5 Cara Efektif Hemat Baterai Android

komputerdia.com - Baterai merupakan salah satu elemen penting yang cukup vital pada perangkat smartphone android, pasalnya nyawa untuk mengoperasikan ponesel pintar tersebut salah satunya adalah baterai. Tak sedikikit para pengguna smartphone android yang mengeluh akan kualitas baterainya yang semakin hari semakin boros, sedangkan perbandingan dengan pemakaiannya sendiri tidak menunjukkan data yang seimbang.

Perlu kalian ketahui bahwa ponesl pintar ini mempunyai cara kerja tersendiri, beda halnya dengan ponsel - ponsel terdahulu. Jika banyak aplikasi yang terpasang pada smartphone android yang notabennya lebih banyak menggunakan data dan penyimpanan, maka secara otomatis pemakaian baterai pun akan semakin boros.

Baca Juga :

5 Cara Efektif Hemat Baterai Android

5 Cara Efektif Hemat Baterai Android

Berikut ini adalah 5 cara efektif yang bisa kalian lakukan untuk menghemat baterai android tanpa harus melakukan tindakan lebih seperti root dll.

1. Kurangi kecerahan layar (Brightness)

Keindahan ponsel android yaitu terletak pada sisi monitornya yang memberi kesan warna yang kian nyata sertamenabjubkan terlebih apabila ponsel kalian mempunyai nama brand dan kelas yang cukup tinggi seperti Samsung, asus, google pixel, lenovo, oppo dll. Salah contoh jenis ponsel yang akan saya ambil adalah ponsel samsung dengan type Galaxypaling baru yang telah menggunakan tehnologi Super Amoled. Tetapi, monitor hebat ini termasuk juga aspek paling besar yang menguras habis tenaga baterai ponsel kalian, maka dengan hal ini, alangkah baiknya kalian rendahkanlah kecerahan layar ponsel kalian pada keadaan yang tidak terlalu terang (sedikit redup).

2. Matikan Fitur GPS

Sarana yang tersedia di ponsel android yang lainnya adalah fitur GPS, seperti yang telah kita ketahui bahwa fitur ini begitu bermanfaat sekali untuk menunjukkan atau mencari mencari jalan ketika kita sedang diperjalanan, tetapi penggunaan GPS ini jangan sampai selalu aktif pada menu bar kalian, pasalnya penggunaan GPS ini diklaim sangat memboroskan daya baterai smartphone android kalian.


3. Matikan Fitus Sync (sinkronisasi)

Sudah kita ketahui bahwa Ponsel android selalu mempermudah kalianuntuk mengetahui beberapa jenis pemberitahuan dari sistem atu juga pemberitahuan dari aplikasi yang terpasang di android kalian, salah satu contohnya adalahpemberitahuan e-mail, facebook serta aplikasi lain dengan cara live, tetapi apabila kaliansedang tidak terlalu memerlukannya seperti waktu berlibur atau diperjalanan jadi baiknya matikan saja feature sync ini, akan tetapi resiko dari mematikan fitur ini kalian tidak akan terima bebrapa pemberitahuan itu. 


4. Pasang aplikasi task Killer dan Aplikasi Batterai Saver

Aplikasi-aplikasi yang ada pada pusat unduh pada ponsel android saat ini banyak yang didesain untuk meningkatkan kemampuan serta menghemat baterai ponsel android kalian. Misalnya seperti aplikasi Task Killer atau juga aplikasi Baterai Dr. Saver, ke-2 aplikasi ini memiliki konsep yang sama yakni mematikan aplikasi yang tengah berjalan dibelakang pemantauan kalian dan memangproses ini kebanyakan tidak nampak pada layar,tentunya dengan kalian menggunakan aplikasi tersebut daya tahan baterai kalian pun akan mampu bertahan cukup lama


5. Kurangi Tingkat Volume (suara) dan Matikan Fitur Getar

Untuk point yang satu ini mungkin saja sangatlah umum dipakai pada semua jenis ponsel, nyaris kebanyakan orang tahu kalau feature getar pada ponsel bisa menguras kapasitas baterai, hingga baiknya matikan feature getar (vibrate) serta kurangi volume untuk lebih mengirit baterai.

.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment