Vaksin atau Obat Penawar Petya Ransomware Belum Ditemukan? Pakai Solusi ini

komputerdia.com - Setelah beredarnya kabar Ransomeware Wannacry sudah bisa ditangani, lantas hal ini tak membuat para pelaku kejahatan ini akan mundur begitu saja. Hal ini sudah terbukti, pasalnya akhir-akhir ini terjadi lagi serangan baru dari Ransomware, namun pada serangan kali ini bukan jenis wannacry akan tetapi jenis saat ini adalah Petya Ransomware.

Perlu kalian ketahui, serangan Petya Ransomware ini bisa dikatakan dua kali lipat berbahayanya jika dibandingkan dengan wannacry. Pasalnya Petya ransomware ini sudah bisa menyerang sistem operasi sekaligus bisa bersarang pada komponen - komponen komputer yang bersifat sensitif.  Pernyataan ini sudah terbukti dengan banyaknya komputer yang terserang di negara amerika dan mereka mengaku sama sekali tidak bisa mengakses komputernya.

Baca Juga :

Vaksin atau Obat Penawar Petya Ransomware Belum Ditemukan? Pakai Solusi ini

Obat Penawar Petya Ransomware Belum Ditemukan


Serangan ramsomware bernama Petya belum juga berhasil dilumpuhkan sejauh ini. Tetapi perusahaan keamanan siber selalu berusaha mencari Vaksin atau obat penawarnya.
Seperti yang dikerjakan Kaspersky Lab yang tengah menyelidiki gelombang serangan ransomware yang membidik organisasi di semua dunia. Tetapi yang menarik, bukanlah Petya yang sukses menggantikan server di perusahaan minyak paling besar Rusia, mengganggu operasional bank-bank di Ukraina, dan mengakibatkan kerusakan computer di perusahaan perkapalan serta periklanan multinasional, Namun sejak awal pihak Kaspersky tunjukkan kalau serangan itu  datang dari satu ransomware baru yang belum juga pernah tampak sebelumnya. Lalu perusahaan anti virus asal Rusia itu menjuluki ransomware itu dengan nama NotPetya. 

Data telemetri Kaspersky memberikan indikasi sekitaran 2. 000 pemakai yang diserang sejauh ini. Organisasi di Rusia serta Ukraina adalah yang paling dipengaruhi, serta perusahaan juga mencatat ada serangan di Polandia, Italia, Inggris, Jerman, Prancis, Amerika Serikat serta sebagian negara yang lain.

Kaspersky mengonfirmasikan kalau ada penggunaan exploit EternalBlue yang dimodifikasi serta dipakai untuk propagasi sedikitnya didalam jaringan perusahaan, mereka mendeteksi ancaman itu jadi UDS : DangeroundObject. Multi. Generic.  Dibawah ini adalah gambar perangkat komputer yang terkena serangan petya ransomware

Vaksin atau Obat Penawar Petya Ransomware Belum Ditemukan? Pakai Solusi ini


Pihak Kaspersky Lab merencanakan meluncurkan feature baru yang di dalamnya ada komponen Sistem Watcher. Hingga bisa memastikan apakah mungkin untuk mendekripsi data yang terkunci dalam serangan. 

" Kami merekomendasikan supaya semua perusahaan mengantisipasi dari awal dengan memperbarui piranti lunak Windows, memeriksa jalan keluar keamanan, serta memastikan sudah mencadangkan data dan alat pendeteksi ramsomware, " tutur Kaspersky. 

Diluar itu, Kaspersky juga memberi anjuran pada pelanggan korporatnya, dengan menjalankan 4 poin dibawah ini : 

  • Mengecek apakah semua perlindungan sudah diaktifkan sesuai himbauan 
  • Pastikan sudah mengaktifkan komponen KSN/System Watcher. 
  • Pakai feature AppLocker untuk menonaktifkan eksekusi file yang memakai nama " perfc. dat " 
  • Utilitas PSExec dari Sysinternals Suite
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

1 Response to "Vaksin atau Obat Penawar Petya Ransomware Belum Ditemukan? Pakai Solusi ini"

  1. si Petya Ransomware ini, nampaknya lebih blak-blakan ya daripada si wannacry
    lebih ngeri "dude"

    ReplyDelete