Cara Memperbaiki Layar Monitor / LCD Laptop dan Komputer PC Bergaris

komputerdia.com - Apakah kalian sedang mengalami masalah dengan layar LDC / Layar monitor kalian, sehingga kalian nyasar ke postingan saya yang satu ini ? 😊  Sebelumnya kalian harus tau terlebih dahulu tentang macam - macam garis yang terdapat pada layar monitor / LCD monitor kalian. Apakah kerusakan monitor kalian masih masih bisa diperbaiki dengan software, atau kalian memang harus menggantinya dengan yang baru karena kebanyakan dari masalah ini adalah hardware nya yang rusak.

Untuk mempersingkat waktu pembahasan silahkan kalian baca terlebih dahulu beberapa poin penting dibawah ini, yang menjelaskan kelas - kelas kerusakan yang sering terjadi pada peranngkat keras Layar monitor / LCD komputer pc dan laptop.

Baca Juga :

Cara Memperbaiki Layar Monitor / LCD Laptop dan Komputer PC Bergaris

Mengenal Kerusakan Layar LCD / Monitor

Layar monitor / LCD bergaris disini sebenarnya mempunyai konteks yang sangat luas, itu semua disebabkan dari seberapa parah kerusakan yang ditimbulkan. Hal semacam ini bisa kalian ketahui pada poin-poin penting dibawah ini :
  • Jika layar lcd / monitor kalian mengeluarkan garis antara 1 sampai 2 garis yang berukuran kecil dan sedang, baik vertical ataupun horizontal, itu bisa dipastikan bukan hardwarenya yang rusak, bisa saja karena suatu kesalahan sistem yang berakibat kerusakan seperti itu
  • Untuk kerusakan layar lcd / monitor bergaris yang masih bisa diperbaiki dengan software umumnya berwarna merah, putih, kehijau-hujaun, kemerah-merahan, atau bahkan kekuning-kuningan.
  • Untuk kalian pengguna PC, jika garis pada layar hampir menutupi semua layar jangan langsung menduga kerusakan pada monitornya, bisa saja karena kabel VGA kalian yang bermasalah, atau bahkan VGA card kalian yang sudah mau usang.
  • Jika ketiga poin diatas sudah kalian cek dengan baik dan tidak bisa dilakukan "pertolongan" , sudah bisa dipastikan bahwa monitor kalian lah yang bermasalah.

Cara Memperbaiki Layar LCD / Monitor Bergaris Dengan Pixel Repair

  • Bagi kalian yang mempunyai problem layar LCD seperti pada poin no 1 dan 2, kemungkinan besar kalian bisa menggunakan cara ini, pertama silahkan kalian download aplikasi Pixel Repair .
  • Setelah kalian selesai download, extract file zip terseebut kemudian install aplikasinya dan tunggu hingga selesai
  • Buka aplikasi Pixel Repair
  • Pilih Pattern warna yang akan kalian gunakan, dalam hal ini kalian bisa juga memilih warna atau mode garis-nya, kemudian silahkan kalian klik tombol Enable .
Cara Memperbaiki Layar Monitor / LCD Laptop dan Komputer PC Bergaris
  • Maka monitor PC atau laptop kalian akan beralih jadi pattern yang kaliantentukan tadi. Bila kalian mengklik monitor atau monitor jadi pattern itu akan berubah-ubah, baik berwarna-warni atau yang lain. Bila monitor LCD kalian baik-baik saja, maka tidak akan ada penampakan garis-garis. Namun, bila ada dead pixel pada monitor itu, maka akan tampak dengan sangat terang. Untuk kembali silakan tekan Esc atau Alt+F4 pada computer atau laptop kalian . Lalu tentukan menu Repair → Add, kemudian letakkan pada dead pixel di monitor LCD kalian.
Cara Memperbaiki Layar Monitor / LCD Laptop dan Komputer PC Bergaris
  • Tunggulah beberapa saat , hingga aplikasi itu benar - benar telah bekerja pada monitor yang kalian miliki.
  • Bila error atau rusaknya yang dialami oleh monitor LCD monitor kalianmasih sedikit enteng, jadi monitor bergaris di PC atau laptop kalian akan segera di tangani oleh Piksel Repairer. Tetapi, bila rusaknya telah sedemikian parah, atau sesudah memakai aplikasi ini tetapi tak ada perubahan sama sekali, sudah bisa dipastikan bahwa layar kalian lah yang benar-benar sudah rusak.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

2 Responses to "Cara Memperbaiki Layar Monitor / LCD Laptop dan Komputer PC Bergaris"

  1. Artikel ini saya buat atas pengalaman saya sendiri, dan alhammdulillah setelah mencobanya ternyata benar-benar work, dan layar LCD saya kembali berjalan dnegan normal

    ReplyDelete
  2. Terima Kasih atas informasinya
    ane juga berhasil menggunakan tutor ini bua ngembalin tuh monitor ajdi stabil kembali, meskipun awalnya mengalami kegagalan terlebidahulu

    ReplyDelete