8 Kesalahan Mendasar Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

komputerdia.com - Menjadi seorang blogger memang mempunyai daya tarik tersendiri, banyak alasan yang menjadi faktor kenapa ingin menjadi seorang blogger? Ya, memang banyak alasan yang spesifik untuk menjadi seorang blogger salah satunya adalah karena tergiur dengan jumlah uang yang akan didapatkan setiap bulannya.

Seakan tak berpikir panjang, banyak para blogger baru yang langsung berkecimpung didunia "tak pasti" ini, hanya dengan alsan yang saya sebutkan diatas. Perlu kalian ketahui bahwa menjadi seorang blogger itu bukan hal yang mudah sama halnya seperti seorang youtuber yang memang dibutuhkan kreativitas, serta perlakukan jangka panjang (konsisten), tanpa adanya dua faktor tersebut percobaan kalian akan sia-sia dan mending saya sarankan untuk bekerja nyata (real) saja.

Untuk membuat suatu karakter, popularitas, dan penghasilan dari dunia blogging, semuanya ada tahapan atau step-step yang harus kalian lalui sebelumnya, tidak ada sesuatu yang bisa kalian dapatkan dengan cara instan. Jika  memang ada pihak yang menyatakan bisa membangun sebuah situs (blog) dengan cara instan yang dalam waktu singkat bisa mencapai kepopulerannya, maka dia sudah melakukan "Pembohongan Publik" yang sangat besar.

Baca Juga :

8 Kesalahan Mendasar Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

Banyak diantara blogger yang berharap, disaat umur situs (blog) mereka masih seumur jagung mereka dengan ambisinya ingin langsung membuat sesuatu hal yang sebenarnya jauh dari kata "kenyataan" untuk bisa mem-blow up situs (blog) nya tersebut. Ingat, dengan kalian menjaga konsistensi kalian untuk membuat konten, dengan seiring berjalannya waktu blog (situs) kalian pasti akan menjadi populer dan bahkan bisa mengundang banyak visitor dalam seharinya.

Perlu kalian ketahui, didalam dunia blogging jangan kalian paksakan untuk membuat suatu konten yang dasarnya kalian sendiri tidak memahami atau bahkan tidak menyukai hal tersebut, jangan sampai ikut trend saja, karena hal inilah yang akan membuat kalian tidak bisa maju. Buat segala sesuatu atas dasar hoby, buat sesuatu hal yang memang kalian cintai, dan buat sesuatu tersebut dengan hati. Ya, memang kata ini bisa disebut "alay" namun memang ini lah fakta yang sebenarnya terjadi.


10 Kesalahan Mendasar Blogger Pemula


1. Membuat Banyak Blog

Dengan kalian membuat banyak blog, hal ini tidak akan menjadi solusi yang baik buat kalian untuk bisa mendapatkan penghasilan dari blogging. Jangan terlalu terpaku pada tutorial yang bertebaran di internet dan menyatakan jika banyak blog maka peluang mendapatkan penghasilan besarpun akan semakin lebar. Apakah kalian percaya ? Jika kalian melakukan hal ini disaat sedang merintis, maka hal yang kalian lakukan adalah kesalahan yang sangat fatal .

Kenapa hal semacam ini menjadi kekeliruan seseorang blogger pemula? Karna dengan membuat banyak situs (blog), mengakibatkan sulitnya membagi waktu untuk mengelola situs (blog) " A " atau situs (blog) " B " atau bahkan juga situs (blog) lainnya, yang sudah tentu mempunyai pembahasan yang berbeda. 

Dengan kalian mempunyai banyak blog disaat kondisi kalian masih baru, percayalah situs (blog) kalian tidak akan pernah menemukan puncak kepopuleran yang panjang. Jadi solusinya, bangunlah satu blog terlebih dahulu, rajinlah untuk membuat konten karena dengan cara ini, kalian tentunya akan bisa fokus dan step untuk menuju tangga kepopuleran pun akan sangat terbuka dengan lebar.


2. Sering Ganti Template

Apakah kalian termasuk type no-2 ini ? jika kalian masih melakukan hal ini, segeralah berhenti jika kalian ingin maju. Selalin memakan waktu yang banyak karena harus memikirkan ini dan itu yang bisa diprediksi akan mencapai waktu seharin (saya juga alami hal ini), mengganti template juga tentunya bukan hal yang mudah dan tidak disukai oleh mesin pencari atau google, karena jika kalian sering mengganti template index situs (blog) kalian di mesin pencari akan terus merangkak turun dikarenakan struktur blog kalian akan terus berubah


3. Money Oriented.

Bila kaianmengambil keputusan untuk mencari uang dari situs (blog), kamu harus betul-betul mengetahui resiko yang akan kalian tanggung. Mencari uang di situs (blog) bukanlah perkara yang gampang, perlu waktu yang panjang sampai blog tersebut bisa menghasilkan penghasilan.

Untuk awal mula, upayakan konsentrasi saja pada content apa yang akan kalian suguhkan. Serta silahkan kalian ukur seberapa tinggi kualitas content yang kalian buat tersebut. Jadi dengan menjadi seorang blogger, kalian jangan hanya memikirkan rupiah atau dollar, karena hal ini yang akan membuat kalian menjadi sulit untuk berkembang.



4. Terus Membaca Tanpa Ada Tindakan Menulis

Kekeliruan blogger pemula yang menurut saya fatal yaitu terus-terusan membaca artikel di internet tanpa ada implementasi untuk melaksanakan apa yang kalian baca. Jadi bila kaliansering membaca namun tidak pernah menulis artikel, kaliantidak akan menjadi blogger yang maju. 

So, apakah yang akan kalian lakukan sekarang ? Ingat jangan terlalu fokus dengan apa yang sudah orang lain dapatkan, namun kalian harus mencoba berpikir bagaimana caranya bisa mencapai hal tersebut .


5. Tidak Konsisten

Jika kalian tidak konsisten, apa yang telah kalian lakukan untuk blog (situs) kalian maka hasilnya akan sia-sia. Konsisten memang kunci utama untuk bisa menjadi seorang blogger yang sukses, jika kalian merasa bingung dengan konsistensi kalian, berarti dari awal kalian sudah salah mengambil langkah, salah satunya kalian sudah mengambil suatu pembahasan yang memang kurang kalian pahami atau memang kalian tidak menyukai hal tersebut.


6. Artikel Tidak Relevan dan Terlalu Panjang

Dalam membuat artikel, memang kalian harus menyajikan artikel yang unik serta mempunyai kualiats dan bermanfaat untuk orang lain. Namun dalam hal ini juga, kalian jangan terlalu memaksakan diri untuk membuat artikel yang panjang dengan jumlah kata mencapai 1.000 kata lebih misalnya namun tidak mempunyai kualitas dan tidak relevan karena tata bahasa yang kalian gunakan juga ngawur dan berantakan.

Baca Juga : 

Jika kalian mengejar target, sudah saya bilang untuk membuat artikel kalian hanya cukup membuat suku kata sebanyak 500 sampai 700 kata saja. Karena dalam hal ini google telah menciptakan suatu sistem yang sangat canggih, sehingga mereka akan mengetahui mana artikel yang relevan dan berkualitas serta arikel mana yang tidak mempunyai kualitas dan relevan.


7. Memasang Widget Yang tidak Penting

Dalam kasus ini, saya sering melihat blog-blog baru yang didalamnya terdapat berbagai macam widget yang menurut saya itu tidak perlu untuk diterapkan. Seperti backsong, emmbuat efek atau yang lainnya, karena jika kalian terlalu memasang widget yang tidak penting tentunya akan memperngaruhi akselerasi dari template kalian sendiri .


8. Motivasi Berlebihan

Dalam hal ini, tentunya para master bloglah yang menjadi penyebabnya, pasalnya dialam membagikan suatu trik atai tips mereka (para master) terlalu menggunakan bahasa-bahasa yang aneh sehingga sulit dimengerti oleh para blogger awam.

Mungkin karena mereka sudah tahap master, jadi kosa kata pun mereka cari-cari sendiri untuk meyakinkan jika mereka sudah mempunyai pengalaman yang sangat luas, namun tak banyak dari mereka yang salah kaprah untuk memberikan pengalamannya.


.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

1 Response to "8 Kesalahan Mendasar Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula"

  1. Kadang ada juga yang artikel panjang sampai 1000 kata tapi bertele-tele pembahasannya sehingga terlihat membosankan untuk dibaca, mungkin ngejar panjang artikel kali ya

    ReplyDelete