Pengertian PDA, Sejarah dan Penemu PDA

komputerdia.com -  PDA atau merupakan singkatan nama dari  Personal Digital Assistant yaitu satu alat elektronik yang berbasiskan komputer dan sudah di desain dengan bentuk yang simpel dan sederhana sehingga memudahkan kita untuk membawanya kemana - mana. PDA banyak dipakai sebagai pengorganisir pribadi pada awal mulanya, namun dengan adanya perubahan dan perkembangan dari segi teknologinya, Kini PDA berevolusi menjadi suatu alat yang bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari (Multifungsi), seperti kalkulator, penunjuk jam serta waktu, permainan computer, pengakses internet, penerima serta pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio, perekam video, serta pencatat memo. Perlu anda ketahui juga bahwasannya versi PDA yang lebih mutakhir bisa dipakai sebagai telepon genggam, akses internet, intranet, atau extranet lewat Wi-Fi atau jaringan wireless. Satu diantara ciri khas PDA yang paling penting yaitu sarana layar /monitor sentuh. 




Pengertian PDA, Sejarah dan Penemu PDA

Sejarah Dan Perkembangan PDA


Munculnya pemakaian PDA dikalangan orang-orang membuat pemakaian Tablet PC jadi tak popular lagi pada masa itu. Tepat di tahun 1993 Perusahaan Apple mengeluarkan piranti PDA nya yang bernama Newton MessagePad yang mempunyai banyak feature serta kelebihan yang selanjutnya menjadi perangkat yang mampu menggeser popularitas dari Gridpad Tablet PC. Piranti ini juga yang menurut beberapa orang adalah cikal akan dari timbulnya Ipad.


Munculnya Nama Jeff Hawkins

Pengertian PDA, Sejarah dan Penemu PDA


Pemakaian PDA makin popular di th. 1996 saat timbulnya piranti Palm (PDA) yang di buat oleh Jeff Hawkins dari perusahaan Palm Computing. Apple, Microsoft serta Palm berkompetisi ketat saat itu jadi produsen PDA.Di th. 90an PDA menjamur serta jadi tren pola hidup orang-orang saat itu menggeser popularitas tablet PC. Tetapi di th. 1994, Fujitsu meluncurkan tablet PC bernama Stylistic 500 serta selanjutnya disempurnakan dengan meluncurkan tipe Stylistic 1000 yang dibekali dengan processor intel serta windows 95 sebagai system operasinya. Tetapi tablet buatan Fujitsu ini terlalu mahal sekitaran 2.900 dollar Amerika ditambah lagi ukurannya yang cukup berat.

Masuk di tahun 2002, Microsoft meluncurkan satu tablet PC yang memakai system operasi windows XP serta saat itu Founder Microsoft yaitu Bill Gates menyampaikan kalau Tablet PC bakal jadi begitu popular dimasa depan. 


Kembalinya Masa Jaya Komputer Tablet


Masuk di tahun 2010, Ide Alan Kay yang telah saya bahas di Artikel ini, kini telah menjadi Kenyataan sesudah Steve Jobs, founder Apple Computer mengenalkan Ipad. Satu Tablet dengan tehnologi monitor sentuh mempunyai bentuk ramping, enteng dan daya baterai yang cukup.

Timbulnya Ipad bikin tren pemakaian Tablet PC kembali pada masa jayanya. Suksesnya Apple dengan product Ipad bikin produsen lain berlomba membuat Tablet seperti Samsung dengan Samsung Tab yang memakai Android sebagai system operasinya serta Microsoft yang meluncurkan Tablet Windowsnya. 

.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment