Penyebab Komputer atau Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Komputerdia.com - Pernahkah anda mengalami masalah pada komputer PC atau Laptop yang sedang anda gunakan tiba-tiba mati tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu ? Jika anda pernah mengalaminya, mungkin anda bertanya - tanya kenapa hal tersebut bisa terjadi. Setelah sebelumnya saya telah menjelaskan tentang bagaimana cara membuat bootable OS dengan Rufus, pada artikel kali ini saya akan mencoba memberikan penjelasan penyebab komputer atau laptop sering mati sendiri.
Gejala sering matinya komputer atau laptop dengan sendirinya, bisa diakibatkan oleh beberapa faktor seperti kerusakan pada hardware maupun software. Dibawah ini adalah beberapa masalah yang mengakibatkan komputer atau laptop anda sering mati sendiri .


Penyebab Komputer atau Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

PENYEBAB SERING MATI SENDIRI PADA KOMPUTER DAN LAPTOP


1. Komputer atau Laptop OverHeat ( Suhu Komputer Terlalu Panas )

Pada masalah pertama penyebab sering mati sendiri komputer atau laptop adalah karena suhu panas yang sudah berlebih pada mesin komputer, hal ini diakibatkan karena pemakaian yang terlalu lama sehingga menaikkan kinerja dari sistem komputer atau juga bisa diakibatkan karena Heatsink Fan tidak berfungsi dengan baik.

2. Kerusakan Pada Hardware

Kerusakan pada hardware yang sering mengakibatkan komputer mati dengan sendirinya adalah kerusakan pada Power Supply atau juga power supply yang sudah lemah, sehingga power supply tidak bisa memberikan arus listrik secara normal ke setiap hardware pendukung. 
Gejala kedua pada kerusakan Hardware bisa terjadi juga pada RAM, entah RAM tersebut tidak terbaca atau juga terjadi karena posisi RAM tidak berada pada posisi yang baik.

3. Kerusakan pada Operating System

Jika kerusakan karena diakibatkan Operating Sistem memang jarang sekali terjadi, namun hla ini bisa saja terjadi. tanda - tanda jika kerusakan terjadi pada Operating Sistem hal ini disebabkan karena ada sebuah file system atau file registry yang terhapus, sehingga sistem komputer tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

4. Serangan Virus

Di posisi terakhir kerusakan ini bisa diakibatkan karena komputer atau laptop anda terkena serangan Virus yang bisa mematikan kinerja sistem komputer (Operating System). Biasanya virus ini akan mengambil alih kinerja dari system komputer yang dapat menyebabkan gagalnya sebuah operasi yang dijalankan oleh sistem komputer


Untuk memperbaiki masalah tersebut silahkan anda baca artikel tentanh bagaimana Cara Mengatasi Komputer atau Laptop yang sering mati sendiri.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment