Pengenalan Metode BotNet didalam dunia hacker

Pengenalan Metode BotNet didalam dunia hacker , Tidak menutup kemungkinan ada saatnya anda dan kita semua yang bergerak dibidang komputer harus mengetahui beberapa teknik peretasan dan memang sudah suatu keharusan kita menguasai teknik peretasan ini, salah satu dari sekian banyaknya teknik peretasan yang menjadi pavorit para hacker adalah teknik BotNet, dalam segi luasnya teknik BotNet ini juga dibagi menjadi beberapa bagian seperti serangan Zeus, Serangan DoS, malware dan spam surel.

Menurut sebagian para pakar peretas, bahwa BotNet adalah suatu kumpulan program yang saling terhubung melalui koneksi internet yang berkomunikasi dengan program-program sejenis untuk melakukan tugas - tugas  tertentu. Namun pada dasarnya teknik Botnet ini bisa digunakan untuk menjaga keamanan kanal IRC, mengirimkan surel spam, atau berpartisipasi dalam serangan DDos. Kata botnet sendiri berasal dari dua kata, yakni robot dan network .


Pengenalan Metode BotNet didalam dunia hacker

Botnet juga merupakan salah satu kegiatan menyusupkan program-program tertentu kepada server-server komputer dimana program-program tersebut biasanya disusupkan sebagai Worms, Trojan horse, atau Backdoors, di bawah perintah Master Refer dan dikendalikan dengan sebuah remote, sehingga program tersebut dapat bekerja kapan saja sesuai keinginan si Master tadi yang tujuannya untuk mengganggu ataupun merusak suatu jaringan atau sistem operasi komputer (kejahatan) yang berpotensi melumpuhkan jaringan internet secara luas.


BERIKUT INI TAHAPAN KERJA DARI BotNet

  1. Operator botnet menyebarkan virus atau worm yang menginfeksi komputer pengguna biasa dengna perantara aplikasi bot.
  2. Bot di PC yang terinfeksi masuk log ke server C&C (command & control) tertentu.
  3. Seorang spammer (penyampah) membeli jasa botnet dari operator.
  4. Si spammer menyampaikan pesan spam kepada operator. Operator menginstruksikan mesin terinfeksi untuk mengirimkan pesan spam melalui panel kendali pada server web.

Botnet dieksploitasi untuk berbagai keperluan, antara lain serangan DoS, penciptaan atau penyalahgunaan relai surat SMTP untuk spam (lihat Spambot), pemalsuan klik, spamdeks, dan pencurian nomor serial aplikasi, identitas masuk log, dan informasi keuangan seperti nomor kartu kredit.

Komunitas pengendali botnet sudah lama berjuang memperebutkan gelar pemilik bot terbanyak, pita lebar tertinggi, dan mesin terinfeksi paling "berkualitas tinggi", seperti universitas, perusahaan, dan pemerintahan.

Mungkin itulah sedikit pengenalan tentang apa itu BotNet dan bagaimana Metode BotNet ini dapat bekerja untuk menghancurkan sebuah sistem komputer
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment