5 Cara Transfer File dari Ponsel Android ke Komputer atau Laptop

Komputerdia.com - File atau data merupakan salah satu aset pribadi yang bisa dikategorikan menjadi suatu hal yang sangat penting, mengingat peranannya yang sangat berpengaruh untuk aktivitas anda sehari - hari. Saat ini sudah banyak media yang bisa anda gunakan untuk dijadikan sebagai tempat penyimpanan data-data tersebut, salah satunya adalah media penyimpanan pada smartphone / ponsel.
Namun terkadang, ada saatnya kita perlu mengakses data yang berada pada ponsel tersebut untuk bisa dikendalikan dan diolah di perangkat komputer atau laptop. Tentunya hal ini memerlukan suatu kegiatan yang dinamakan transfer file. Nah pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas tentang cara atau metode apa saja yang bisa anda gunakan untuk bisa mentransfer file tersebut agar bisa anda akses pada perangkat komputer anda. Dibawah ini adalah 5 cara yang bisa anda lakukan untuk bisa transfer file dari smartphone android ke perangkat komputer atau laptop



5 Cara Transfer File dari Ponsel Android ke Komputer atau Laptop

5 Cara Transfer File dari Ponsel Android Ke Komputer Atau Laptop


1. Bloetooth

5 Cara Transfer File dari Ponsel Android ke Komputer atau Laptop

Cara yang pertama ini merupakan cara yang masih populer digunakan oleh para pengguna ponsel untuk bisa melakukan transfer file antara ponsel dengan perangkat lainnya seperti komputer dan laptop. Selain menjadi media yang populer dari sejak lama, bloetooth juga menjadi pilihan paling populer karena cara penggunaannya yang sangat mudah dan bisa dipahami dengan cepat oleh setiap penggunanya.


2. Kabel Data dan PC Suite
5 Cara Transfer File dari Ponsel Android ke Komputer atau Laptop

Kabel data merupakan media kedua yang paling banyak digunakan oleh para pengguna ponsel untuk bisa melakukan transfer file dari ponsel ke komputer. Cara kedua ini juga merupakan cara yang cukup mudah, pasalnya dengan anda menggunakan kabel data, anda hanya perlu menyambungkan ponsel yang anda miliki ke komputer tujuan melalui port USB. 
Namun perlu anda ketahui, bahwasannya sampai saat ini masih ada vedor ponsel yang mengharuskan menginstall PC Suite bawaannya untuk bisa mengkoneksikan antara perangkat ponsel dengan perangkat komputer, salah satu contohnya adalah SamsumgKies untuk ponsel samsung, iTunes untuk ponsel iPhone, Asus Smart Gesture untuk perankat asus dll. 


3. Card Reader / Pembaca Kartu Memori

5 Cara Transfer File dari Ponsel Android ke Komputer atau Laptop

Card Rider bisa menjadi media populer no ke-3, alat yang satu ini terbukti bisa dengan mudah melakukan suatu transfer file atau data tanpa memerlukan perangkat ponselnya langsung, namun alat ini hanya memerlukan MMC atau Memory card saja. dan proses penyalinan data nya pun hanya menggunakan media komputer atau laptop saja.


4. Share It

5 Cara Transfer File dari Ponsel Android ke Komputer atau Laptop

Media ke-4 yang sering digunakan adalah Share It. Share It merupakan suatu aplikasi ponsel yang dipergunakan untuk keperluan share dan transfer file antara ponsel dengan ponsel yang lainnya, atau antara ponsel dengan komputer / laptop. Secara dasarnya aplikasi ini lebih mirip dengan Bloetooth, namun saja cara kerja share it ini haruslah menggunakan koneksi internet, baik itu wifi ataupun koneksi data serta diantara kedua perangkat yang akan melakukan transfer file dengan share it harus sudah terpasang aplikasi ini.


5. Email (Gmail, Yahoo, Outlook dll)

5 Cara Transfer File dari Ponsel Android ke Komputer atau Laptop

Metode terakhir yang masih banyak digunakan adalah dengan cara memanfaatkan fasilitas email, pada awalnya email hanya bisa digunakan untuk keperluan komunikasi saja dengan bentuk teks. Namun semakin berkembangnya teknologi, saat ini email juga bertransformasi menjadi media yang bisa kita gunakan untuk melakukan transfer file

.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment