5 Teknik Dasar Blogging Untuk Pemula Agar Pengunjung / Visitor Blog Selalu Ramai

komputerdia.com - Blogger saat ini sudah menjadi salah satu media sharing online gterbesar yang banyak sekali digunakan dihampir pelosok dunia tak terkecuali di indonesia. Fenomena blogger baru pun dihampir setiap harinya selalu lahir dengan maksud dan tujuan yang sangat beragam. Namun tak dapat dipungkiri bahwa kebanyak dari maksud dan tujuan mereka selain berbagi pengalaman, pada intinya tetap materi yang dicari.

Namun perlu kalian pahami, bahwa bermain dengan blog tak semudah apa yang telah kalian pikiran sebelumnya. Untuk mempunyai reputasi yang baik di dunia blogging kalian harus benar - benar konsisten dan kalian juga harus benar-benar paham akan teknik blogging. Dalam artikel kali ini saya akan mencoba membagikan teknik dasar blogging bagi kalian yang baru "kenal" dunia blogging

Baca Juga :

5 Teknik Dasar Blogging Untuk Pemula Agar Pengunjung / Visitor Blog Selalu Ramai

5 Teknik Dasar Blogging Untuk Pemula


1. Aspek Persiapan

  • Pemilihan Template Seo Friendly

Template situs (blog) yang search engine optimation (SEO)  firnedly yaitu template situs (blog) yang mempunyai unsur-unsur yang dapat disenangi oleh mesin pencari, meskipun blogger banyak sediakan template, umumnya strukturnya dipandang kurang search engine optimation (SEO) friendly. 

Jadi dengan demikian, sebelum kalian terjun alangkah baiknya sediakan terlebih dahulu template yang saya maksud diatas, untuk kalian yang belum terlalu paham dengan pembuatan code (coding) lebih baik kalian mencari atau bahkan membeli template yang seo friendly, biasanya harga template premium itu tidak lebih dari angka 150 - 220 Ribu untuk template indonesia

Baca Juga :
  • Melakukan Konfigurasi dasar
Untuk langkah selanjutnya kalian harus melakukan  sebuah konfigurasi pada situs (blog) kalian, konfigurasi dibutuhkan agar kaliandapat membuat situs (blog) kalian menjadi lebih aman dari penyadapan artikel automatis oleh blogger lain (Copy paste), mampu ditemukan  atau cepat terindeks oleh mesin pencari, dan dapat terhindar dari segala bentuk spam.

kalian juga dapat membaca : Cara Membuat Dan Mengatur SEO untuk Blog Baru .


2. Pahami Cara Kerja Search Engine (Mesin Pencari)

Teknik dasar selanjutnya yang harus kalian pahami adalah harus dapat mengerti cara kinerja dari mesin pencari google, karna mesin pencari adalah sumber trafik yang paling potensial untuk reputasi blog kalian, Perlu kalian ketahui bahwa situs (blog) kaliandapat dikunjungi oleh pengunjung di semua dunia pada intinya bersumber dari mesin pencari ini. 

Mesin pencari dapat mengetahui situs (blog) kaliankarna ada peran atau campur tangan robot mesin pencari yang dapat menelusuri crawl, milliaran halaman website di internet untuk kemudian infonya akan diindex atau disimpan di basis data mesin pencari (search engine). 

Sesudah dilakukan pengindeksan , google juga akan mengetahui artikel itu, saat ada pemakai internet melakukan pencarian dengan keyword yang relevan dengan artikel yang kalian publikasikan, maka artikel kalian juga akan ditampilkan di hasil pencarian tersebut meskipun artikel kalian tersebut belum pasti berada urutan pertama, tapi setidaknya bisa tampil di halaman pertama pencarian. 
Terdapat beberapa faktor pertimbangan google untuk memastikan layak tidaknya satu artikel keluar di hasil pencarian, makin artikel banyak melibatkan faktor-faktor mesin pencari maka peluang artikel juga akan dapat berkompetisi serta keluar di tempat paling baik.


3. Selalu Melakukan Riset Kata Kunci (Keyword)

Riset kata kunci adalah tahapan yang bisa dibilang paling kompleks dalam hal blogging, pasalnya dengan kalian melakuka riset kata kunci sudah bisa dipastikan artikel yang kalian publikasikan akan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya

Untuk melihat bagaimana cara riset kata kunci yang baik dan efisien kalian bisa membacanya di artikel ini .


4. Selalu Perhatikan SEO Dalam Segala Aspek

Bila klian masih tetap bingung, tentang  apa yang dimaksud dengan SEO?, search engine optimation (SEO) yaitu usaha yang dilibatkan pada situs (blog) dan artikel situs (blog) supaya artikel situs (blog) lebih gampang ditemukan oleh mesin pencari. 

Alasan kenapa harus melibatkan SEO yaitu supaya artikel kaliandapat keluar di halaman pencarian google saat di cari oleh visitor dengan keyword yang cocok dengan judul artikel.  Kalian pasti ingin saat artikel kaliandi cari orang, dan  artikel kalian keluar di tempat paling baik pada mesin pencari , dengan begitu sudah bisa dipastikan artikel kalianjuga akan banyak dikunjungi sehingga pengunjung situs (blog) kalian juga akan membengkak dengan cepat.
Ada 2 katergori search engine optimation (SEO), yang pertama optimasi search engine optimation (SEO) onpage yang ke-2 optimasi search engine optimation (SEO) offpage.

Optimasi search engine optimation (SEO) onpage umumnya usaha melibatkan aspek SEOyang dikerjakan didalam situs (blog) tersebut, yang meliputi :
  1. Penentuan template yang search engine optimation (SEO) friendly 
  2. Pembuatan artikel yang search engine optimation (SEO) friendly dengan melibatkan optimasi search engine optimation onpage 

Sedang search engine optimation offpage adalah semua betuk optimasi untuk membuat artikel situs (blog) lebih gampang ditemukan di hasil pencarian tetapi dikerjakan diluar website, mencakup : 
  1. Promosi konten dengan off line serta on-line 
  2. Membuat back link
  3. Mempromosikan dari mulut ke mulut dsb

5. Buatlah Artikel Sesering Mungkin

Untuk blog yang masih seumur jagung, sangat direkomendasikan untuk selalu membuat atau update artikel, usahakan dalam sehari bisa membuat 2 sampai 3 artikel, setidaknya dalam kurun 3 bulan kalian harus selalu update untuk membentuk citra yang baik untuk blog kalian. Jangan terlalu keenakan membuat artikel yang Copy Paste, selalu berusaha untuk membuat konten atau artikel yang mempunyai kualitas


.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment