Pengertian website dan jenis - jenis website

Pengertian website dan jenis - jenis websiteWebsite atau situs adalah sebuah tempat atau suatu media yang terdapat pada jaringan internet yang dapat diakses dengan sebuah alamat hostsnmae tertentu  serta memungkinkan dapat meng-host ke banyak konten didalamnya dengan menggunakan halaman web antar muka. Website sediri memiliki banyak cakupan atau jenis - jenis yang sangat beragam , untuk sebuah website yang bisa dikatakan kompleks, biasanya dibangun oleh sebuah tim pengembang yang terdiri dari beberapa orang bahkan bisa sampai jumlah ratusan orang. Namun untuk website yang mempunyai kelas sederhana, kita bisa membangun dan mengembangkannya secara individual.

Didalam sebuah jaringan internet website memang mempunyai banyak kategori atau jenisnya, apabila website yang memuat konten hanya sekedar brosur yang pasif dan hanya menampilkan sebuah informasi teks yang memang miliki sedikit konten gambar, untuk saat ini sebuah website pun sudah bisa digunakan untuk melakukan sebuah komunikasi, sosialisasi dan lain sebagainya.


Pengertian website dan jenis - jenis website


JENIS - JENIS WEBSITE ATAU SITUS

 1. WEBSITE AFFILITAE

Website dengan jenis ini selain menampilkan sebuah Content Management System ( CMS), website ini juga bisa melakukan penerimaan sebuah konten dari pihak ke tiga, seperti yang diberlakukan pada website Google News atau Ebay.

2. WEBSITE ARSIP

Jenis website yang kedua ini merupakan website yang memuat konten - konten atau sebuah informasi - informasi yang mempunyai kategori penting pada internet. Jadi jika dilihat secara luas fungsinya ini bisa dikatakan sama dengan sebuah perpustakaan online yang memang menyimpan hal - hal yang sangat penting dan menarik. Contohnya seperti  Archive.org .

3. WEBSITE BLOG

Website ini digunakan untuk menyimpan sebuah informasi yang dimiliki oleh seseorang atau bahkan perusahaan sekalipum untuk memungkinkan memuat sebuah konten yang dapat diberikan sebuah komentar oleh para pengunjungnya. Coontohnya seperti Blogger dan WordPress.

4. WEBSITE KONTEN

Website ini merupakan website yang memuat banyak informasi yang memang mempunyai tingkat kegunaan yang cukup tinggi untuk para pembacanya , seperti komputerdia.com .

5. WEBSITE KORPORAT

Website dengan jenis ini memang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang memang digunakan untuk menyampaikan suatu informasi - informasi dalam berbagai aspek serta bisa dilihat dari segala sisi yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi tersebut contohnya seperti Microsoft.com .

6. WEBSITE E-COMERSE

Website yang satu ini sering juga disebut dengan website toko online , yang memang memungkinkan melakukan sebuah transaksi jual beli jasa ataupun barang melalui website tersebut dengan prosedur yang telah ditentukan oleh masing - masing pemilik website tersebut, seperti BukaLapak.com, OLX.co.id .

7. WEBSITE KOMUNITAS / SOCIAL MEDIA

Website yang satu ini merupakan website tempat dimana orang - orang bisa berkumpul daan bisa melakukan sebuah interaksi bik secara pesan teks, audio bahkan video chatting. Dalam situs ini si pengguna akan bisa melakukan aktivitas bertukar informasi satu sama lainnya dan paling penting bisa melakukan hubungan sosialisasi. Contohnya seperti Facebook.com, dan Twitter.com .

8. WEBSITE PEMERINTAH

Website dengan jenis ini merupakan website yang termasuk dalam kategori korporate namun kepemilikannya dimiliki oleh instansi pemerintah sedangkan untuk kontennya sendiri memuat  tentang birokrasi serta suatu keamjuan yang telah dilakukan oleh institusi tersebut. seperti. Polri.go.id .

9.WEBSITE FORUM

jenis website ini merupakan sebuah tempat dimana tempat berkumpulnya anggota - anggota yang terdaftar di forum untuk melakukan sebuah kegiatan berdiskusi untuk memecahkan suatu permasalahan dengan metode yang digunakan adalah layaknya seperti saat kita sedang melakukan musyawarah, contohnya seperti kaskus.co.id

10.WEBSITE INFORMASI

Website ini merupakan website yang menampilkan informasi - informasi kepada para penggunanya, ada yang bersifat komersil bahkan ada juga yang mempunyai sifat yang nirlaba. contohnya seperti wikipedia.org
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment