Mengenal Cara Kerja Baterai CMOS Pada Perangkat Komputer

komputerdia.com - Jauh sebelum artikel ini dipublikasikan, saya pernah mengulas tentang masalah baterai CMOS juga. Namun pada artikel sebelumnya saya lebih menjelaskan pengertian serta fungsinya saja, jika kalian belum membaca artikel tersebut kalian bisa membacanya pada artikel Pengertian Baterai CMOS, fungsi Baterai CMOS dan cara kerja Baterai CMOS .

Pada artikel kali ini saya akan mencoba menjelaskan secara lebih terperinci tentang cara kerja dari baterai CMOS didalam perangkat komputer. Baterai Cmos atau kepanjangan dari Complementary Metal Oxide merupakan salah satu hardware komputer yang sejenis dengan batre jam tangan dimana perangkat keras ini dikhususkan untuk diterapkan  pada bagian papan induk atau mainboard agar dapat dimanfaatkan oleh sistem BIOS komputer dimana tujuan diterapkannya battery cmos adalah agar sistem komputer tetap bisa aktif dan berjalan walaupun tanpa adanya suatu aliran listrik. Batterai CMOS ini termasuk pada jenis chip dengan type semi-konduktor yang digunakan untuk penyimpanan data serta jenis chip ini tidak membutuhkan suatu daya tambahan / eksternal.

Baca Juga :



Mengenal Cara Kerja Baterai CMOS Pada Perangkat Komputer


Cara Kerja Baterai CMOS

Ketika power supply mulai dihidupkan, Baterai CMOS juga akan menggerakkan kontrol untuk memastikan system jalan dengan baik. Satu diantara kontrol itu yaitu mengkalkulasi penggunaan RAM (Random Acces Memori). Bila POST telah usai, setelah itu CMOS juga akan mengecek penyusunan yang lain seperti mengecek format harddisk serta konfigurasi Redundant Array of Independent Disk (RAID), preferensi boot, hadirnya peripheral serta tweak overclocking.

Sebab / Akibat CMOS Tidak bekerja Dengan Baik


  1. Kemungkinan besar baterai CMOS sudah lemah, hingga tidak bisa lagi mendukung daya pada CMOS ketika komputer sedang dalam keadaan mati. 
  2. Rutinitas penggunaan peralatan seperti USB Flash Disk, External Hardisk yang segera di cabut tanpa ada Safely Remove Hardware, menyebabkan software yang terpasang dan di data oleh CMOS juga akan tersimpan serta ketika computer di hidupkan kembali CMOS tidak menemukan data Hardware itu. 
  3. Kemungkinan karena serangan virus yang menyerang regystry windwos yang berhubungan dengan CMOS hingga data yang terdapat pada CMOS serta windows atau operating system tidak sinkron. 
  4. Akibat seringnya computer di matikan tanpa ada langkah untuk Shutdown terlebih dahulu, hal inilah  yang menyebabkan sistem tidak menyimpan setting CMOS, serta CMOS siap untuk menyimpan setting komponen karna dimatikan secara mendadak. 
  5. Apabila CMOS terganggu maka penggunaan komputer tidak akan bisa stabil, meskipun semua komponen komputer tidak rusak.

Baca Juga


Mengatasi CMOS Yang Tidak Bekerja Dengan Baik


  1. Yakinkan PC (Computer) telah tidak tersambung ke jaringan listrik. 
  2. Setelah casing PC dibuka lihat pada bagian motherboard kalian, dan cari bagian Soket Jumper dengan tulisan CLR CMOS (Seperti terlihat pada gambar dibawah ini, umumnya jumper setting itu dekat baterai CMOS)

    Mengenal Cara Kerja Baterai CMOS Pada Perangkat Komputer

  3. Pin 1 serta pin 2 apabila di posisi jumper awal artinya posisi Normal. cabut jumper serta pindahkan untuk menjumper pada pin 2 serta pin 3. 
  4. Sesudah kalian melakukan jumper pin 2 serta pin 3, hidupkan PC, dan biarlah selama 1/2 menit s/d satu menit, kemuidian matikan kembali. 
  5. Sesudah PC mati, kembalikan lagi posisi Jumper ke Setting atau keposisi jumper pin 1 serta 2 (posisi semula). 
  6. Hidupkan PC, maka PC juga akan meminta kalianuntuk mensetting Bios, tekan F1 atau Del (Bergantung perintah dari type Motherboardnya). 
  7. Tentukan setting Bios ke Optimise Default system Bios. lalu tekan F10 untuk menyimpan ke memory Bios dan silahkan kalian keluar dari mode bios tersebut. 
  8. Langkah terakhir PC juga akan Restart kembal serta akan Bekerja lagi dengan normal.

Kerusakan Pada Baterai CMOS

  1. Baterai Cmos umumnya dapat bertahan lama (lebih kurang sekitar 5 tahun) dengan syarat komputer kaliansering digunakan hingga baterai tetaplah dapat selalu di ‘charge’ ulang oleh perangkat komputer tersebut. Umumnya komputer yg tidak digunakan lama atau ‘nganggur’ berbulan-bulan menyebabkan baterai Cmos juga akan habis dayanya, karena diserap untuk keperluan Bios. 
  2. Kerusakan ke-2 umumnya disebabkan buruknya kwalitas baterai
  3. Kurangnya perawatan pada perangkat komputer
  4. Tidak mematikan komputer sesuai dengan prosedur

Baca Juga :


Akibat Kerusakan baterai CMOS

  1. Komputer tidak menyimpan pengaturan tanggal, bulan serta tahun. Dan sudah pasti settingan yang kita buat di Cmos atau Bios juga akan beralih ke tempat ‘default’, hal ini juga yang akan mengakibatkan komputer akan selalu meminta untuk men-setup lagi dengan perintah-perintah seperti Press Del to Setup, atau Press F1 to Continue atau perintah-perintah lainnya
  2. Apabila baterai tidak menyimpan tanggal bln. serta tahun, maka koneksi internet didalam sebuah browser pun akan menjadi teganggu dan kalian tidak bisa melakukan kegiatan berinternet, dan akan muncul peringatan keamanan serta website yang anda masuki di anggap berbahaya (untrust site)
  3. Komputer kalian akan sering hang, dan akan mati dengan sendirinya seperti Restart atau bahkan tidak menyala sama sekali
  4. Sebaliknya, kekeliruan setting yang berlangsung pada Bios atau Cmos juga yang menyebabkan komputer tidak  mampu berjalan dengan baik 

.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

2 Responses to "Mengenal Cara Kerja Baterai CMOS Pada Perangkat Komputer"

  1. Nice article. Thanks for your education

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama gan
      terima kasih juga telah berkunjung

      Delete