Ketatnya Apple Dalam Mencegah Kebocoran Informasi

Komputerdia.com -  "Detik Tekno" Apple memang di kenal jadi perusahaan yang penuh dengan rahasia. Baru-baru ini pihak apple mengulas bagaimana mengendalikan kebocoran informasi didalam perusahaannya. 
Rekaman presentasi berjudul 'Stopping Leakers - Keeping Confidential at Apple', diperoleh oleh media berbasis di New York, Amerika Serikat bernama The Outline. 

Dalam rekamannya tersebut memanglah tidak membuka suatu hal yang mengagetkan. Walau demikian, begitu menarik mengetahui bagaimana Apple mengatasi keamanan info product dan perusahaannya. 
Tiga eksekutif Apple, yaitu Director of Global Security David Rice, Director of Worldwide Investigations Lee Freedman serta Global Security Communications Trainer Jenny Hubbert memimpin briefing yang berjalan selama satu jam. 

Ketatnya Apple Dalam Mencegah Kebocoran Informasi



Presentasi itu mengulas langkah Apple menghindar serta mengatasi kebocoran info, terlebih mendekati peluncuran product baru. Tim ini juga memberi beberapa panduan bagaimana hindari informasi yang bocor dengan tidak sengaja. Mereka bahkan juga berikan contoh masalah kebocoran yang perlu dikerjakan. 

Rice yang disebut bekas agen NSA, menceritakan beragam langkah penyelundupan komponen piranti dari pabrik Apple, dari mulai menyembunyikannya didalam bra hingga membuangnya lewat toilet untuk lalu di ambil di saluran pembuangan nanti. 

Diambil dari The Outline, Rabu (21/6/2017), saat ditemukan ada kebocoran, Apple juga bakal sangat berhati-hati menanganinya. Mereka juga akan mulai lakukan investigasi serta kadang-kadang sistem ini memakan waktu yang  cukup lama. 

Lee Freedman mencontohkan bagaimana investigasi sepanjang tiga tahun, dan pada akhirnya sukses menguak sumber sebagai pembocor di satu diantara universitas Apple. Tidak perduli berapakah lama investigasi dikerjakan, Apple juga akan mengusutnya sampai selesai. 
Freedman juga menyebutkan kalau beberapa pembocor itu begitu susah dideteksi. " Problemnya, mereka tampak seperti beberapa orang umum, " katanya. 

Langkah Apple mengatasi info yang bocor juga berbeda untuk tiap-tiap kasusnya. Sebagian pembocor ada yang pada akhirnya mengakui tetapi ada juga yang berupaya menutupinya hingga mereka mesti memperoleh problem berat. 
Jenny Hubbert mengutamakan bagaimana kebocoran info jadi pukulan terberat untuk internal mereka, karna menyingkirkan 'kejutan serta kegembiraan' dari pengumuman satu product. 
Untuk Melindungi 'kejutan' ini yang senantiasa diaplikasikan mendiang Steve Jobs serta berdampak besar pada basis fans setia Apple. 

" Sosial media yaitu tempat umum dimana karyawan dapat dengan tidak sengaja mengungkapkan info, " sebutnya. 

Menurut dia, karyawan mereka mungkin mengungkap kegembiraan tentang product paling baru Apple serta tidak sengaja menyebutkan suatu hal di Twitter atau facebook. 

.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment