7 Cara Menghemat Baterai Android yang Direkomendasikan

komputerdia.com - Mungkin dari sebagian kalian beranggapan jika artikel yang saya muat ini adalah artikel salinan dari artikel saya sebelumnya karena masih membahas masalah cara hemat baterai android. Jika melihat dari judul konten memang iya sama, namun untuk isi dan pembahasannya telah saya update dengan cara yang lebih direkomendasikan banyak pengguna android.

Jika kalian belum membaca artikel tentang hemat baterai android saya sebelumnya, kalian bisa membacanya di artikel 5 Cara Efektif Hemat Baterai Android . Bagi kalian yang ingin menhulas cara terbarunya, silahkan kalian simak pemaparan berikut ini.

Baca Juga :


7 Cara Hemat Baterai Android


1. Atur Tingkat Kecerahahan Layar (brightness)

Langkah paling mendasar untuk menghemat baterai android adalah dengan cara mengatur tingkat kecerahan monitor serendah mungkin, dengan begitu daya kerja dari baterai pun akan bisa kalian maksimalkan sesuai dengan kebutuhan. Perlu kalian ingat janganlah kalian memakai feature auto brigtness  dengan cara automatis , usahakan sesuaikan kecerahan monitor berdasar pada sinar  ruangan. Karna feature auto brightness akan memberi tingkat kecerahan monitor lebih dari yang kalianperlukan. 


2. Matikan Fitur Android Smart (Android Pintar)

Langkah menghemat baterai android selanjutnya,mungkin saja agak sedikit berat untuk dikerjakan, karna kalianharus mematikan feature Android Smart pada ponsel android kalian.
Feature pintar  ini seperti auto rotation (perputaran automatis), fitur air gesture yang diketahui hatus memerlukan daya baterai yang cukup banyak.

3. Gunakan Black Wallpaper (Wallpaper Hitam)

Bila android yang kalian miliki mempunyai jenis layar AMOLED (seperti umumnya yang terdapat padapiranti Samsung), manfaatkanlah wallpaper berwarna gelap (dark/Black Wallpaper).
AMOLED atau Active Matrix Organic Light Emitting Diode merupakan salah satu fitur android yang diciptakan dari bahan organik yang berfungsi untuk menghasilkan sinar ketika ada aliran listrik yang masuk ke sistem ponsel saja

Langkah yang satu ini memang diklaim cukup efektif untuk menghemat baterai android dengan satu catatan jenis android ini sudah menggunakan jenis layar AMOLED, hal ini dikarenakan layar dengan jenis AMOLED hanya menerangi sisi layar yang mempunyai warna saja.
Sesuai dengan percobaan yang dilakukan oleh Komunitas XDA Developers, bahwa dengan mengaktifkan layar hitam ini terbukti dapat menghemat baterai hingga 6% /jam-nya dengan ketentuan tingkat kecerahan mencapai 20% dari tingkat normalnya

4. Matikan Fitur GPS, Sync, Wifi, NFC dan Bloetooth

Langkah menghemat baterai android yang seterusnya yaitu dengan mematikan fitur GPS, Bluetooth, NFC, Wi-Fi dan juga fitur Syncbila memang tidak sedang kalian gunakan. Semua fitur diatas sudah terbukti bisa menghabiskan daya baterai karena proses kerja fitur diatas akan selalu mengupdate apa yang harusnya diuodate secara otomatis dan untuk GPS, fitur ini akan selalu mencari tempat dimana kita berada


Baca Juga : 5 Aplikasi Smartphone Android Pengganti Aplikasi FaceTime


5. Mengatur Waktu Tidur / Matinya Android

Langkah menghemat baterai android selanjutnya yaitu dengan  cara melakukan pengaturan waktu tidur / matinya android. Waktu tidur yang dimaksud disini yaitu dimana saat posisimonitor mati dengan cara automatis waktu android tidak difungsikan, dan waktu ideal untuk hal ini biasanya diatur dengan durasi 15 sampai 30 detik saja.

6. Matikan Fitur Getar dan kecilkan suara / Volume ponsel kalian

Untuk poin yang keenam ini, memang tak banyak yang mempermasalahkan, namun menurut beberapa ahli android fitur ini juga sangat mempengaruhi daya kerja dari baterai


7. Kurangi pemasangan widget pada bagian Home screen 

Perlu kalian ketahui bahwa widget yang terpasang pada bagian home screen pun sangat mempengaruhi akan daya baterai, seperti pada widget cuaca yang selalu memerlukan proses sinkronisasi dengan keadaan di wilayah kalian


.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment