Snapdragon 450 Dikenalkan Qualcomm Ke Muka Umum

komputerdia.com - Seakan menjadi sebuah jawaban atas minimnya suplay snapdragon 660, Satu SoC baru kembali lagi dikenalkan puhak qualcomm, kali ini mereka lebih menargetkan untuk  kelas menengah dan telah diresmikan kemunculannya oleh Qualcomm. SoC ini adalah SoC kelas menengah ke-3 yang dikenalkan Qualcomm  pada pertengahan tahun 2017 ini sesudah Snapdragon 660 serta Snapdragon 630 pada awal Mei 2017 kemarin. Mereka mengatakan SoC kelas menengah yang termasuk menarik ini  mereka mengusung nama Snapdragon 450.

SoC ini adalah  yang pertama kalinya fabrikasi 14 nm FinFET dipakai di lini Snapdragon 400 Series, yang biasanya diperuntukkan untuk smartphone dengan harga dibawah Rp 2. 5 juta. Snapdragon 450 ini juga telah mengusung processor octa-core dengan 8x Cortex A53 1. 8 GHz, dengan support memori LPDDR3 933 MHz single-channel. Qualcomm juga mengatakan kalau SoC ini juga akan tawarkan performa yang lebih baik, lebih kurangnya 25% diatas Snapdragon 435.

Baca Juga :

Snapdragon 450 Dikenalkan Qualcomm Ke Muka Umum

Keistimewaan Yang Diberikan Snapdragon 450


Mendukung Layar FullHD+

Snapdragon 450 telah memakai GPU Adreno 506, dengan support untuk DirectX 12, OpenGL ES 3. 1, serta Vulkan. Qualcomm juga mengatakan kalau GPU ini kini bukan sekedar mensupport resolusi monitor FullHD saja, namun FullHD+. FullHD+ sendiri tawarkan resolusi dengan rasio 18 : 9, sampai 2160 x 1080 pixel. Resolusi ini juga akan semakin banyak dipakai di smartphone mendatang, serta SoC kelas menengah baru yang satu ini telah resmi mendukungnya.


Kekuatan Baterai Lebih Tahan Lama


Qualcomm mengatakan kalau SoC Snapdragon 450 ini mensupport lahirnya smartphone kelas menengah yang lebih irit baterai apabila dibandingkan dengan yang memakai Snapdragon 400 Series yang ada sebelumnya. Hal tersebut sudah pasti di dukung oleh fabrikasi 14 nm FinFET yang diusung. Diluar itu juga, DSP Hexagon 546 yang berada di dalam SoC ini juga ikut mensupport hal tersebut, yang tentunya juga sudah disediakannya kemampuan always on/always connected. 

Support Quick Charge 3. 0 juga sudah dihadirkan di SoC ini. Qualcomm mengatakan kalau dengan isi ulang cuma 30 menit, smartphone dengan SoC ini dapat tawarkan pemakaian sampai sepanjang hari, berdasarkan tes internal mereka dengan piranti ber-baterai 2750 mAh. Quick Charge 3. 0 lewat USB Tipe C juga sudah di dukung oleh SoC ini.


Kualitan Foto dan Video Menjadi Lebih Baik

Apabila dibandingkan dengan SoC Snapdragon 400 Series dengan type sebelumnya, Snapdragon 450 ini disebut juga telah tawarkan support untuk photo serta video yang lebih baik. SoC ini mensupport pemakaian sensor camera sampai 21 MP atau Dual 13 MP. Untuk pemakaian dual-camera, SoC ini telah mensupport real-time bokeh serta feature Clear Sight dari ISP yang berada di dalamnya. 

Sesaat untuk video, SoC ini mensupport perekaman video 1080p 60 fps, dengan support codec HEVC, baik untuk perekaman ataupun pemutaran video. Diawalnya, SoC di lini Snapdragon 400 Series cuma mensupport video 1080p 30 fps saja. Sementara untuk 4K, Qualcomm terasa support perekaman video 4K masih tetap belum diperlukan di kelas menengah.


Tambahan Fitur Menarik Lainnya

Berapa feature menarik untuk kelas menengah juga didatangkan Qualcomm untuk Snapdragon 450, termasuk juga support native untuk USB 3. 0 serta WiFi AC. Modem Snapdragon X9 LTE dengan support untuk LTE Cat. 6/Cat. 7 juga disematkan kedalam SoC ini. Feature biometrik juga di dukung oleh Snapdragon 450 ini.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment