Pengertian server dan Jenis - Jenis Server Di Jaringan Komputer

komputerdia.com, Istilah server didalam sebuah jaringan komputer bukan lagi menjadi sesuatu hal yang asing lagi kita dengar, hampir semua kalangan sudah mengetahui apa itu server.

Namun jika dilihat dari segi pengertian lengkapnya mungkin diantara kita masih ada yang belum mengetahui tentang apa itu server dan fungsi dari server tersbut itu apa ?

Untuk penjelasan lebih lanjutnya silahkan anda perhatikan dan simak dibawah ini



Pengertian server dan jenis - jenis server pada jaringan komputer

Penjelasan Server Pada Jaringan Komputer

Pengertian Server Pertama

Server adalah suatu perangkat yang telah telah dilengkapi oleh serangkaian program maupun sebuah protocol dimana didalamnya telah menyediakan berbagai macam jenis layanan yang ditujukan untuk dapat digunakan oleh perangkat komputer lain.

Didalam sebuah istilah dunia jaringan komputer, terdapat dua model pemrograman yaitu basic client dan server, dimana program server ini dapat diartikan sebagai sebuah program yang bertugas memenuhi serta menunggu permintaan dari suatu client pada suatu jaringan tersebut.

Sedangkan client dapat diartikan suatu program yang dipasang pada perangkat pengguna selain server dimana client ini tidak memiliki akses penuh dan tidak bisa mengakses secara penuh akan fitur yang tersedia didalam sebuah jaringan kecuali atas izin yang diberikan oleh server nya sendiri.



Pengertian Server Kedua

Server merupakan sistem komputer yang mampu menyediakan suatu jenis layanan yang sudah ditentukan didalam sebuah jaringan tersebut. Perlu anda ketahui juga bahwa ada juga sebagian dari kita yang meneybut server ini dengan sebutan web server, sebuah perangkat komputer yang bertindak sebagai server sudah didukung dengan perangkat processor yang memiliki sifat scalable serta mempunyai kapasitas RAM yang besar

Perlu diingat bahwa sistem operasi yang digunakan pada server ini mempunyai suatu perbedaan dimana sistem operasi yang digunakan kebanyakan bukan sistem operasi berjenis windows, Mac OS atau yang lainnya.

Namun sistem operasi yang digunakan pada server ini adalah sistem operasi jaringan atau dalam istilah lainnya dikenal dengan network operating system, seperti windows NT 3.51 , windows NT 4.0, windows server 2000, windows server 2003 dll.selain itu, server juga mempunyai sebuah peran untuk dapat menjalankan suatu program administrative yaitu suatu software yang dipergunakan untuk dapat melakukan suatu pengontrolan terhadap akses jaringan serta sumber daya yang memang terpasang pada server tersebut.


Pengertian Server Ketiga

Pengertian Server selanjutnya adalah salah satu contoh aktivitas yang menjalankan perangkat lunak , dimana perangkat lunak ini mampu menerima perintah dari klien, komputer yang melakukan eksekusi perangkat lunak.

Dalam hal ini Server mempunyai peranan penting dalam melakukan arsitektur client-server, dimana “server” adalah program komputer yang menjalankan untuk melayani perintah serta permintaan dari program lain, klien mungkin bisa melakukan aktivitas berbagi data, informasi, hardware dan software.

Sementara itu, Klien dapat menjalankan suatu program atau mengakses data serta fie pada komputer yang sama, dengan syarat kedua komputer harus saling terhubung dengan jaringan internet, WAN, atau LAN. 

Jenis-Jenis dan Fungsi Server Jaringan Komputer


  • Server Platform
Server platform merupakan sebuah hardware atau software dasar yang difungsikan untuk sistem yang bertindak sebagai mesin yang menggerakkan server.

  • Server Applikasi
Server aplikasi Juga dikenal dengan istilah jenis middleware, yakni sebuah software yang berfungsi sebagai pengola sebuah perintah dari client dan database.

  • Server Audio / Video 
Server Audio / Video Menyediakan kemampuan multimedia ke sebuah situs web dengan tujuan awal untuk membantu pengguna situs atau website agar dapat menyiarkan streaming konten multimedia.

  • Chat Server 
Chat server difungsikan untuk menangani chatting dari beberapa user atau pengguna komputer dengan jaringan internet.

  • Fax Server : 
Fax Server merupakan suatu server yang memungkinkan user untuk mengirim dan menerima file fax melalui jaringan komputer yang tergubung dengan internet

  • FTP Server 

File Transfer Protocol Server merupakan media yang dimanfaatkan untuk melakukan transfer data, dari atau ke client yang terhubung dengan jaringan internet

  • Groupware Server

Groupware Server merupakan sebuah software yang dirancang untuk memungkinkan pengguna agar dapat bekerja sama, terlepas dari lokasi, melalui Internet atau intranet perusahaan dan bisa difungsikan secara bersama-sama dalam suasana virtual.

  • IRC Server 

Internet Relay Chat server  atu dikenal dengan IRC Server difungsikan untuk memungkinkan user bisa melakukan suatu diskusi dengan menggunakan jaringan internet

  • List Server 

List Server pada dasarnya adalah menyediakan cara yang lebih baik untuk mengelola suatu milis. Server disini dapat berupa diskusi interaktif terbuka untuk orang-orang atau daftar satu arah yang memberikan pengumuman, buletin atau bahkan iklan sekalipun.

  • Mail Server 

Mail Server merupakan sebuah Server yang bertugas untuk menangani e-mail

  • News Server

News Server berfungsi sebagai sumber distribusi dan pengiriman untuk banyak kelompok berita umum, didekati melalui jaringan berita USENET.

  • Proxy Server

Proxy Server dalam hal ini bertindak sebagai mediator antara client dengan server diluar jaringan untuk melakukan sebuah penyaringan atau bahkan melakukan pembatasan suatu permintaan, meningkatkan kinerja koneksi dan juga sharing.

  • Telnet Server 

Telnet Server berfungsi Untuk log on ke komputer host dengan cara remote dari komputer lain.

  • Virtual Server

Virtual server adalah metode untuk mengurangi jumlah server fisik, jadi pada satu server fisik seolah-olah terdapat beberapa fisik server.

  • Web Server

Web Server pada dasarnya berfungsi sebagai media yang menyediakan konten ke web browser, Web Server berkomunikasi menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

  • Server Aplikasi

Server aplikasi merupakan Server yang satu ini merupakan suatu server yang pada dasarnya digunakan untuk penyimpanan sebuah aplikasi yang bisa diakses oleh pengguna atau client. 

  • Server Data
Server data adalahJenis server yang kedua ini biasanya digunakan untuk penyimpanan sebuah data, baik data yang berasal dari pengguna atau client maupun data yang memang diproses langsung oleh server aplikasi

  • Server Proxy
Server Proxy merupakan server yang satu ini memiliki peran penting dalam sebuah jaringan yakni bertugas sebagai pengatur sebuah lalu lintas pada jaringan melalui pengaturan pada proxy

.
.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment