Jika dilihat berdasarkan klasifikasinya komputer pC ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
  1. Klasifikasi perangkat komputer dilihat berdasarkan Operasional principle  (Prinsip Operasional)
  2. Klasifikasi perangkat komputer dilihat berdasarkan Processing power (Daya Pengolahan)
  3. Klasifikasi perangkat komputer dilihat berdasarkan Personal Computer (Penggunaan Pribadi) 
Baca Juga : Pengertian dan Penjelasan Teknologi Jaringan Komputer

Pengertian komputer PC dan jenis - jenis PC

Klasifikasi perangkat komputer jika dilihat dari prinsip operasionalnya

Perlu anda ketahui Jenis-jenis perangkat komputer komputer jika memang dilihat  berdasarkan prinsip operasionalnya, komputer dapat dibedakan menjadi beberapa kelas seperti komputer analog, komputer digital dan komputer hibrida. Untuk penjelasan lebih lanjutnya, silahkan anda re-View penjelasan berikut ini

Komputer Analog ( Analog Computer )
 
Pengertian komputer PC dan jenis - jenis PC
 
Mungkin sebagian dari kita masih sangat asing mendengan jenis komputer yang satu ini, itu mungkin karena jenis komputer ini tergolong suatu perangkat teknologi yang memang beredar dan dikenal pada awal-awal perkembangan dari sebuah perangkat komputer serta perangkat komputer yang satu ini keberradaannya pun sudah hampir punah pada saat ini. Komputer analog ini berbeda dengan komputer digital, diman komputer analog ini dapat menjalankan beberapa fungsi operasi matematika yang mana dalam masalah ini pengoperasiannya bisa dilakukan secara bersamaan dalam interval waktu yang sama juga . Sistem komputer analog ini juga enggunakan variabel continue untuk operasi matematis serta menggunakan energi  listrik.

Komputer Digital ( Digital Computer )
 
Pengertian komputer PC dan jenis - jenis PC

Jenis komputer kedua yang jika dilihat dari jenis operasionalnya adalah komputer digital. Mungkin anda sudah tidak lagi asing , dengan istilah komputer digital  ini karena jenis komputer yang satu ini sudah bisa disandingkan dengan jenis – jenis perangkat komputer yang memang sudah digunakan dan dioperasikan  pada saat ini. Jenis komputer digital ini juga, sangat identik dengan sistemnya yang mengadopsi sirkuit digital dengan sistem yang dirancang untuk bisa  beroperasi dan digunakan pada dua state, yaitu bit 0 Data pada perangkat komputer yang bisa di asumsikan sebagai serangkaian 1s dan 0s. Komputer digital juga sangat cocok untuk penggunaan sistem komputasi yang kompleks serta memiliki suatu kecepatan pemrosesan yang lebih tinggi dan stabil. Komputer digital di program untuk ditujukan dalam tujuan umum dan tujuan khusus para penggunanya. Tujuan umum komputer digital ini bisa mencakup, seperti pengolahan data  tertentu   sedangkan komputer tujuan umum dimaksudkan untuk penggunaan secara umum yang layaknya dipakai untuk kebutuhan sehario - hari.

Komputer Hibrid ( Hybrid Computer )
 
Pengertian komputer PC dan jenis - jenis PC

Jenis komputer yang terakhir jika dilihat dari segi operasionalnya adalah jenis komputer dengan mode hybrid, jenis komputer yang satu ini adalah jenis komputer yang pada sistemnya sudah menggunakan 2 type komputer sebelumnya, yaitu kombinasi antara komputer digital dan komputer analog. Pada jenis komputer ini, segmen dengan basis digital berperan dalam melakukan pengendalian proses dengan merubah sinyal analog ke sinyal digital


Klasifikasi komputer jika dilihat dari prinsip daya pengolahannya

Klasifikasi yang kedua ini jika dilihat dari bahasa sistemnya sering dikenal dengan Processing Power ini lebih menjurus kepada sebuah akselerasi yang memang dihasilkan dari perangkat komputer itu sendiri.
Perlu anda ketahui juga bhwasannya klasifikasi ini meiliki dua jenis yang dimana didasarkan kepada fungsi daya pengolahannya dan pada dasarnya adalah sebuah klasifikasi dari berbagai jenis – jenis computer yang berdasarkan pada ukuran dan kekuatan sebuah perangkat computer tersebut dalam melakukan pemrosesannya.

Mainframe Komputer
Pengertian komputer PC dan jenis - jenis PC

Mainframe Komputer adalah suatu jenis computer yang mempunyai kapasitas yang bisa dibilang besar , itu semua dikarenakan computer dengan jenis ini memang digunakan untuk memproses data dan aplikasi yang besar. Mainframe Komputer  pada umumnya digunakan dalam Perusahaan atau Organisasi organisasi yang besar.
Jika dilihat dari cara kerjanya sendiri mainframe komputer ini juga, sering digunakan untuk mengolah dan melakukan suatu proses aplikasi yang sangat kritis seperti yang sering digunakan pada saat melakukan pengolahan data seperti riset, transaksi finansial, penataan sensus , dan melakukan sebuah penelitian. Sebagian besar dari jenis komputer Mainframe ini dapat melakukan pelayanan pengguna yang mencapai ratusan pada waktu yang sama, serta mainframe komputer ini memiliki kapasitas yang mempuni untuk bisa melayani beberapa sistem operasi dimana sistem operasi tersebut beroperasi sebagai mesin virtual dan dapat menggantikan fungsional beberapa server yang mempunyai kapasitas yang kecil.

Mikrokomputer
 
Pengertian komputer PC dan jenis - jenis PC
Jenis yang terakhir yakni Mikro Komputer, adalah Sebuah perangkat komputer yang mengadopsi system mikroprosesor dengan menggunakan CPU dan pada umumnya jenis komputer yang satu ini lebih dikenal  sebagai komputer mikro ( Micro Computer ). Jenis komputer mikro ini tidak menempati ruang sebesar komputer dengan type mainframe. Jika anda perhatikan secara fisiknya, pada saat mikro komputer ini dilengkapi dengan perangkat keras seperti papan ketik (keyboard) dan sebuah mouse, maka mikrokomputer ini juga bisa disebut sebagai komputer pribadi ( personal computer ). Dalam strukturalnya komputer mikro biasa dikemas dengan kelengkapan sebuah monitor, papan ketik (keyboard) dan perangkat keras lainnya yang bisa mendukug kinerja dan aktivitas komputer mikro tersebut, seperti perangkat atau alat input-output, memori komputer yang sudah di bundel menjadi bentuk RAM.  Komputer mikro yang diletakkan di atas meja kerja dinamakan dengan komputer desktop, sedangkan yang dapat dijinjing (portabel) dinamakan denganLaptop.

.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment