Manfaat, Pengaruh dan Bahaya Teknologi di Era Modern dan Globalisasi

Berjumpa kembali di artikel baru komputerdia.com, Dalam kesempatan kali ini secara khusus saya akan mengupas pembahasan tentang pengaruh teknologi di era modern serta era globalisasi bagi kehidupan masyarakat. 
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini merupakan dimana kita sudah hidup di masa jaya (puncaknya) era teknologi. Hampir semua perlengkapan teknologi yang ditujukan untuk menunjang kehidupan sehari - hari pun sudah banyak tercipta, mulai dari perlengkapan kebutuhan rumah tangga, perlengkapan teknologi untuk kegiatan belajar mengajar, perlengkapan untuk kebutuhan komunikasi serta perlengkapan untuk kebutuhan transportasi pun telah marak beredar dimana - mana.
Perlu kita garis bawahi, bahwa semua kemajuan teknologi ini tentunya mempunyai peranan masing - masing dan mempunyai pengaruh tersendiri bagi para penggunanya, mulai dari manfaat serta bahaya yang bisa ditimbulkan.

Baca Juga : Bagaimana nanti dan nanti bagaimana, dua elemen penting menuju sukses


Manfaat, Pengaruh dan Bahaya Teknologi di Era Modern dan Globalisasi

A. Pengaruh Teknologi bagi kehidupan manusia (masyarakat)

Pengaruh teknologi bagi kehidupan masyarakat dimasa ini pastinya mempunyai peranan yang sangat dominan, dimana untuk saat ini kita dituntut harus bisa mengikuti perkembangan zaman yang ada dan harus bisa update secara berkala. 
Kenapa harus bisa update secara berkala ?
Hal ini tentunya akan menjadi sesuatu yang sangat asing bagi sebagian orang yang belum tentu mengerti akan kemajuan teknologi sekarang, mulai dari cara penggunaannya dan manfaat yang dihasilkannya.

Contoh kecilnya kita ambil dari sistem atau cara pendaftaran sekolah, dimana dimasa lampau ketika kita hendak mendaftar sekolah, kita harus datang kesekolah terkait untuk melakukan pendaftaran dan melengkapi dokumen - dokumen yang harus dilengkapi dan tentunya harus rela menunggu antrian yang cukup panjang. namun saat ini cara tersebut seakan "habis" dimakan waktu, pasalnya untuk saat ini kita bisa mendaftar sekolah dengan cara "sistem online" , hal ini secara tidak langsung sudah menjadi pengaruh dari kemajuan teknologi bukan ? Dengan adanya sistem seperti ini, sudah pasti kita bisa memaksimalkan waktu yang ada tanpa harus repot untuk menunggu antrian yang panjang.
Namun jika kita lihat dari sisi yang lainnya, masih banyak diantara kita terlebih orang tua murid yang belum mengetahui dan memahami sepenuhnya tentang sistem online ini dan tak sedikit para orang tua yang merasa berada didalam titik kebingungan dengan diberlakukannya sistem seperti ini dan mereka lebih mengharapkan sistem seperti dulu.

Memang, sistem ini bisa dikategorikan cukup rumit bagi mereka yang baru pertama kali mengoperasikannya, namun dengan sendirinya ketika kita telah terbiasa "bertegur sapa" dengan sistem ini, pastinya kita akan merasa berada di titik nyaman dan bisa menikmati kemajuan teknologi. Mungkin dengan alasan kecil inilah, kenapa kita harus selalu bisa update secara berkala tentang kemajuan teknologi dimasa ini
Diantara banyaknya pengaruh teknologi baik positif ataupun negatif, berikut ini adalah beberapa point penting dari pengaruh kemajuan teknologi

Pengaruh Positif Kemajuan Teknologi


  1. Merubah pola fikir manusia menjadi lebih produktif
  2. Merubah cara kerja manusia sehingga menjadi lebih efisien dan kompetitif
  3. Merubah sistem dunia pembelajaran menjadi lebih modern
  4. Mempermudan perjalinan hubungan baik dan kerjasama antar negara

Pengaruh Negatif Kemajuan Teknologi


  1. Banyak pihak yang belum bisa mengerti akan kemajuan teknologi
  2. Banyaknya pengangguran 
  3. Semakin banyaknya tingkat kejahatan dengan memanfaatkan teknologi
  4. Berkurangnya minat masyarakat untuk mempertahankan budaya sendiri
  5. Banyaknya anak yang sudah berpola pikir kedewasaan dengan tontonan kurang mendidik


B. Manfaat Teknologi Bagi Manusia (Masyarakat)

Jika membahas masalah manfaat teknologi bagi kehidupan manusia, hal ini sudah tidak bisa diragukan lagi, sudah banyak sekali manfaat yang sudah bisa kita rasakan dengan hadirnya kemajuan teknologi seperti saat ini. Manfaat kemajuan teknologi ini bisa kita rasakan dalam aktivitas sehari - hari kita seperti dalam kegiatan belajar, sistem kerja, transportasi, komunikasi dan lain-lain

Manfaat Teknologi Bagi Kelangsungan Hidup Manusia


  1. Memudahkan kita untuk melakukan komunikasi dengan orang lain dengan bantuan mobile phone / smartphone serta akses lainnya yang menjadi penunjang di smartphone seperti aplikasi sosial, contohnya facebook, whatsapp, BBM, dll.
  2. Memudahkan kita dalam melakukan perjalanan dengan bantuan alat transportasi yang sudah memadai, canggih dan nyaman
  3. Menjadi penunjang utama dalam melakukan segala aktivitas pekerjaan
  4. Memajukan sistem pembelajaran menjadi lebih modern dan cooperatif
  5. Membentuk sistematis kerja yang lebih efisien dan lebih produktif
  6. Memberikan wawasan lebih bagi manusia untuk bisa lebih meng-eksplore hal - hal baru
  7. Memberikan pembelajaran bagi manusia untuk bisa menjadi lebih kreatif


Bahaya Teknologi Bagi Manusia (Masyarakat)

Ada Pengaruh, ada manfaat pastinya juga ada kekurangan dan bahaya yang bisa ditimbulkan oleh kemajuan teknologi, berikut ini adalah beberapa bahaya buruk yang bisa ditimbulkan oleh kemajuan teknologi 

  1. Maraknya kegiatan kejahatan baik secara online ataupun dengan kegiatan nayata
  2. Banyaknya korban anak - anak akibat akses atau tontonan yang kurang mendidik
  3. Perilaku manusia yang menjadi malas karena sudah terbuai akan kemajuan teknologi
  4. Banyaknya pengangguran akibat tidak bisa mengikuti perkembangan yang ada
  5. Berubahnya haluan budaya yang menjadi tak beraturan
  6. Terjadinya perpecahan akibat penyalahgunaan teknologi dalam bidang online terutama sosial media
  7. Maraknya kegiatan illegal yang dapat merugikan pihak orang lain

.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

2 Responses to "Manfaat, Pengaruh dan Bahaya Teknologi di Era Modern dan Globalisasi"

  1. di pengaruh negatif kok katanya bertambah pengangguran, apa kaitannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas tanggapannya @IRVAN GEULANGGANG - Menurut analisa saya pribadi, pengaruh negatif yang bisa mengakibatkan banyaknya pengangguran dikarenakan semakin berkurangnya peluang kerja bagi mereka yang belum memahami betul akan perkembangan dan kemajuan teknologi yang ada, hal ini tak bisa dipungkiri karena untuk saat ini hampir semua pekerjaan sudah menggunakan teknologi, meskipun masih banyak peuang kerja yang lainnya. Namun perlu kita garis bawahi bahwa kemajuan teknologi untuk kedepannya bisa diperkirakan akan lebih maju dari masa ini

      Delete