Pengertian processor, fungsi processor dan cara kerja processor

Pengertian processor, fungsi processor dan cara kerja processor , Processor adalah sebuah perangkat keras komputer atau hardware yang menjadi otak utama dari sebuah perangkat komputer, dimana tugas utama processor adalah sebagai media yang menerima segala permintaan yang dikirimkan oleh sistem komputer dan sebagai tempat dimana segala pemrosesan aktivitas yang sedang berjalan pada komputer. Pada dasarnya sebuah Processor akan dapat berjalan dengan baik pada sistem komputer jika semua komponen pelengkapnya sudah terpasang, processor juga  merupakan sebuah IC yang mempunyai kemampuan untuk mengontrol seluruh jalannya semua aktivitas pada sistem komputer juga sebagai tempat untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas dari sistem komputer. Letak sebuah processor terdapat pada bagian socket yang telah disediakan dan disetting pada bagian mainboard atau papan induk.


Otak komputer atau lebih familiar dengan nama Processor ini memang sangat mempunyai peranan penting untuk sebuah perangkat komputer. perangkat keras yang satu ini juga menjadi perangkat keras yang sangat vital selain untuk kelancaran proses dari perangkat komputer, Jika kita lihat dari namanya saja, perangkat keras yang satu ini, bisa didefinisikan sebagai suatu perangkat keras yang berfungsi sebagai media untuk melakukan suatu proses yang diminta oleh suatu sistem komputer dan sebagai media yang menjadi wadah segala aktivitas yang sedang berjalan pada suatu komputer.

Pengertian processor, fungsi processor dan cara kerja processor

BAGIAN - BAGIAN PENTING PROCESSOR

  • ALU atau Aritcmatics Logical Unit , adalah sebuah alat yang mempunyai tugas dasar untuk menjalankan fungsi aritmatika, seperti tambahan, perkalian dan sebagainya. digunakan juga untuk fungsi logis seperti NOT, AND, OR dan yang terakhir sebagai fungsi perbandingan seperti melakukan perbandingan isi dari dua slot untuk melakukan kesetaraan.
  • CU atau Control Unit , merupakan suatu media untuk melakukan sebuah pengontrolan dimana pada dasarnya adalah sebagai tempat untuk memberitahukan unit masukan mengenai suatu jenis data, tempat dan waktu pemasukkan sebuah penyimpanan didalam penyimpanan utama.
  • MU atau Memory Unit, merupakan bagian dari vital dari sebuah processor yang dimana mempunyai tugas untuk menyimpan suatu alamat-alamat register sebuah data yang sebelumnya telah  diolah oleh bagian ALU dan bagian CU.
 

JENIS - JENIS PROCESSOR

  • Jenis Socket, jenis yang satu ini mempunyai bentuk fisik yang berbentuk persegi sama sisi yang dimana pada bagian bwahnya mempunyai sebuah pin yang menjadi konektor
  • Jenis Slot, jenis yang kedua ini berbentuk seperti batangan yang pemasangannya ditancapkan pada bagian port khusus yang telah disediakan oleh slot model processor. pada dasarnya processor dengan jenis slot ini banayk dtemukan pada komputer yang masih mempunyai jenis pentium II dan III
 

CARA KERJA PROCESSOR

Perlu anda ketahui sebelumnya, bahwasannya processor ini tidak dapat bekerja tanpa adanya suatu komponen pelengkap seperti RAM dan harddisk, dari ketiga kompnen komputer diatas, merupakan suatu komponen yang mempunyai jalur kinerja yang saling terhubung satu sama lain dalam melakukan suatu proses data atau dokumen pada komputer.
Fungsi utama dari sebuah Processor bisa diartikan sebagai otaknya perangkat komputer, yang dimana tugas utamanya menerima sebuah data yang kemudian akan diproses untuk dikirimkan ketempat penyimpanan RAM bahkan harddisk sekalipun.
Dalam konteks yang sebenarnya, bahasa yang bisa dikenali dan dideteksi oleh processor adalah berupa angka 1 dan angka 0 yang mana kedua angka tersebut dikenal dengan bilangan biner.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment