16 Cara Rahasia Meningkatkan Pengunjung / Visitor Blog Dengan Cepat dan Stabil

komputerdia.com - Pengunjung atau visitor blog merupakan satu diantara banyaknya faktor penting yang akan meningkatkan peringkat blog (situs) di mesin pencari sekaligus menjadikan blog (situs) yang kita miliki menjadi populer, dengan meningkatnya visitor maka akan meningkat juga penghasilan yang akan kita dapat bagi yang sudah mempunyai iklan. Namun bagi kalian yang belum mempunyai iklan juga langkah ini akan menjadi pembuka atau syarat untuk mendapatkan baris iklan dengan mudah.

Dalam artikel kali ini saya akan mencoba mengupas terkait masalah Bagaimana atau cara meningkatkan pengunjung/visitor blog dengan cepat dan stabil. Memang sudah banyak yang mengulas tentang materi ini, namun setelah saya kaji dengan ditambah percobaan yang saya lakukan  di blog saya sendiri, ternyata kebanyakan cara yang sudah didhare tersebut hanya sebatas perkiraan dan teori saja.

Baca Juga :

16 Cara Rahasia Meningkatkan Pengunjung / Visitor Blog Dengan Cepat dan Stabil

20 Cara Meningkatkan Pengunjung / Visitor Blog


1. Pilih Tema atau Template Yang Berkualitas

Template merupakan dasar atau pondasi dari sebuah blog, dengan kita mempunyai template yang berkualitas pastinya selain mempunyai design / tampilan yang sangat menarik, tentunya template ini juga sudah sangat SEO friendly dan Responsive, dengan begitu blog kalian akan cepat terindeks dan mudah diterima oleh mesin pencari. Beberapa ciri template yang berkualitas adalah sebagai berikut :
  • Responsive
  • Seo Friendly
  • Mempunyai susunan struktur kode yang baik
  • Sudah mempunyai settingan Tag H1 untuk judul artikel
  • Bisa menghindari duplikat konten
Untuk lebih jelas dan mendetailnya, kalian bisa membaca artikel Ciri dan Cara Memilih Template Blog Seo Friendly, Responsive, Berkualitas .


2. Gunakan Domain TLD 

Domain TLD (Top Level Domain) merupakan domain premium atau berbayar yang bisa kalian pesan dilayanan domain dan hosting. Kenapa harus TLD ? Poin kedua ini telah saya pelajari selama berbulan-bulan dan saya juga telah melakukan perbandingan antara domain blogspot.com dengan domain TLD, dan hasilnya domain TLD lah menjadi jawabannya. Dengan kita menggunakan TLD akan dengan cepat mendapatkan pengunjung, hal ini karena dilandasi faktor - faktor dibawah ini :
  • Mesin pencari lebih approve dengan domain TLD
  • Google lebih cenderung memprioritaskan blog (situs) yang menggunakan domain TLD
  • Pengunjung akan lebih sukan dengan blog (situs) dengan domain TLD, karena dengan kalian menggunakan domain TLD, hal tersebut sedikitnya sudah menunjukkan keseriusan kalian untuk menekuni bidang ini
Domain TLD meliputi .com, .Net, .Org, .co dll
Bagi kalian yang akan atau baru mau mendaftar domain TLD, saya rekomendasikan untuk mendaftarnya di layanan yang saya cantumkan dibawah. Kenapa harus memilih layanan, karena layanan juga akan memberikan dampak untuk blog yang kita miliki .

3. Daftarkan Blog (Situs) Ke Webmaster Tools

Webmaster Tools merupakan fitur sangat penting, dengan kalian mendaftarkan blog kalian ke webmaster tools itu artinya blog kalian akan cepat terindeks oleh mesin pencari dan dengan webmaster tools ini juga kalian dapat mengontrol trafik pengunjung serta kesehatan blog kalian

Untuk masalah pendaftaran webmaster, kalian bisa daftarkan blog kalian di Google Webmaster Tools, Bing Webmaster Tools dan di Yahoo Webmaster Tools .


4. Riset Keyword (Riset Kata Kunci)

Banyak sudah penjelasan yang telah disampaikan oleh para master blog, namun dari sekian banyaknya tips yang mereka berikan, kebanyakan menurut saya terlalu monoton dan terlalu memaksakan diri. Contoh kecilnya mereka terlalu menekankan para blogger awam untuk beli tools ini dan itu tanpa melihat sisi finansial. 

Memang semuanya perlu pengorbanan, dan dengan jika kita membeli tool premium akan lebih mendominasi mesin pencari serta teori ini pun sedikit mencerahkan. Namun jika dilihat dari sisi lain, apakah kita pernah berfikir, berapa banyak orang yang membeli tools tersebut kepada penyedia layanan tersebut dan jika pembeli tersebut kebanyakan dari negara yang sama pasti hal ini akan terlihat rancu dan tetap saja kita akan melalui persaingan yang ketat juga.

Persaingan ketat bagaimana, kan udah beli yang premium ? jadi begini, meskipun kita membeli tools yang premium, contohnya kalian beli tools buat riset kata kunci dan kalian langsung menggunakan tools tersebut untuk mencari kata kunci dengan niche teknologi dan kunci yang di ambil adalah android. Disini kalian harusnya berfikir ada berapa banyak pengguna yang aktif saat itu dan pastinya ada banyak pengguna yang melakukan riset  dengan niche dan kata kunci  yang sama dengan kalian dan pastinya hasil dari riset itu akan sama persis hasilnya.

Dengan penjelasan tersebut tentunya akan banyak sekali artikel atau konten yang sama pada mesin pencari, dan dengan banyaknya konten yang sama tersebut, ada diperingkat berapakah blog kalian ? hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi mereka yang sudah berkiprah lama di dunia blog, karena mereka yang sudah lama pastinya sudah mempunyai banyak pengunjung yang setia.

Nah, untuk solusi mencari riset kata kunci paling praktis adalah dengan menggunakan sosial media facebook, google suggestion atau blog walking, perhatikan tiga poin dibawah ini :
  • Contoh pertama, misalkan kalian mempunyai blog dengan niche teknologi, maka silahkan kalian  cari dan gabung ke grup facebook yang membahas teknologi. Jika sudah bergabung di grup tersebut silahkan kalian cari pembahasan atau materi yang banyak orang diskusikan dan banyak orang tanyakan. 
  • Kalian boleh mengunjungi blog teknologi atau blog dengan niche yang sama milik orang lain, dan silahkan kalian lirik popular post yang lagi ramai di blognya.
  • Memanfaatkan Google Suggestion, dengan cara ini kalian akan lebih uptodate dengan hal-hal baru. Google sugestion bisa kalian dapat ketika menulis kata kunci pada kotak pencarian google, maka secara otomatis google akan memunculkan beberapa rekomendasi untuk kalian, karena rekomendasi tersebut merupakan topik yang lagi diramaikan di mesin pencari .
16 Cara Rahasia Meningkatkan Pengunjung / Visitor Blog Dengan Cepat dan Stabil


5. Fokus Membuat Artikel

Bagi kalian yang mempunyai umur blog masih baru, fokus membuat artikel adalah kunci selanjutnya karena semakin banyaknya artikel yang akan kalian publikasi, maka semakin besar juga harapan terus terindeks mesin pencari. Ingat jangan sering fokus dengan trafik pengunjung blog sendiri atau trafik pengunjung blog orang lain, karena hal bisa menurunkan rasa kepercayaan diri kalian, dengan seringnya kalian terus melakukan update maka pengunjungpun akan datang dengan sendirinya tanpa kalian harus repot urus ini urus itu.

Silahkan kalian buat artikel yang rutin, kurang lebihnya sehari membuat 2 sampai 3 artikel sehari, dan usahakan selama 3 bulan pertama kalian harus konsisten membuat artikel, ini penting sekali. Perlu kalian ketahui bahwa blog yang dominan di mesin pencari adalah blog yang mempunyai jumlah artikel kurang lebihnya sudah mencapai 300 artikel.


6. Buat Artikel / Konten Menarik dan Original

Artikel / Konten menarik yaitu konten yang dianggap bisa mendatangkan banyak pengunjung, contohnya seperti pembahasan masalah yang lagi viral atau membahas masalah yang paling banyak dicari orang lain. Usahakan jumlah kata lebih dari 350 Kata atau titik tenangnya sudah mencapai angka 500 kata

Nah, untuk Konten original sendiri memang agak sulit untuk membuatnya, pasalnya setiap hari kita harus menyiapkan konten original tersebut tentunya kita akan capek sendiri kan. Menurut saya konten original tersebut adalah konten atau artikel yang isinya tidak sama dengan konten orang lain (Asli 100% Copy Paste). Untuk mengatasi hal ini, kalian bisa menggunakan bantuan thearticlespinner.com , the article spinner ini berfungsi untuk merubah kosakata bahasa yang kita copy, sehingga menjadi konten yang unik. Namun untuk menyiasati mesin pencari kita harus bisa membuat sebagian kata-kata asli sendiri, misalnya pada bagian pembuka atau penutupnya sehingga ga terlalu mirip dengan konten yang kita copy.


7. Gunakan Tag H1 untuk Judul Artikel

Poin ke tujuh ini telah saya bahas pada pembuka artikel ini, biasanya format tag H1 untuk judul artikel ini adalah murni bawaan dari template. Jadi apakah template kalian sudah memenuhi syarat ini?


8. Pembuatan Gambar atau Konten Gambar

Untuk masalah gambar, usahakan sebelum kalian upload ke blogger sebelumnya sudah melewati tahap edit terlebih dahulu, dan untuk membuat artikel lebih seo, gunakan tag dan keterangan pada gambar tersebut agar mudah diterima oleh mesin pencari.

16 Cara Rahasia Meningkatkan Pengunjung / Visitor Blog Dengan Cepat dan Stabil


9. Daftarkan Artikel ke Mesin Pencari

Apabila artikel kalian sudah dipublikasikan maka langkah selanjutnya silahkan kalian daftarkan artikel kalian ke mesin pencari dengan menggunakan alamat ini Google Add Url , Bing Add Url atau Yahoo Add Url , ini adalah langkah yang saya bilang cukup penting karena dengan kalian mendaftarkan url artikel kalian, maka artikel kalian akan dengan cepat di indeks mesin pencari , silahkan  kalian copy semua link artikel kalian dan masukan ke kotak urlnya.
Contoh url yang di copy " http://www.komputerdia.com/2017/06/cara-membuat-dan-mengatur-seo-untuk-blog-baru.html "

16 Cara Rahasia Meningkatkan Pengunjung / Visitor Blog Dengan Cepat dan Stabil

10. Lakukan Fetching Artikel

Fetching ini juga kurang lebihnya sama dengan poin no. 9 , namun fetching ini lebih dominan jika dibandingkan dengan add url, tetapi dengan mengikuti prosedur kalian harus melakukan keduanya agar blog kalian mempunyai reputasi yang baik. untuk melakukan fetching silahkan kalian kunjungi Google Fetch , Bing Fetch atau Yahoo Fetch . dan berikut ini adalah contoh peng-Copyan urlnya, url dalam fetch ini tidak di copy semuanya, namun silahkan kalian copy alamat link tersebut setelah tanda slahs domain 

ini adalah alamat link asli :
http://www.komputerdia.com/2017/06/cara-membuat-dan-mengatur-seo-untuk-blog-baru.html

Maka untuk melakukan fetch silahkan klian gunakan format ini :
2017/06/cara-membuat-dan-mengatur-seo-untuk-blog-baru.html .

Tahapan Fetching 
  • Silahkan kalian copy url untuk fetching ke kotak url yang sudah disediakan
  • Tekan tombol ambil
  • Silahkan tekan tombol Minta Pengindeksan / request indexing 
16 Cara Rahasia Meningkatkan Pengunjung / Visitor Blog Dengan Cepat dan Stabil


11. Lakukan Promosi di Sosial Media

Untuk langkah ini tentunya kalian saya yakini sudah pada mengerti, melakukan promosi di sosial media seperti Facebook, Twitter, Forum-Froum adalah langkah awal yang bagus untuk membuat sebuah trafik. dengan kalian rutin update artikel, melakukan submit url dan fetching maka blog kalian dalam kurun 2 s/d 3 bulan akan membuahkan hasil yang maksimal.


12. Daftarkan Blog Ke Histats

Histats merupakan situs penyedia layanan trafik untuk blog dan website yang sudah terbukti banyak diguanakan oleh para master blog yang mempunyai penghasilan yang sangat tinggi


13. Gunakan Tautan Permanen Khusus

Tautan Permanen khusus ini diatur ketika kalian sedang melakukan pembuatan artikel, karena jika kalian menggunakan tautan permanen otomatis, jika kalian membuat judul artikel yang panjang maka link tersebut hasilnya akan terpotong. tetapi jika kalian menggunakan tautan permanen khusus kalian bisa menyesuaikan link sesuai keinginan.

16 Cara Rahasia Meningkatkan Pengunjung / Visitor Blog Dengan Cepat dan Stabil


14. Gunakan Deskripsi Penelusuran

Deskripsi penelusuran ini sangat berguna sekali untuk indeks blog atau artikel kalian karena dengan deskripsi penelusuran ini akan sangat membantu pengunjung untuk menemukan artikel kalian pada mesin pencari dengan kata kunci yang mereka cari. silhakan kalian isi deskripsi kalian sesuai dengan apa yang kalian bahas, atau kalian cukup copy judul artikel kedalamnya

16 Cara Rahasia Meningkatkan Pengunjung / Visitor Blog Dengan Cepat dan Stabil


15. Lakukan Perawatan Blog

Dengan kalian melakukan perawatan blog, tentunya blog kalian akan dianggap baik dimata mesin pencari, untuk melakukan perawatan blog silahkan kalian perhatian poin pentingnya pada artikel ini .


16. Bonus Untuk Kalian

Dibagian ini saya akan membagikan template premium seo friendly yang saya gunakan secara gratis, alhamdulillah dengan menggunakan template premium ini kondisi blog yang saya urus menemui hasil yang maksimal, dengan kalian mendapatkan template ini kalian akan menghemat uang kalian sekitar 200 hingga 220 rb lumayan kan.

Untuk kalian yang menginginkan template premium seo friendly ini silahkan ikuti langkahnya

  • Silahkan kalian tekan tombol like dibawah ini 
  • Silahkan kalian tekan tombol disamping ini
  • Jika kalian sudah melewati poin 1 dan 2 silahkan kalian inbox untuk mendapatkan template premiun seo friendly ini, kalian bisa inbox ke Pesan Admin
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

3 Responses to "16 Cara Rahasia Meningkatkan Pengunjung / Visitor Blog Dengan Cepat dan Stabil"

  1. Semoga bisa membantu kalian semuanya, cara ini telah saya buktikan sendiri dan alhamdulillah work 100%

    ReplyDelete
  2. Ilmu yang bermanfaat sekali gan...

    Utk point no 7, bagaimana cara pengecekkan kalau themes kita sudah support dg H1, dan bagaimana solusinya kalau themes ternyata tidak support?

    Mohon pencerahaannya. Terimakasih
    Kunjungan balik ya di www.iskrim.com dan www.dulandroid.com

    Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk point no 7 silahkan mas blok judul artikel kemudian klik kanan dan pilih inspek elemen, paada bagian inspeksi elemen akan terlihat format tag heading. Pada tahap ini mas akan bisa melihat apakah template mas sudah menggunakan format ini atau belum

      Delete