6 Faktor Utama yang Harus Dijaga Untuk Kesehatan Blog / Situs

komputerdia.com - Dengan mudah serta murahnya biaya akses internet saat ini, tak bisa dipungkiri lagi dari hari ke hari semakin banyak pula media online baru yang mencoba menyajikan berbagai informasi. Begitu juga dengan para bloger - bloger baru yang mulai aktif mencoba dunia online ini. Namun tak hanya blogger baru saja, saat ini juga memang terdapat beberapa blogger-blogger lama yang memiliki pengalaman dan tentunya dengan membuat beberapa blog atau halaman website baru untuk sebagian arah tertentu, meskipun jumlah blogger makin bertambah, tidak semuanya blogger tau bagaimana caranya memelihara blognya, ada yang telah memahami tetapi banyak juga yang cuma dapat menulis saja. 

Memang ada beberapa hal yang perlu dipelajari saat  kalian mengambil keputusan untuk jadi seseorang blogger, selain belajar cara optimalkan mesin pencari (search engine optimation), serta belajar menulis, perlu ditekankan lagi bahwa  kalianharus juga memahami kalau kesehatan situs (blog) juga begitu penting, beberapa orang fokus untuk pelajari search engine optimation (SEO) dan menulis artikel yang memiliki kualitas tetapi kesehatan situs (blog) terlupakan, padahal kesehatan situs (blog) tidak kalah perlunya untuk mendukung performa situs (blog) jadi tambah baik dan bisa diterima dengan baik di mesin pencari.

Baca Juga :

6 Faktor Utama yang Harus Dijaga Untuk Kesehatan Blog / Situs

6 Faktor Utama Untuk Menjaga Kesehatan Blog


1. Crawl Errors Pada Google Webmaster Tools

Crawl errors ini merupakan masalah yang cukup serius, karena pada halaman ini akan terdapat suatu informasi yang memberitahu bahwa ada alamat link dari situs kalian yang bila mana link tersebut diklik maka akan tampil keterangan error not found (halaman tidak ditemukan) atau bahkan eror seperti page not found 404, server error 503 dll .

Untuk mengetahui apakah pada situs kalian terdapat crawl errors, kalian bisa langsung menuju ke halaman Google-Webmaster/Crawl-Errors . Pada halaman tersebut kalian akan melihat beberapa tanda link yang error, keterangan lebih lanjut silahkan lihat gambar dibawah ini

6 Faktor Utama yang Harus Dijaga Untuk Kesehatan Blog / Situs
Untuk page not found 404, meskipun google sendiri menerangkan bahwa page not found 404 atau error karna artikel tidak diketemukan di situs (blog) kaliantidak mempengaruhi search engine optimation (SEO), tetapi page not found 404 bisa mengurangi pengalaman pemakai atau pengunjung situs kalian, walau sebenarnya kita tau pengalaman pemakai adalah ux aspek yang bisa memberi signal pada mesin pencari mengenai pengalaman pemakai pada situs (blog) kalian. Untuk mengatasi hal ini, saya akan membuat tutorialnya pada artikel selanjutnya .


2. Broken Link (Alamat Link Rusak)


Broken link yaitu link yang ada di halaman website kaliantetapi link tersebut akan menuju hpada suatu halaman yg tidak ditemukan atau menuju halaman yang telah tak ada, broken link dapat terjadi karna ada komentator yang meletakan link dengan alamat yang salah atau alamat website yang telah tak ada atau juga ada salah satu halaman artikel yang sudah kalian hapus sebelumnya. 

Broken link baiknya dihapus karna juga akan jadi memperburuk kesehatan website kalian. pastinya untuk temukan brokn link juga akan susah bila dikerjakan dengan manual terlebih artikel didalam situs (blog) kalian sangatlah banyak langkah termudah untuk temukan broknlink yaitu dengan pertolongan tool on-line. 

Sekarang ini terdapat banyak sekali tool on-line gratis yang bisa kalianpakai untuk mendeteksi broken link pada halaman situs (blog) kalian, satu diantaranya yang dapat kaliancobalah yaitu deadlinkchecker, pemakaian tool online ini begitu gampang, kalian tinggal memasukan alamat website kaoian, lantas kalian langsung tekan tombol chek, dan silahkan beberapa saat untuk melihat hasilnya



3. Link Toxic


Link toxic pemicunya yaitu ada back link yang menuju website kalian, dimana backlink tersebut dipandang memberi dampak jelek untuk situs (blog) kalian, alih-alih meninginkan blognya mempunyai trafik yang tinggi dari ada back link, malah bisa menurukan rangking situs (blog) di hasil pencarian. 

Untuk memerhatikan kesehatan website, kalianmesti mampu menemukan link toxic pada situs (blog) kalian, bila telah ditemukan maka kalianmesti lakukan disavow atau peralatan untuk menyingkirkan dampak negatif dari back link toxic itu.


4. Duplikat Konten

Duplikat content pada halaman situs (blog) kalian, baik duplikat title (judul) ataupun duplikat deskripsi dapat keluar karna susunan kode situs (blog) kalian kurang baik. 

kaliandapat temukan duplikat content pada halaman webmaster tool di menu Peyempurnaan HTML, dan silakan kaliancheck apakah situs (blog) kalianmempunyai duplikat content, bila ada baiknya selekasnya perbaiki karna duplikat content begitu jelek di mata google dapat buat halaman situs (blog) kalianalami penurunan ranking. Untuk lebih lanjut silahkan lihat keterangan gambar dibawah ini .

6 Faktor Utama yang Harus Dijaga Untuk Kesehatan Blog / Situs


5. Error Peletakan Kode ( Struktur Data Error)

Susunan data schema org adalah kode spesial yang banyak dilibatkan di halaman situs (blog) dengan maksud supaya mesin pencari bisa mengetahui beberapa sisi utama halaman situs (blog) kalian, kode schema org umumnya standard serta bisa dikenali oleh semua mesin pencari, diluar itu susunan data juga jadikan sebagai data rujukan saat pemakai lakukan berbagi halaman situs (blog) ke sosial media. 

Susunan data sesungguhnya bukanlah merupakan aspek search engine optimation (SEO) tetapi dapat memberi efek positif di hasil pencarian google yang bisa memberi info hasil pencarian paling baik pada pemakai atau pengunjung blog kalian


6. Link Yang Masuk Menuju Kesitus Terlarang

bebrapa website yang beresiko yang tidak cocok dengan kebijakan salah satunya yaitu website jud!, website dew[4]sa dan lain-lain, link yang menuju website itu baik dofollow ataupun nofollow, umumnya juga akan jadi memperburuk citra situs (blog) kalian, bahkan juga situs (blog) dapat dihapus oleh google atau terserang internet positif bila jumlahnya sangat banyak. 

Terlebih situs (blog) kalian jika sudah dipasang google adsense, jelas ada link itu dapat buat situs (blog) kalian akan dibanned oleh google adsense. 

Link itu umumnya bersumber dari link-link yang dipasang di komentar-komentar situs (blog) yg tidak dimoderasi oleh pemilik situs (blog) itu, atau karna sipemilik bekerja bersama dengan pemasang iklan sembarangan, bahkan juga dapat pula bersumber dari media iklan lokal yang kita gunakan. 

Bila kalian temukan banyak link yang menuju bebrapa website tidak jelas baiknya selekasnya dihapus, terkecuali juga akan dipandang spam akan punya potensi membahayakan situs (blog) yang kalian miliki.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment