7 Jenis virus yang dibuat dengan javascript

7 Jenis virus yang dibuat dengan javascript , Virus merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya tentunya, tak hanya menyerang manusia, virus pun bisa menyerang dan mengifeksi sebuah sistem komputer. Sepanjang sejarah komputer telah banyak jenis - jenis virus berbahaya yang telah menyerang sistem komputer sehingga data atau file penting dari si korban pun bisa di curi oleh pelaku yang membuat serangan virus tersebut.

Berikut ini komputerdia.com akan memberikan penjelasan tentang jenis - jenis virus komputer yang cukup berbahaya dan virus tersebut lahir dengan rangkaian kode - kode java script. Apa saja jenis - jenis virus tersebut ?

9 Jenis virus komputer yang dibuat dengan javascript

JENIS - JENIS VIRUS YANG DIUBUAT DENGAN JAVASCRIPT


1. CABIR 
Cabir adalah virus Symbian pertama serta terpopuler sampai sekarang ini. Cabir termasuk juga type worm yang menyelinap melalui koneksi Bluetooth serta masuk ke dalam sistem dengan memanfaatkan fituir inbox (kotak masuk) pesan Anda dengan beberapa nama yang menarik perhatian. Bila Anda mengklik file. sis itu serta menginstalnya, Cabir dengan segera akan mulai mencari target baru dengan dengan memanfaatkan celah akses Bluetooth yang terbukauntuk menginfeksinya. 

Cabir juga dikenal dengan nama SymOS/Cabir. A, EPOC/Cabir. A, Worm. Symbian. Cabir. a, serta virus Caribe. Variannya saat ini sudah berkembang sampai embel-embel abjad paling akhir Cabir. Z.

Dalam melakukan serangannya Cabir bakal menghidupkan Bluetooth Anda dengan cara periodic, dalam jangka waktu 15-20 menit sekali untuk mencari mangsa. Tidak ada terdapat kerusakan file yang terlalu parah , hanya saja apabila handphone Anda terinfeksi, baterainya bakal cepat habis lantaran dipakai untuk mencari piranti Bluetooth yang lain. 

Untuk menghindarnya, matikan (disable) feature Bluetooth Anda. Aktifkan cuma waktu bakal dipakai. Serta yang butuh diingat yaitu janganlah meng-install aplikasi Symbian dengan nama caribe. sis atau beberapa nama yang aneh. 


2. COMMWARRIOR 
Commwarrior masuk dalam keluarga virus handphone type worm. Virus ini menebar lewat MMS, koneksi Bluetooth, serta pertukaran kartu memori dengan nama yang berbeda-beda (random) xxx. sis. Type serangan Commwarrior berbagai macam. Yang paling umum, Commwarrior menebar lewat Bluetooth. Sebagian varian dapat juga mengirimkan suatu pesan MMS ecara acak ke kontak yang ada di phonebook Anda. 

Commwarrior tidak cuma miliki satu nama. Seperti penjahat, jenis virus ini  juga mempunyai nama samaran atau dengan kata lain seperti Commwarrior di kenal oleh anvir F-Secure, SymbOS/Commwarrior McAfee, SYMBOS_COMWAR Tren Micro. 


3. SKULLS 
Virus setelah itu yaitu virus bernama Skulls atau nama komplitnya SymbOS. skulls. Skulls yang termasuk Trojan ini yang ganti system didalam hp serta mengakibatkan ikon-ikon menu paling utama beralih jadi gambar tengkorak. Awalannya, Trojan ini bernama Extended theme. sis, walau demikian saat ini banyak didapati dengan nama skull. sis. 

Sebagian varian type virus ini sudah menyebar. Pada varian skulls. A tak tahu kenapa dia tak memberi dampak apa-apa. Tetapi skulls. C serta H serta S, nyaris semuanya ikonnya beralih jadi tengkorak…hiiii serem…. 

Waktu instalasi varian Skull H, menimbulkan kalimat pemberitahuan “Install ‘beta’_092_free-sms-RM8” sedang Skull S menghadirkan kalimat “Install BlueNum Stealer”.  Tidak cuma mengubah ikon, skulls juga dapat melumpuhkan bebrapa aplikasi yang ikonnya dirubah tadi. Biasanya waktu kita memencet ikon satu aplikasi jadi yang nampak yaitu pesan sistem eror. 


4. DOOMBOOT 
Walau penyebarannya tidak seganas virus computer, tetapi rusaknya yang diakibatkan oleh Doomboot termasuk cukup serius. Nama komplitnya SymbOS. Doombot. Virus ini dapat mempunyai nama samaran diantaranya Doomboot F-Secure, SYMBOS_DOOMED Tren Micro. 

Sekarang ini varian doombot berbagai macam. Ada Doomboot A, C, L, M, G serta P. Doomboot termasuk juga virus kelompok Trojan. Varian Doomboot. A menyimpan serta bikin file-file korup serta bahayanya, sesudah hp menginfeksi, ia bakal meletakkan virus yang lain seumpama Commwarrior. B kedalam hp Anda. System file yang korup tadi mengakibatkan hp tidak bisa lakukan booting.  SymbOS. Doomboot. A umpamanya, menyusup ke hp Anda dengan mirip file instalasi permainan Doom2 yang sudah dicrack. Umumnya bernama Doom_2_wad_cracked_by_DFT_S60_v1. 0. sis. Sedang Doomboot C menyusup dengan nama samaran “exoVirusStopv 2. 13. 19”, serupa dengan nama anti virus hp.  

Bila terima file itu serta menginstalnya, Anda akan tidak terima pesan tehnis apa pun kemudian. Anda juga tidak bakal menduga kalau hp sudah terinfeksi lantaran tidak ada ikon atau sinyal apa pun sesudah sistem instalasi. Commwarrior. B yang diisikan oleh Doombot kedalam hp bakal jalan dengan cara automatis serta menebar lewat koneksi Bluetooth. Hal semacam ini bakal menyebabkan hp konsumsi baterai terlalu berlebih, hingga baterai cepat habis. 

Parahnya, Doomboot bakal bikin hp tidak bisa lakukan booting waktu Anda mematikan hp serta menyalakan kembali. Bila Anda terlanjur lakukan reboot, jadi hanya satu langkah yang bisa Anda kerjakan yaitu lakukan hard reset. Alhasil, beberapa besar data yang sudah Anda taruh seperti photo, nada ataupun data yang lain jadi hilang tidak berbekas. 


5. APPDISBLER 
Kemampuan AppDisabler sesungguhnya serupa dengan Doomboot. Dia bakal menyimpan file-file virus lain seperti Locknut B serta Cabir Y kedalam system hp Anda.  AppDisabler juga menggandeng Skulls J serta bakal menyulap ikon-ikon system Anda jadi gambar tengkorak. Yang lebih mengerikan, virus ini bakal hentikan kemampuan system operasi serta sebagian aplikasi pihak ketiga.


6. CARDTRAP 
CardTrap adalah virus hp pertama yang coba menginfeksi computer berbasiskan Windows dengan menyimpan 2 file virus kedalam kartu memori hp. Bila tersambung si kartu tersebut akansetiap saat menginfeksi computer. Varian CardTrap agak banyak. Dari varian berhuruf tunggal seperti CardTrap P, Q, R, S sampai varian beraksara ganda sepert CardTrap AA, AG, AJ dan sebagainya. 

Umumnya CardTrap menyaru dengan menggunakan beberapa nama game atau aplikasi populer seperti Kingkong, Half Life, Battefield 2 dan sebagainya. CardTrap Z umpamanya, menyaru dengan nama SeleQ 1. 7 – CrackedTNT. sis. CardTrap mengakibatkan kerusakan system lewat cara mematikan sebagian aplikasi built in Symbian. Virus ini cukup mutakhir hingga dapat melumpuhkan sebagian type anti virus. Setelah itu, seandainya ada peluang untuk tersambung ke komputer, CardTrap bakal berusaha menanam virus kedalam PC berbasiskan Windows. 

Sebagian varian seperti CardTrap Z dapat juga mematikan fungsi dari keypad, mengacaukan bebrapa aplikasi pihak ketiga, serta menebarkan file-file rusak kedalam kartu memori sampai menyebabkan kekacauan system. 


7. LOCKNUT 
Locknut atau nama komplitnya SymbOS. Locknut adalah virus Trojan yang beroperasi dengan memanfaatkan celah dari system Symbian S60. virus ini termasuk golongan virus yang berbahaya dikarenakan bisa merubah file biner pada system ROM. Alhasil Locknut bisa mengakibatkan system operasi mobile phone berhenti serta mengalami sebuah crash. Virus ini memilik banyak nama samaran diantaranya Locknut F-Secure, SYMBOS_LOCKNUT Tren Micro. 

handphone Symbian yang terserang virus ini mempunyai tanda-tanda akan memberikan sebuah pesan berikut : 
  • App. closed 
  • AppArServerTh 
  • Read 

Diluar itu, virus ini mempunyai boncengan dengan kata lain virus penambahan berbentuk virus Cabir yang akan terinstal bila virus Locknut menjangkiti handphone Anda. Sebagian besar varian virus Caribe juga terangkai secara bersamaan dengan virus Locknut ini. 

Locknut E, satu diantara varian locknut bakal mengakibatkan kerusakan file-file utama pada system Symbian serta mengakibatkan bebrapa aplikasi yang terinstall tidak bisa di buka.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment