Cara Reset Password BIOS Komputer PC / Laptop

komputerdia.com - Membuat suatu proteksi atau kata sandi keamanan pada sebuah perangkat atau bahkan pada sebuah folder dan file merupakan salah satu metode pengamanan data yang sering kita lakukan, baik itu berupa sandi angka, kombinasi huruf dan angka bahkan untuk saat ini sudah bisa menggunakan keamanan jenis pola untuk perangkat yang sudah support touchscreen (layar sentuh).

Namun dengan kita menggunakan keamanan tersebut bukan berarti kita akan terlepas dari suatu masalah. Berkaitan dengan masalah keamanan, dalam artikel kali ini, saya akan mencoba memberikan sedikit penjelasan tentang bagaimana cara mereset password atau kata sandi yang lupa pada BIOS Komputer PC atau Laptop.


Cara Reset Password BIOS Komputer PC / Laptop

Reset Lupa Password BIOS Komputer PC / Laptop


Harus kalian ketahui, Pada intinya Password atau kata sandi BIOS baik itu Laptop serta Juga Komputer PC disimpan dalam memori Battery CMOS, penyimpanan data-data BIOS itu dipertahankan oleh baterai ketika laptop atau komputer dimatikan. Baterai itu ditempelkan atau di taruh pada pada motherboard. Bila kalian melepas baterai tersebut dari motherboard maka segala info yang disimpan di CMOS (termasuk juga password BIOS) bakal hilang atau kembali pada default settiing pabrikannya.

Hal paling mendasar yang bisa kalian lakukan untuk mereset atau menghilangkan password atau kata sandi pada BIOS Komputer atau laptop, kalian cukup membuka baterry bios tersebut pada papan induk (motherboard) dalam keadaam laptop / Komputer mati, untuk langkah jelasnya silahkan kalian perhatikan cara sederhana dibawah ini :

Cara Pertama


  1. Buka Cassing Komputer atau laptop
  2. Cabut Kabel listrik dari power supply yang memberi sumber daya listrik pada motherboard (ini berlaku pada komputer PC)

    Cara Reset Password BIOS Komputer PC / Laptop

  3. Lihat di Motherboard PC dan laptop kalian ada baterai biasanya berbetuk bulat, kalau sudah ketemu lalu lepaskan baterai tersebut dari motherboard PC / laptop Anda

    Cara Reset Password BIOS Komputer PC / Laptop

  4. Tunggu kurang lebih 5 menit kemudian pasang kembali baterai tersebut ke tempat semula.
  5. Pasang kembali cassing komputer anda

    Baca Juga : Tutorial lengkap cara membuat bootable OS dengan Rufus
  6. Lalu colokkan listrik ke power suplly dan komputer siap dinyalakan kembali
  7. Silahkan kalian cek sendiri, jika kalian mengikuti cara ini dengan benar, maka kalian harusnya sudah melakukan reset password BIOS

Cara Kedua

Jika pada metode pertama mengalami kegagalan, kalian bisa mencoba cara kedua dengan memanfaatkan fitur MS-DOS dibawah ini :
  1. Silahkan kalian hidupkan komputer kemudian tekan tombol F8 ketika proses startup windows logo windows untuk masuk pada mode ms-dos
  2. Selanjutnya anda pilih “safe mode with command prompt ”.

    Cara Reset Password BIOS Komputer PC / Laptop

  3. Di bagian C:\> prompt, ketik : DEBUG lalu tekan tombol enter. 
  4. Maka akan muncul tanda (-) pada DEBUG prompt. 
  5. Setelah itu ketik : 0 70 2e maka pada DEBUG prompt akan tampil seperti -0 70 2e kemudian tekan enter. 
  6. Langkah selanjutnya silahkan kalian ketik : 0 71 ff dan tekan enter. 
  7. Untuk keluar dari DEBUG prompt ketik : Q dan tekan enter. 
  8. kembali pada C:\> prompt. 
  9. Lakukan Restart komputer dan  lihatlah perubahan di bios. 


.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment