Pengertian Card Reader, Manfaat dan Cara Kerja Card Reader

komputerdia.com - Card Reader merupakan salah satu perangkat keras komputer yang berguna untuk membaca sebuah memory card atau kartu memori (SD Card). Card Reader juga bisa diartikan  sebagai perangkat kecil yang penggunaanya tersambung ke port USB untuk membaca kartu media portabel. Card Reader ini bisa menerima format satu atau banyak kartu media, seperti SD, xD atau CompactFlash. Bila komputer kaliantidak mempunyai built-in card reader, tentunya kalianakan memerlukan card reader untuk mentransfer data dari kartu media kalian ke hard drive kalian atau sebaliknya. 

Untuk kecepatan membaca serta transfer data, card reader ini mempunyai kecepatan yang begitu baik dikelasnya. Dengan kecepatan membaca rata-rata 37. 4MB/s serta kecepatan menulis rata-rata 17. 6MB/s, yang pastinya menjadikan card reader ini layak untuk kalianmiliki dalam mendukung kegiatan kalian untuk memindah atau menyalin file memory ekternal yang kalian punya

Baca Juga :

Pengertian Card Reader, Manfaat dan Cara Kerja Card Reader

Fungsi Card Reader

Peranan card reader yaitu jadi penghubung yang tersambung pada usb laptop ataupun komputer di mana data yang tersimpan pada memory atau sebaliknya bisa melakukan aktivitas berbagi dan menerima file satu sama lain. Oleh karena itu, dengan memakai perangkat seperti ini, tentu data yang ada bisa dibuka serta dipindahkan sesuai sama keinginannya dalam beragam format.

Selain itu, fungsi card reader ini adalah sebagai alat yang bertindak sebagai piranti penyimpanan removable untuk beragam perlengkapan yang serupa dengan camera digital, camcorder, telpon seluler, pemutar audio dan sebagainya yang bisa membaca kartu memory tersebut .


Cara Kerja Card Reader


Apabila kalian mengakses file melalui perangkat komputer , card reader juga akan kirim sinyal listrik ke kartu media lewat kontak di ujung casing kartu. Sinyal-sinyal listrik yang dipakai untuk membaca data yang disimpan pada kartu media. 
Seperti semua bentuk memori solid-state, kartu media menggunakan rangkaian transistor untuk merekam data. Transistor ini sesuai untuk mewakili data biner, bentuk basic dari semua file komputer. 

Bila arus listrik yang di kirim dari kartu pembaca USB bisa melewati transistor, bagian tersebutdi baca jadi 1 (satu). Bila tidak, itu dikembalikan jadi 0 (nol). Pembaca kartu mengkompilasi hasil serta mengirimkannya ke program komputer yang meminta info dari kartu tersebut. Program ini bisa memakai data biner untuk membuat representasi visual dari data, seperti dokumen gambar atau teks atau bahkan audio.


Baca Juga

Perlu kalian ketahui juga bahea Berapa pembaca kartu USB juga mempunyai manfaat untuk menulis, Hal semacam ini sangat mungkin bagi kalianuntuk menyimpan file dari komputer kalian pada sebuah kartu media, mengedit file yang ada atau bahkan untuk melakukan penghapusan data.


Cara Menggunakan Card Reader

  1. Masukkan memory card kalian pada lubang card reader dan sesuaikan dengan jenis memory card yang kalian gunakan
  2. Colokan kabel USB card reader pada port USB

    Baca Juga:
    Pengertian flashdisk OTG dan Fungsi flashdisk OTG
  3. Langkah selanjutnya, biarkan sistem komputer untuk melakukan pendeteksian dan penginstallan driver card rider tersebut, pada umumnya card reader bersifat Plug and Play
  4. Untuk melihat apakah kartu kaoian terbaca, silahkan kalian cek pada mwnu windows explorer dan cari pada bagian my computer .
  5. Jika sudah terbaca, maka kalian bisa melakukan aktivitas kirim file atau sebaliknya
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment