Mengatasi Komputer dan Laptop yang tidak bisa melakukan install OS dan kembali booting / startup (UEFI ke Legacy)

Komputerdia.com - Bagia kalian yang sering "berinteraksi" dengan namanya install Operating System tentunya kalian sudah sangat mengenal dengan istilah BIOS, Bios merupakan salah satu fitur yang terdapat pada setiap vendor komputer atau laptop yang berfungsi sebagai tempat pengontrolan hardware serta tempat dimana kita akan menyesuaikan waktu setempat agar sistem komputer bisa berjalan sesuai dengan fungsinya.

Selain kedua fungsi diatas juga, BIOS juga merupakan sebuah tempat yang di gunakan untuk melakukan sebuah pengaturan sebelum kita melakukan install OS, yakni ditahap ini kita harus melakukan pengaturan Boot priority terlebih dahulu. Pada boot priority ini kita harus mengatur jenis hardware apakah yang akan kita gunakan sebagai media installasi, dalam hal ini bisa berupa HDD Eksternal, Flashdisk maupun Keping CD / DVD.

Baca Juga :

Mengatasi Komputer dan Laptop yang tidak bisa melakukan install  OS dan kembali booting / startup (UEFI ke Legacy)

Memahami Pengaturan UEFI ke Legacy

Dalam artikel kali ini, saya akan mencoba memberikan sedikit penjelasan tentang kenapa komputer dan laptop tidak bisa melakukan proses install atau install ulang OS, padahal di BIOS-nya sudah dilakukan pengaturan boot priority-nya menjadi Flashdisk, harddisk atau juga CD/DVD, namun setelah melakukan penyimpanan pengaturan tersebut pada saat komputer nyala kembali, tidak ada respon atau tanda - tanda untuk proses install dan malah kembali startup normal seperti  biasanya !

Perlu kalian ketahui, bahwa masalah yang terjadi disini masihlah kesalahan dalam pengaturan BIOS-nya, bukan terletak pada komputer kalian atau juga pada komponen komputer kalian, untuk memperjelas masalah ini, silahkan kalian perhatikan gambar dibawah ini. 

Mengatasi Komputer dan Laptop yang tidak bisa melakukan install  OS dan kembali booting / startup (UEFI ke Legacy)

Bisa kalian lihat sendiri dalam kasus ini saya mengambil contoh proses install ulang dengan HDD eksternal, dan melihat pengaturan bios diatas memang sudah benar jika dilihat dari peletakan boot priority-nya, namun coba kalian perhatikan pada bagian mode bootnya (Boot Mode) yang masih memilih jenis UEFI, hal ini lah yang menjadi inti permasalahannya.

Untuk bisa melakukan proses install atau install ulang, silahkan kalian ubah pengaturan UEFI tersebut menjadi Legacy, kemudian simpan pengaturan tersebut dengan menekan tombol F10 kemudian pilih Yes .

Saya rasa dengan kalian melakukan hal yang saya paparkan diatas, mudah - mudahan masalah kalian bisa terbantu, semoga artiukel yang saya muat ini bisa bermanfaat bagi kalian semuanya
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

1 Response to "Mengatasi Komputer dan Laptop yang tidak bisa melakukan install OS dan kembali booting / startup (UEFI ke Legacy)"

  1. Emang mantep dah informasinya, rekomended banget ni

    ReplyDelete