Pengertian RAM, Fungsi RAM dan Cara kerja RAM

Pengertian RAM, Fungsi RAM dan Cara kerja RAM , Rando Acces Memory atau RAM adalah sebuah perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi untuk penyimpanan data dan sebuah instruksi - intruksi program yang sedang kita jalankan dan sebelumnya sudah di eksekusi oleh sebuah Processor. Sementara itu sifat penyimpanan pada RAM adalah bersifat sementara, dalam arti yang luas ketika kita masih melakukan suatu proses pada sebuah komputer, data yang kita jalankan untuk sementara di simpan pada RAM namun jika komputer sudah dimatikan maka data yang tersimpan di RAM tersebut secara otomatis akan hilang dan jika akan melakukan penyimpanan terhadap sebuah data, maka data tersebut akan dilakukan penyimpanan pada Hard Disk, dimana hard disk perangkat keras komputer yang difungsikan sebagai media penyimpanan utama.

                    Pengertian hrad disk, fungsi dan cara kerja hard disk .

RAM juga pada dasarnya telah disetting sebagai memori utama atau primary memory pada sebuah perangkat komputer, yang artinya jika sebuah RAM mempunyai kapasitas lebih besar maka sudah bisa dipastikan kinerja komputer pun akan semakin lancar.

Pengertian RAM, Fungsi RAM dan Cara kerja RAM

FUNGSI RAM (Random Acces Memory)

  • Fungsi dari RAM adalah sebagai media yang digunakan untuk mempercepat pemrosesan data pada komputer ataupun laptop. Semakin besar RAM yang kita miliki, maka semakin cepat juga proses kinerja komputer tersebut.
  • Fungsi yang kedua adalah sebagai tempat penyimpanan data sementara pada komputer, ketika si pengguna komputer sedang melakukan sebuah perintah didalam aplikasi sebelum disimpan pada penyimpanan utama atau hard disk

CARA KERJA RAM

Pada saat kita menyalakan komputer, device yang pertama kali bekerja adalah Processor. Processor berfungsi sebagai pengolah data dan meminta data dari storage, yaitu Hard Disk (HDD). Artinya data tersebut dikirim dari Hard Disk setelah ada permintaan dari Processor.

Tapi prakteknya hal ini sulit dilakukan karena perbedaan teknologi antara Processor & Hard Disk. Processor sendiri adalah komponen digital murni, dan akan memproses data dengan sangat cepat (Bandwidth tertinggi P4 saat ini 6,4 GB/s dengan FSB 800MHz).

Sedangkan Hard Disk sebagian besar teknologinya merupakan mekanis yang tentu cukup lambat dibandingkan digital (Bandwidth atau Transfer Rate HDD Serial ATA berkisar 150 MB/s). Secara teoritis kecepatan data Processor berkisar 46x lebih cepat dibanding HDD. Artinya, apabila Processor menunggu pasokan data dari HDD akan terjadi “Bottle-Neck” yang sangat parah.

Untuk mengatasi keadaan itu, diperlukan device Memory Utama (Primary Memory) atau disebut RAM. RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. RAM berfungsi untuk membantu Processor dalam penyediaan data “super cepat” yang dibutuhkan. RAM berfungsi layaknya seperti HDD Digital, karena seluruh komponen RAM sudah menggunakan teknologi digital.

Dengan RAM, maka Processor tidak perlu menunggu kiriman data dari HDD. Saat ini RAM DDR2 mempunyai bandwidth 3,2 GB/s (PC400), agar tidak menganggu pasokan maka saat ini Motherboard menggunakan teknologi Dual Channel yang dapat melipatgandakan bandwidth menjadi 2x dengan memperbesar arsitektur menjadi 128-bit. Itu artinya, 2 keping DDR2 dalam mode Dual Channel dapat memasok data dalam jumlah yang pas ke Processor (3,2 GB/s x Dual Channel = 6,4 GB/s).
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

3 Responses to "Pengertian RAM, Fungsi RAM dan Cara kerja RAM"