Pengertian, Fungsi Serta Cara kerja Gamepade dan Joystick

komputerdia.com - Saat ini, game atau permainan video game seakan sudah menjadi sebuah perhelatan yang sangat besar didunia komputer, mulai dari game dengan jenis action, adveture atau bahkan strategi sudah banyak sekali kita lihat dimana-mana dan game tersebut ada yang bisa kita mainkan secara Offline bahkan juga dengan Online.

Semakin banyaknya jenis game tersebut, tentunya teknologi pun semakin jauh berkembang, salah satu contohnya yaitu dengan disematkannya Joystick dan Gamepade yang menjadi perangkat tambahan untuk bermain game tersebut layaknya sebuah permainan di Playstation (PS) .

Baca Juga :

Pengertian, Fungsi Serta Cara kerja Gamepade dan Joystick

Pengertian Gamepade dan Joystick


1. Pengertian  Gamepade

Gamepad yang dikenal juga dengan istilah joypad atau control pad yaitu type kontroler sebuah permainan video yang memprioritaskan pemakaian jari, terutama ibu jari untuk menjalankannya. Gamepad biasanya mempunyai tombol tindakan di samping kanan serta pengontrol arah di samping kiri. Awalannya pengontrol arah sangat terbatas pada empat arah (D-pad) disebelah kiri tangan, tetapi gamepad modern biasanya sudah mempunyai tuas analog yang menjadi pendukung atau penggantinya.


2. Pengertian Joystick

Pada dasarnya pengertian joystick dengan gamepade tidak jauh berbeda, karena melihat fungsi antara gamepade dengan joystick pun adalah sama-sama untuk game kontroler, namun untuk lebih jelasnya, joystick pun mempunyai pengertian dengan spesifikasi tersendiri. 
Joystick yaitu alat input komputer yang berwujud tuas atau tongkat serta bisa bergerak ke semua arah, sedang games paddle umumnya berupa kotak atau persegi terbuat dari plastik yang diperlengkapi dengan tombol-tombol, serta bisa atau dapat mengatur gerak satu objek dalam komputer. Alat ini bisa mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer, serta alat ini biasanya dipakai jadi pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.


Baca Juga :


Fungsi Gamepade dan Joystick


  1. Pelengkapan atau Perangkat keras komputer yang berguna untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol untuk mengatur ritme permainan (game). 
  2. Dapat digunakan untuk permainan (game) dengan mode offline maupun online
  3. Untuk megontrol permainan video. 
  4. Joystick dan gamepade banyak juga di implementasikan pada mesin-mesin seperti pada kursi roda bermotor serta truk

.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment