Pengertian kabel jaringan komputer dan jenis - jenis kabel jaringan komputer

Pengertian kabel jaringan komputer dan jenis - jenis kabel jaringan komputer, Dilihat secara mendasar pengertian dari kabel jaringan memang sangat sederhana sekali, jika kita tafsirkan dari nama yang diusungnya, jenis kabel jaringan juga jika dilihat dari bentuk fisiknya tidak mempunyai perbedaan dengan jenis kabel biasa pada umumnya. 

Tetapi jika memang didefinisikan secara lebih spesifik arti dari kabel jaringan yang mencakup dunia komputer adalah suatu perangkat keras perangkat komputer yang mempunyai jenis kabel dimana perangkat keras ini telah dirancang dengan suatu kriteria yang khusus dimana perangkat keras ini menjadi salah satu perangkat keras yang sangat dibutuhkan untuk memenuhi persyaratn untuk membangun sebuah jaringan komputer dimana perangkat keras ini mempunyai fungsi sebagai media transmisi yang terarah dengan memiliki sebuah tugas untuk menghubungkan antara dua atau lebih perangkat komputer yang sudah mempunyai jaringan internet dimana tujuan utamanya adalah untuk bisa menciptakan suatu komunikasi antara suatu komputer dengan komputer lainnya dan bisa melakukan aktivitas berbagi file.

Baca Juga :


Pengertian kabel jaringan komputer dan jenis - jenis kabel jaringan komputer

JENIS - JENIS KABEL JARINGAN

1. Jenis Kabel Coaxial

Pengertian kabel jaringan komputer dan jenis - jenis kabel jaringan komputer

Kabel jaringan yang mempunyai jenis coaxial merupakan suatu kabel jaringan komputer yang jika kita lihat secara mendetail, kabel jaringan ini memiliki tampilan fisik yang strukturnya terdiri dari sebuah rangkaian kawat tembaga yang menjadi bagian inti dari kabel jenis coaxial, yang kemudian dilapisi oleh sebuah isolator pada lingkar dalam dan dikelilingi oleh sebuah konduktor bagian. Pada bagian lapisan pembungkus kabel dengan jenis coaxial ini menggunakan bahan sejenis PVC yang dijadikan lapisan isolator pada bagian luarnya.

Jenis kabel Coaxial pada umumnya digunakan untuk sebuah topologi dengan tipe bus dan tipe ring, Akan tetapi kehadiran dan kegunaan kabel coaxial pada saat ini sudah tidak banyak digunakan pada jenis LAN yang memang sudah mempunyai spesifikasi yang tinggi, para pengguna dan vendor - vendor pembuat perangkat komputer memilih meninggalkan jenis kabel yang satu ini, itu semua dikarenakan ferporma kabel ini yang tidak bisa mensupport kualitas jaringan yang maximal pasalnya telah banyak ditemukan kekurangan terutama masalah jangkauan yang dihasilkan kabel jenis ini sangatlah terbatas.

2. Jenis Kabel Twisted Pair

Pengertian kabel jaringan komputer dan jenis - jenis kabel jaringan komputer

Jenis kabel yang memiliki jenis twisted pair merupakan suatu kabel jaringan komputer yang sudah didesain dengan tampilan yang sudah memiliki bentuk fisik kabel yang terdiri atas beberapa pasangan yang di klasifikasikan menurut warna tertentu yang disusun secara berlilitan. jenis Kabel Twisted Pair ini juga dapat dibagi menjadi 3 kelas yakni kabel FTP (Foiled Twisted Pair), kabel UTP (Unshielded Twisted Pair),  dan kabel Shielded Twisted Pair yang dikenal dengan kabel STP.

Meskipun ketiga jenis kabel ini memiliki susunan kabel dan bentuknya yang sama, namun terdapat suatu perbedaan yang terletak dari bahan utama pembungkus dan bahan materialnya sehingga hal inilah yang memberikan dampak Performa yang berbeda, terlepas dari itu juga, ketiga jenis kabek ini juga mempunyai suatu kelebihan dan kekurangan masing - masing yang bisa dijadikan tolak ukur oleh para pengguna jaringan komputer.

Pada point utama anda harus mengetahui kelas kabel twisted pair yang mengusung jeni UTP atau yang dikenal sebagai "Unshilded Twister pair" yang jika dilihat sesuai namanya kabel jenis ini tidak dilengkapi dengan sebuah pelindung alumunium foil sehingga jenis kabel yang satu ini sangat rentan akan suatu radiasi yang dihasilkan medan magnet atau sebuah voltase yang cukup tinggi

Beda dengan jenis kabel FTP dan jenis kabel STP, kedua jenis kabel ini memang sudah dilengkapi dengan pelindung ["Shielded"] sehingga jenis kabel ini sudah dilengkapi dengan kemampuan yang lebih untuk bisa tetap bertahan dengan suatu gangguan interferensi dari gelombang elektromagnetik yang berasal dari area yang berdekatan dengan fisik kabel tersebut.

3. Jenis Kabel Fiber Optik

Pengertian kabel jaringan komputer dan jenis - jenis kabel jaringan komputer

Jenis kabel yang satu ini merupakan jenis kabel jaringan komputer yang sudah mempunyai spesifikasi yang cukup tinggi dan sudah bisa dikatakan sebagai salah satu model yang sudah dibuat dengan suatu teknologi yang paling baru yang diklaim mampu memberikan suatu akselerasi dan performa yang sangat bagus.

Pada awal kemunculannya kabel fiber ptik ini dirancang dan dikhusukan untuk sebuah jaringan yang memang dijadikan sebabai jaringan tulang punggung [ Backbone ] seperti yang terdapat pada sebuah prusahaan dengan jaringan yang sangat besar dimana perusahaan tersebut memang membutuhkan suatu kecepatan yang lebih.

Tetapi dengan seiringnya perkembangan teknologi penggunaan kabel fiber optik ini tidak lagi dikhusukan untuk sebuah perusahaan yang mempunyai jaringan yang sangat besar, untuk saat ini kabel fiber optik juga telah diadopsi dan digunakan oleh suatu jaringan biasa seperti WAN, MAN dan Jaringan LAN karena kabel fiber optik ini memang bisa membrikan suatu performa koneksi yang sangat cepat dan sangat stabil.

Terlepas dari segala kelebihan dan kecanggihan yang diberikan fiber optik ini, keberadaannya tersebut belum bisa menggeser pamor dari kabel dengan jenis twisted pair ini, karena jika dilihat dari segi materialnya kabel dengan bahan fiber optik ini memang mempunyai spedifikasi harga yang cukup mahal dibandingkan dengan jenis kabel jaringan yang lainnya. 


FUNGSI UTAMA KABEL JARINGAN

Untuk mengetahui fungsi utama dari kabel jaringan ini, kita hanya dengan melihat dari pengerian dari kabel jaringan itu sendiri sudah bisa disimpulkan fungsi kabel jaringan komputer ini,  fungsi utama dari kabel jaringan komputer ini adalah suatu media yang digunakan sebagai salah satu perangkat keras yang digunakan untuk sebuah transmisi atau penghubung antara satu perangkat komputer dengan perangkat komputer yang lainnya dengan tujuan agar bisa melakukan sebuah aktivitas seperti komunikasi dan berbagi file dimana media yang dijadikan acuannya adalah sebuah jaringan internet.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

5 Responses to "Pengertian kabel jaringan komputer dan jenis - jenis kabel jaringan komputer"

  1. Saya tertarik dengan judul dan tulisan anda, Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pengembangan Komputer yang bisa anda kunjungi di Informasi Pengembangan Komputer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini

      Delete
  2. terima kasih , semoga sukses

    http://blog.binadarma.ac.id/devi_udariansyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama - sama, terima kasih sudah berkunjung
      semoga sukses dan lancar juga gan

      Delete
  3. Artikel yang sangat bermanfaat, terima kasih ats sharenya mas

    ReplyDelete