Menganalisa Kelebihan dan Kekurangan Solid State Drive (SSD)

komputerdia.com - Setelah pada artikel sebelumnya saya telah membahas pengertia, fungsi, cara kerja dan komponen - komponen penyusun solid state drive (SSD), sudah waktunya diartikel kali ini saya akan mencoba menganalisa kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada perangkat Solid State Drive (SSD) ini.

Dewasa ini, kecanggihan teknologi sudah tak bisa dipungkiri memang sudah berada diatas puncaknya. Salah satu contohnya adalah dengan hadirnya SSD ini yang diklaim mampu menggantikan posisi dari hard disk sebagai tempat utama untuk dijadikan media penyimpanan data, selain menjadi perangkat terbaik untuk dipasangkan dengan aplikasi professional, ssd ini juga diklaim mempunyai kemampuan dan akselerasi yang jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan hard disk.

Baca Juga :

Menganalisa Kelebihan dan Kekurangan Solid State Drive (SSD)

Kelebihan dan Kekurangan Solid State Drive (SSD)


1. Kelebihan Solid State Drive (SSD)

  • Performa dan Akselerasi
Performa memanglah jadi satu diantara kelebihan yang dimiliki oleh perangkat SSD. Seperti keterangan diatas, pada SSD tak ada satupun komponen yang berputar-putar atau alami perpindahan. Semua piranti atau komponen penyusun SSD ini seutuhnya elektronik. Dengan tidak ada gerakan manual, kecepatan untuk membaca serta menulis data juga akan naik dengan mencolok. Bila kamu memakai Hard Disk, maka saat booting hingga betul-betul masuk kedalam system komputer memerlukan waktu sekitaran 2 - 5 menit. Sedang bila memakai SSD hanya memerlukan saat 5 - 60 detik, hingga maksimum 2 menit saja, bukankah hal ini sangat kalian idamkan hadir di komputer kalian ?


  • Kemudahan Dalam Transisi
Kelebihan seterusnya yang dimiliki oleh perangkat SSD yaitu memakai port yang sama juga dengan Hard Disk, yakni memakai Port SATA I, SATA II serta SATA III. Jadi jika kalianmenginginkan untuk menukar media penyimpanan data yang terlebih dulu memakai Hard Disk serta saat ini menginginkan memakai SSD, maka kaliantidaklah perlu memberikan komponen tambahan apa pun untuk menukar Hard Disk tersebut dengan perangkat SSD.


Baca Juga :

  • Sangat Inovatif
Begitu jelas kalau SSD adalah satu diantara hasil dari inovasi beberapa praktisi tehnologi dunia. Dengan hadirnya SSD, maka kehadiran Hard Disk makin terancam. Adanya SSD juga membuat perangkat Hard Disk menjadi salah satu media penyimpanan yang ketinggalan jaman tentunya, apalagi buat kalian yang mempunyai aktivitas multitasking.



2. Kekurangan Solid State Drive (SSD)

Sudah bisa ditebak, bahwa Harga menjadi  suatumasalah dari pemakaian SSD sekarang ini. Sebagai piranti penyimpanan data yang baru, SSD di jual dengan harga yang masih begitu mahal. Di market, SSD dengan kemampuan 180GB harga nya setara dengan Hard Disk dengan kapasitas 1TB. Sayamenyebutkan kalau " Ada harga yang tinggi jadi akan ada pula kwalitas yang tinggi, karna harga tidak pernah bohong ". mungkin itulah pepatah lamanya
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment