Pengertian Komputer Animasi, Animasi Komputer dan Perkembangannya

Komputerdia.com - Animasi merupakan suatu hasil karya visual gerak yang menampilkan rangkaian video dan audio serta dalam perangkaiannya tersebut para Animator telah menggunakan beberapa bantuan Perangkat Lunak. Saat ini sudah bisa kita lihat sendiri, telah banyak film - film yang sudah menghiasi layar kaca dengan tema film animasi, baik 2D, 3D, ataupun 4D. Tak hanya creator film sekelas Holywood saja yang gemar membuat film animasi ini, namun saat ini dikalangan atau lingkungan lokal pun sudah banyak para animator yang sudah bisa menciptakan animasi yang sangat keren.
Dalam artikel kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang pengertian dan penjelasan singkat mengenai Animasi Komputer dan Komputer Animasi. Untuk menambah wawasan anda, anda bisa membaca artikel lainnya, seperti Pengertian PDA, Sejarah dan Penemu PDA .


Pengertian Komputer Animasi dan Animasi Komputer

Komputer Animasi dan Animasi Komputer


Komputer Animasi bisa dikatakan sebagai media atau sebuah komputer yang pada fungsinya bisa dioperasikan untuk membuat animasi visual, dan jika dilihat dari spek-nya, komputer tersebut telah memenuhi persyaratan tertentu untuk bisa menjalankan sebuah perangkat lunak pembuat animasi .

Animasi komputer yaitu seni untuk menciptakan gambar bergerak dengan sendiri lewat pemakaian computer serta merupakan beberapa bagian dari computer grafik serta animasi. Sesuai dengan namanya, animasi ini keseluruhannya ditangani dengan mrnggunakan perangkat komputer khusus. Dari pembuatan karakter, mengatur gerakkan “pemain” serta kamera, pemberian nada, dan special effeknya semua di lakukan dengan komputer dan bantuan pihak ke tiga yakni perangkat lunak. Animasi makin banyak dibuat lewat grafik komputer 3D, dan komputer grafik 2D

Contoh hal kecilnya adalah Dengan animasi computer, beberapa hal yang awalannya mustahil digambarkan dengan animasi jadi mungkin saja serta lebih gampang. Seperti perjalanan wahana ruangan angkasa ke satu planet bisa digambarkan dengan cara terang, atau sistem terjadinya bencana alam tsunami.



Perkembangan Animasi Komputer

Perlu anda ketahui bahwa animasi computer mulai ada sesudah tehnologi computer berkembang di masa 80-an, Animasi computer mulai populer sejak timbulnya film Pixar yakni Toy Story pada tahun 1995. Dengan adanya Perubahan dan perkembangan tehnologi komputer sekarang ini, sudah bisa dipastikan bahwa setiap orang dengan gampang dapat membuat suatu animasi, animasi yang dibuat juga akan bergantung pada ketrampilan seoranng animator serta software yang dipakainya. 

bersamaan dengan perubahan dan perkembangan dunia pertelevisian. Awal mulanya diciptakanlah animasi berbasiskan dua dimensi (2D Animation), dimana objek yang dianimasi memiliki ukuran panjang (x-axis) serta lebar (y-axis) saja. Realisasi riil dari perubahan animasi dua dimensi yang cukup revolusioner berbentuk dibuatnya film-film kartun. Seven Dwarfs (1937) serta Fantasia (1940) dari Walt Disney yaitu karya-karya film kartun yang melegenda hingga saat ini. Bahkan juga sebagian tokoh-tokoh kartun buatan Walt Disney yang lain masihlah bisa bertahan serta popular hingga sekarang ini mekipun pembuatan film-film itu ditangani nyaris beberapa abad kebelakang.

Pembuatan animasi film kartun tersebut awal mulanya ditangani dengan membuat sketsa gambar yang digerakkan satu demi satu hingga bisa terbentuk suatu rangkaian gerak dari visual yang dihasilkan nantinya. Untuk membuat satu durasi animasi, memang memerlukan jumlah gambar yang cukup banyak.
Namun untuk saat ini setelahditemukannya tehnik animasi sel, maka pembuatan animasi sekarang tidak sesulit dulu, jika pada awalnya teknik pembuatan animasi lebih menggunakan bahan kertas umum, sekarang ini pembuatan animasi telah menggunakan kertas transparan yang terbuat berbahan celluloid sheet. Tehnik animasi sel berikut yang lalu diadopsi dalam animasi computer.

Untuk saat ini, pembuatan dunia animasi sudah jauh lebih canggih dan modern, sebagai contoh dengan dirilisnya software eye matic face station yang sudah mempunyai dukungan animasi berbasiskan 3D ini jadi sutradara tak perlu lagi menghadirkan seseorang aktris atau aktor yang bayarannya mahal dalam pembuatan film. Cukup hanya memiliki photo terlihat samping serta terlihat depan jadi muka artis tadi bisa dimodel serupa dengan aslinya, berbentuk tiga dimensi pastinya.

Cara Kerja Animasi Komputer

  • Pra-produksi (Konsep, Skenario, Pembentukan karakter, Storyboard, Dubbing awal, Musik dan sound FX),   Produksi (Lay out, Key motion, In Between, Background, Scanning, Coloring),
  • Post-produksi (Compo­site, Editing, Rendering, Pemindahan film kedalam berbagai media berupa VCD, DVD, VHS dan lainnya)
  • Dikerjakan/digarap seorang animator dengan banyak bantuan komputer, teknik cell animasi diadopsi   dalam animasi komputer, kertas gambar dalam pembuatan sebelumnya di program menjadi frame komputer, jadi yang semula kumpulan gambar menjadi kumpulan frame dan dibuat di dalam satu layer atau beberapa layer.

.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment