Sejarah Komputer Generasi Pertama Sampai Generasi ke Lima

komputerdia.com - Kecanggihan perangkat teknologi komputer saat ini, sudah bisa kita akui sendiri kehebatan dan kecerdasannya yang bisa melampaui kemampuan dari seorang manusia yang menciptakan teknologi itu sendiri. Perlu anda ketahui bahwa sudah pastinya, sebelum teknologi ini menduduki kepopulerannya seperti saat ini, pastilah ada sebuah cerita yang unik dan menarik didalam perjalanan kepopulerannya tersebut.

Setelah pada artikel sebelumnya saya sudah memberikan sedikit penjelasan tentang Daftar Aplikasi Edit Foto Terbaik Di Komputer PC , dikesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas cerita tentang sejarah akan perkembangan komputer dari gemerasi pertama hingga generasi ke lima. Sebagai tambahan wawasan anda juga bisa membaca Pengertian Perangkat Komputer .
Sejarah Komputer Generasi Pertama Sampai Generasi ke Lima
 

SEJARAH LENGKAP KOMPUTER GENERASI PERTAMA SAMPAI GENERASI KE 5


Komputer yaitu alat yang digunakan untuk memproses data menurut perintah yang sudah dirumuskan. Kata computer awal mulanya dipakai untuk melukiskan orang yang perkerjaannya melaksanakan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa ada alat bantu, namun arti kata ini lalu dipindahkan pada mesin tersebut.Pada Awalnya, pemrosesan info nyaris eksklusif terkait dengan permasalahan aritmetika, namun computer modern digunakan untuk banyak pekerjaan yg tidak terkait dengan matematika sepenuhnya bahkan bisa dikatakan sudah beralih fungsi menjadi media yang fleksibel serta bisa di gunakan untuk apa saja yang tentunya berkaitan dengan aktivitas dan kesibukan sehari-hari. 


Jika dijelaskan menurut periodenya, generasi komputer sendiri di bagi menjadi 5 Periode, dianataranya :
  1. Generasi Komputer Pertama
  2. Generasi Komputer Ke dua
  3. Generasi Komputer Ke Tiga
  4. Generasi Komputer Ke Empat
  5. Generasi Komputer Ke Lima

Komputer Generasi Pertama Tahun 1946 - 1959

Sejarah Komputer Generasi Pertama Sampai Generasi ke Lima
 
Dengan terjadinya Perang Dunia II, negara ­negara yang ikut serta dalam perang itu berupaya meningkatkan untuk mengeksploit potensi strategis yang dipunyai computer. Hal semacam ini tingkatkan pendanaan pengembangan computer dan mempercepat perkembangan tehnik computer.
  1. Colassus
  2. Mark I 
  3. ENIAC 
  4. EDVAC 
  5. UNIVAC I
Ciri computer generasi pertama yaitu : 
  • Pemakaian tube vakum (yang bikin computer pada saat itu memiliki ukuran begitu besar)
  • Ada silinder magnetik untuk penyimpanan data. - Instruksi operasi di buat dengan cara khusus untuk satu pekerjaan spesifik. 
  • Tiap-tiap computer mempunyai program kode­biner yang tidak sama yang dimaksud “bahasa mesin” (machine language). Hal semacam ini mengakibatkan computer susah untuk diprogram serta membatasi kecepatannya. 

Komputer Generasi Kedua Tahun 1959 - 1964

Sejarah Komputer Generasi Pertama Sampai Generasi ke Lima

Diawali pada thn1948, penemuan pertama tentang transistor begitu memengaruhi perubahan teknologi computer. Generasi ke-2 untuk komputer saat itu sudah memakai komponen-komponen transistor untuk pusat Processing unit serta inti magnetik untuk memori. Daya ketahanan transistor dijumpai menjadi tambah baik kerana benda tersebut tak gampang terbakar bila dibanding dengan tiub vakum. Channel data nampak di generasi ini, searah dengan feature spesial untuk tingkatkan kecepatan CPU.

Langkah baru menaruh ingatan juga dikenalkan yakni teras magnetik. Teras magnetik memakai besi-besi halus yang dililit oleh litaran elektrik. Keupayaan pemprosesan serta Daya ingat utama computer juga bertambah. Hal ini tentunya menjadikan sebuah computer lebih layak menggerakkan tugasnya. Computer awal mulanya dipakai system komersial online yang melibatkan komunikasi serta untuk system pembagian waktu, di mana pemakai diberikan kekuatan hitungan yang menarik lewat terminal.

Transistor atau dimaksud juga solid state devices dikembangkan di Bell Laboratories oleh John Barden, William Shockley, & Walter Brattain pada th. 1947. Sejak diketemukannya Transistor, jadi orang mulai menukar fungsi tabung hampa itu dengan transistor. Serta computer generasi ke-2 ini juga adalah sebuah computer yang seutuhnya memakai transistor. Bila di banding dengan tabung hampa jadi perlengkapan transistor ini tambah lebih kecil, hingga computer yang memakai alat ini tambah lebih kecil ukuran fisiknya. Selain ukuran yang makin kecil, tanda-tanda lain dari type computer generasi ke-2 ini yaitu, seperti berikut :

  • Bertujuan pada usaha serta tehnik. 
  • Sedikit keluarkan panas. 
  • Program bisa di buat dengan bhs tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL
  • Sistem operasi telah atau sudah bisa beroperasi dengan cepat, yakni dapat lakukan jutaan operasi per detik. 
  • Memerlukan lebih sedikit daya listrik. 
  • Kemampuan memori utama telah cukup besar dengan pengembangan magnetic core storage 
  • Memakai simpanan luar magnetic tape serta magnetic disk yang berupa removable disk 
  • Memiliki kekuatan sistem real time serta time berbagi Mulai dipakai disk storage (penyimpanan data)
 

Komputer Generasi Ketiga Tahun 1964 - 1970

Sejarah Komputer Generasi Pertama Sampai Generasi ke Lima

Meskipun transistor dalam beberapa hal mengungguli tube vakum, tetapi transistor membuahkan panas yang cukup besar, yang bisa mempunya potensi mengakibatkan kerusakan pada bagian internal computer. Batu kuarsa (quartz rock) menyingkirkan permasalahan ini. Jack Kilby, seseorang insinyur di Texas Instrument, meningkatkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di th. 1958. IC menggabungkan tiga komponen elektronik dalam satu piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Kemudian para ilmuwan sukses memasukkan semakin banyak komponen­ kedalam satu chip tunggal yang dimaksud semikonduktor. Akhirnya, computer jadi makin kecil lantaran komponen­nya bisa dipadatkan dalam chip. Perkembangan computer generasi ketiga yang lain yaitu pemakaian sistem operasi (operating sistem) yang sangat mungkin mesin untuk menggerakkan beragam program yang tidak sama dengan cara serentak dengan satu program paling utama yang memantau serta mengkoordinasi memori computer. 

Tanda-tanda computer pada generasi ketiga :
  • Pemakaian IC (Intregrated Circuit)
  • Ukuran computer jadi lebih kecil 
  • Diketemukannya System Operasi 

Generasi Komputer Keempat Tahun 1979 - Sampai Sekarang Masih Banyak Digunakan

Sejarah Komputer Generasi Pertama Sampai Generasi ke Lima

Sesudah IC, maksud pengembangan menjadi lebih terang, diantara tujuan dan hasil pengembangn tersebut adalah :
  • Memperkecil ukuran sirkuit serta komponen­komponen elektrik.
  • Large Scale Integration (LSI) bisa berisi beberapa ratus komponen dalam satu chip.
Pada th. 1980­ an, Very Large Scale Integration (VLSI) berisi beberapa ribu komponen dalam satu chip tunggal. Ultra­Large Scale Integration (ULSI) tingkatkan jumlah itu jadi jutaan. Kekuatan untuk menempatkan sedemikian banyak komponen dalam satu keping yang berukurang 1/2 keping duit logam mendorong turunnya harga serta ukuran computer. Hal itu juga tingkatkan daya kerja, efisiensi serta keterandalan computer. Chip Intel 4004 yang di buat pada th. 1971 membawa perkembangan pada IC dengan menempatkan semua komponen dari satu computer (central processing unit, memori, serta kendali input/output) dalam satu chip yang begitu kecil.

 Perlu anda ketahui, bawasannya  IC di buat untuk melaksanakan satu pekerjaan spesifik yang khusus. Saat ini, satu mikroprosesor bisa di produksi serta lalu diprogram untuk penuhi semua keperluan yang dikehendaki. Selang beberapa saat, tiap-tiap piranti rumah tangga seperti microwave oven, tv, serta mobil dengan electronic fuel injection diperlengkapi dengan mikroprosesor. Perubahan yang sekian sangat mungkin orang­orang umum untuk memakai computer umum. Computer tak akan jadi dominasi perusahaan­perusahaan besar atau instansi pemerintah.

Pada pertengahantahun 1970­an, perakit computer tawarkan product computer mereka ke orang-orang umum. Komputer­komputer ini, yang dimaksud minikomputer, di jual dengan paket perangkat lunak yang gampang dipakai oleh kelompok pemula. Perangkat lunak yang paling popular ketika itu yaitu program word processing serta spreadsheet. Pada awal 1980­an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian customer pada computer rumahan yang lebih mutakhir serta bisa diprogram. Pada th. 1981, IBM mengenalkan pemakaian Personal Computer (PC) untuk pemakaian dirumah, kantor, serta sekolah. Jumlah PC yang dipakai melonjak dari 2 juta unit di th. 1981 jadi 5, 5 juta unit di th. 1982. Sepuluh th. lalu, 65 juta PC dipakai. Computer meneruskan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari computer yang ada diatas meja (desktop computer) jadi computer yang bisa dimasukkan kedalam tas (laptop), atau bahkan juga computer yang bisa digenggam (palmtop).

IBM PC berkompetisi dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar computer. Apple Macintosh jadi populer lantaran mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sesaat saingannya masihlah memakai computer yang berbasiskan teks. Macintosh juga mempopulerkan pemakaian perangkat mouse. Pada saat saat ini, kita mengetahui perjalanan IBM compatible dengan penggunaan CPU : IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dll. Ini semuanya masuk dalam kelompok computer generasi ke empat. Bersamaan dengan menjamurnya pemakaian computer ditempat kerja, cara­ langkah baru untuk menggali mungkin selalu diperkembang. Bersamaan dengan jadi tambah kuatnya satu computer kecil, komputer­komputer itu bisa dikaitkan dengan cara berbarengan dalam satu jaringan untuk sama-sama sharing memori, perangkat lunak, info, serta agar bisa sama-sama berkomunikasi satu dengan yang lain. Computer jaringan sangat mungkin computer tunggal untuk membuat hubungan kerja elektronik untuk merampungkan satu sistem pekerjaan. Dengan memakai perkabelan segera (dimaksud juga local ruang network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini bisa berkembang jadi begitu besar.

Tanda-tanda computer pada generasi ke empat :
  • Digunakannya LSI, VLSI, ULSI 
  • Digunakannya mikroprosesor

Generasi Komputer Kelima Sekarang dan Untuk Masa Depan

Sejarah Komputer Generasi Pertama Sampai Generasi ke Lima
 
Sekarang ini kita semuanya sudah ada di saat Generasi KELIMA dari perubahan computer. Telah banyak manusia yang miliki bentuk dari computer Generasi KELIMA ini. Walau demikian, Perubahan Generasi KELIMA ini masih tetap disebut begitu muda, hingga ada banyak kesempatan untuk tiap-tiap manusia untuk mengembangkannya. 

Mungkin saja realisasi computer ini masihlah jauh dari fakta, walau demikian banyak beberapa fungsi yang dipunyainya telah terwujud. Sebagian computer bisa terima instruksi dengan cara lisan serta dapat mengikuti nalar manusia. Kekuatan untuk menterjemahkan bhs asing juga jadi mungkin saja. Sarana ini terlihat simpel. Tetapi, sarana itu jadi tambah lebih rumit dari yang disangka saat programmer mengerti kalau pengertian manusia begitu tergantung pada konteks serta pengertian dari pada sebatas menterjemahkan kalimat dengan cara langsung. 

ARTIFICIAL INTELLIGENCE atau kecerdasan buatan yaitu satu cabang dalam bagian sains computer yang membahas mengenai bagaimana lengkapi satu computer dengan kekuatan atau kepintaran seperti manusia. Sebagai contoh, bagaimana computer dapat belajar sendiri dari pengalaman serta data-data yang sudah dikumpulkannya, bagaimana computer dapat berkomunikasi serta mengu capkan kata untuk kata. Dengan kekuatan ini, diinginkan computer dapat memutuskan sendiri untuk beragam masalah yang ditemuinya. Industri AI ini berkembang sejak th. 1980-an. Evolusi AI jalan dalam dua jalur yang tidak sama. Pertama, untuk membuat system computer yang mengikuti sistem memikirkan manusia untuk merampungkan persoalan umum. Umpamanya program permainan catur. Ke-2, menggabungkan pemikiran paling baik beberapa pakar pada sepotong software yang didesain untuk memecahkan masalah yang spesifi k. Umumnya dimaksud dengan juga expert sistem, atau system ahli. Umpamanya, bagaimana seseorang dokter memastikan penyakit seorang, bertanya jawab, kontrol keadaan badan seperti mata, desakan darah, suhu badan dsb.
 
Ciri - Ciri Komputer Generasi Kelima
 
  • Masih tetap memakai tehnologi LSI, yang sudah pasti mempunyai banyak pengembangan
Tehnologi chip yang dipakai pada computer generasi ke lima ini sesungguhnya sama dengan computer generasi ke empat, yakni memakai LSI, atau Large Scale Integration, di mana berlangsung pemadatan sebagian buah chip kedalam satu buah microchip yang pandai. Ketidaksamaannya cuma dari sisi kekuatan yang jauh tambah baik dibanding dengan computer generasi ke empat.

  • Fitu-fitur yang makin banyak
Feature yang di tawarkan pada computer generasi ke lima, sudah pasti jauh semakin banyak jika dibanding dengan computer generasi ke empat. Fitur-fitur computer yang kita nikmati sekarang ini, adalah satu diantara tanda-tanda computer generasi ke lima.

  • Pemrosesan informasi yang semakin lebih cepat
Tentu saja dengan tehnologi chip yang jauh tambah baik, serta cepat, hal semacam ini bakal mengakibatkan pemrosesan info jadi jauh lebih cepat serta semakin lebih stabil. Perihal ini pula yang jadikan computer generasi ke lima jadi satu diantara alat yang begitu menolong kehidupan manusia.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

2 Responses to "Sejarah Komputer Generasi Pertama Sampai Generasi ke Lima"

  1. Terimakasih untuk infonya yang bermanfaat dan untuk referensi silahkan kunjungi www.fikti.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama - sama mbak, terima kasih juga sudah berkunjung ke blog ini

      Delete