Cara kerja system server dalam melayani HTTP

Cara kerja system server dalam melayani HTTP , Mungkin sebagian besar dari kita sudah mengetahui apa itu HTTP, istilah HTTP bisa sering sekali kita temui jika kita sedang melakukan suatu aktivitas browsing  pada peramban browser yang ditujukan pada suatu website untuk melakukan pencarian data atau mungkin hanya sekedar mencari informasi saja. Dalam hal Coba anda perhatikan pada adreess Bar, secara kasat mata jika anda mengunjungi suatu website sekilas terlihat dari alamat url tersebut hanya menampilakan domain  dan subdomainnya saja seperti www.komputerdia.com , tetapi jika anda perhatikan secara lebih, dan coba anda copy alamat url tersebut kemudian salin di tab baru maka dengan otomatis didepan subdomainya akan terdapat tulisan HTTP seperti Http://www.komputerdia.com
Tetapi apakah anda tahu tentang apa yang dimaksud dengan istilah HHTP ini, dan bagaimana system server tersebut bisa melayani permintaan dari HTTP ini ?

HTTP adalah sebuah protokol  yang dibangun dan dikhususkan untuk diterapkan pada sebuah jaringan lapisan aplikasi yang memang digunakan untuk sistem informasi yang sudah terdistribusi secara terintegrasi dan struktural, serta kolaboratif, dimana sistem tersebut menggunakan hypermedia yang  digunakan pada suatu aplikasi dengan basis web.
Lalu bagaimana fungsi utama dari  system server dalam melayani sebuah permintaan dari HTTP. Sebagai acuan utama sebelum masuk pada pembahasan cara kerja system server dalam melayani HTTP, ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui apa pengertian sebenarnya dari server tersebut. 

Cara kerja system server dalam melayani HTTP

 
Fungsi dasar server dalam system kerjanya  adalah sebagai media yang mempunyai tugas untuk menerima dan memproses permintaan dari port jaringan – jaringan yang  masuk, hal ini bisa diasumsikan sebagai sebuah  kolaborasi interaksi yang sudah tertata dengan baik dan terorganisasi  antara server web dan suatu aplikasi  peramban browser, ketika pengguna komputer sedang melakukan aktivitas browsing  dan melakukan sebuah tindakan  mengklik link, ada beberapa hal yang terjadi di balik layar si pengguna computer tersebut, dimana pada saat tersebut server akan melakukan sebuah proses atas permintaan yang diminta oleh pengguna internet melalui sebuah halaman Web yang kemudian akan ditransmisikan melalui server Web yang sesuai dengan kriteria sebuah permintaan yang diajukan tersebut, sedangkan tugas yang paling penting dalam sebuah server sendiri adalah suatu server akan  melakukan sebuah penjemputan dan merakit sutatu halaman Web dan melakukan pengiriman balik kembali menggunakan suatu protokol seperti http, kemudian apada a akhirnya akan mengirimkan dan membawa data yang dapat diproses  pada suatu web browser untuk menampilkan halaman di layar pengguna computer sesuai dengan apa yang diminta oleh pengguna computer yang telah melewati suatu filtrasi dari http dan server.

PROSES KERJA SISTEM SERVER DALAM MELAYANI HTTP

Pada masalah diatas dapat disimpulkan bahwasannya Browser melakukan sebuah komunikasi dengan “nama server” dan menerjemahkan nama domain “gkbsys.com” menjadi suatu Alamat IP, yang digunakan untuk menghubungkan ke mesin server. Kemudian pada saat itu browser akan  membentuk koneksi ke sebuah server dimana tujuan utamanya adalah alamat IP yang terdapat pada port 80. ketika sebuah protokol dari HTTP browser sudah melakukan  sebuah pengiriman permintaan yang sering kita kenal dengan istilah GET (Permintaan data dari sumber tertentu) ke suatu server tujuan, dan meminta file http://www.gkbsys.com/p/about-us.html

kemudian server akan  mengirimkan sebuah teks berbasis HTML ke halaman web yang telah diakses sebelumnya di browser tersebut. (Server melakukan sejumlah tugas penting dan merupakan suatu bagian penting dari infrastruktur jaringan komputer setiap organisasi. Banyak proses kompleks yang terjadi dalam server misalnya terkait proses kegiatan belanja online. Server bekerja mulai dari Dari otentikasi dan keamanan untuk penagihan, sampai melakukan proses pesanan pembelian secara online. Hal tidak bisa terjadi tanpa server canggih menanganinya.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment