Pengertian VGA Card, Fungsi VGA dan cara kerja VGA Card

Pengertian VGA Card, Fungsi VGA Card dan cara kerja VGA Card , VGA atau Video Grapich Accelerator adalah sebuah perangkat keras komputer yang mempunyai tugas untuk mengolah suatu data grafis yang kemudian akan ditampilkan pada suatu layar monitor pada perangkat komputer. Didalam VGA juga dikenal nama Processor yang sering disebut GPU (Grapich Processing Unit) yang tentunya mempunyai peranan sangat penting terhadap dukungan VGA card ini.

Untuk saat ini sudah banyak jenis VGA yang sudah mempunyai spesifikasi tinggi, hal ini dikarenakan semakin banyaknya aktivitas yang dilakukan dengan media komputer dengan akselerasi dan grapich yang cukup tinggi misalnya seperti permainan game online dan pekerjaan design grafis, dimana kedua aktivitas ini memang sangat sekali dibutuhkan support VGA Card yang mempuni.

                     Jenis - jenis RAM dan penjelasan menurut klasifikasinya .

Pengertian VGA, Fungsi VGA dan cara kerja VGA

FUNGSI VGA CARD

Dari penjelasan diatas sudah bisa ketahui bahwa fungsi utama dari VGA card ini adalah salah satu perangkat komputer yang berfungsi sebagai media untuk mengolah data grafis yang nantinya akan di tampilkan pada layar monitor komputer. Dengan VGA juga kita bisa lebih menikmati tampilan layar komputer yang lebih jernih juga resolusi gambar yang ditampilkan pun sudah sangat bagus dan jelas.

CARA KERJA VGA CARD

VGA memang seringkali digunakan untuk dihubungkan pada resolusi layar monitor pada komputer yang mana tentu saja VGA ini memiliki cara kerja yang bisa menerjamahkan keluaran dari sebuah komputer ke monitor.  Kegiatan dari VGA Card ini tentu akan terlihat nyata ketika Anda ingin bermain game yang membutuhkan grafis yang tinggi dan memerlukan kapasitas dan kualitas yang bagus.

Tentu jika VGA komputer Anda tidak memiliki kualitas ataupun kapasitas yang cukup dibutuhkan bermain game tersebut, tampilannya akan jelek atau tidak jernih. Akan berbeda jika kebutuhan akan VGA yang disesuaikan dengan kualitas dan juga kapasita pada game tersebut tentu tampilan gambar yang dihasilkan akan sangat bagus sekali. Terlebih lagi ketika bermain game biasa nya membutuhkan kapasitas VGA yang cukup besar dan tinggi.

Biasanya jika Anda memaksakan VGA yang kualitas nya rendah untuk bermain game yang membutuhkan grafis yang tinggi maka komputer akan error. Adapun biasanya produsen yang menyediakan VGA dengan kualitas yang baik yakni seperti ATI ataupun Nvidia serta Radeon. VGA juga dapat mengacu kepada konektor VGA 15-pin yang masih digunakan sampai sekarang ini untuk mengantarkan sinyal video analog pada monitor. Standard VGA resminya telah digantikan oleh standard XGA dari IBM, namun pada kenyataannya VGA justru digantikan lagi oleh Super VGA.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment