13 Cara Membuat Artikel Seo Friendly Agar Bisa Bersaing Di Mesin Pencari

komputerdia.com - Salah satu cara untuk meningkat popularitas serta penghasilan sebuah blog adalah dengan memfokuskan pembuatan artikel yang unik, original serta menjadikan artikel tersebut artikel seo friendly di mata search engine (mesin pencari).

Dalam hal ini memang banyak para pemain blogger yang mempunyai caranya masing-masing untuk membuat artikelnya menjadi seo friendly. Namun sebagai landasan awalnya kalian perlu mengetahui beberapa faktor penting dibawah ini agar kalian paham dengan basic utamanya. Beberapa faktor tersebut diantaranya adalah Kata kunci, pemberian judul artikel, konten gambar dll, untuk lebih mendetailnya silahkan kalian review pembahasan dibawah ini 

Baca Juga :
13 Cara Membuat Artikel Seo Friendly Agar Bisa Bersaing Di Mesin Pencari

13 Cara Membuat Artikel Seo Friendly


1. Cari Kata Kunci (Riset Keyword)

Untuk bisa mendapatkan hasil artikel yang seo friendly memang tidak mudah, hal ini lah yang menjadi faktor utama dalam sebuah blogging. Banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk bisa mendapatkan kata kunci artikel, berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk melakukan riset keyword :

A. Menggunakan Tools
Alat pertama yang bisa kalian gunakan untuk mencari kata kunci adalah dengan tools riset keyword, dengan tools ini kalian akan mendapatkan banyak sekali kata kunci dengan memasukan niche tertentu, contoh tools tersebut seperti Ez Keyword (tools ini berbentuk software) , keywordtool.io (tools ini berbentuk website), Google Planner (tools ini juga berbentuk website), dll. Namun kebanyak tools seperti ini merupakan tools premium (berbayar), berikut adalah tampilan dari salah satu tools riset keyword yaitu software ez keyword .

13 Cara Membuat Artikel Seo Friendly Agar Bisa Bersaing Di Mesin Pencari


B. Memanfaatkan Forum dan Group
Cara kedua untuk melakukan riset keyword adalah dengan cara kalian bergabung atau mengunjungi sebuah forum dan group. Dengan cara ini tentunya kalian akan mengetahui beberapa tema atau topik yang sedang ramai diperbincangkan oleh para anggotanya, contohnya seperti group facebook, kaskus atau forum-forum lainnya


C. Memanfaatkan Google Sugestion
Cara yang ketiga ini adalah cara yang cukup sederhana, dimana kalian akan mengetahui topik-topik terkini hanya dengan mengunjungi laman pencarian google. Contohnya bila kalian akan mencari suatu kata kunnci artikel di kotak pencarian tersebut maka secara otomatis google akan memperlihatkan kata kunci sugestion (perkiraan) yang akan kalian cari. Perlu kalian ketahui menurut beberapa pendapat perkiraan yang muncul itulah yang merupakan kata kunci yang paling banyak di cari orang. untuk lebih jelasnya silahkan kalian lihat gambar berikut 

13 Cara Membuat Artikel Seo Friendly Agar Bisa Bersaing Di Mesin Pencari

D. Memanfaatkan LSI Keyword ( Latent Semantic Indexing Keyword )
Cara keempat ini juga merupakan cara yang cukup sederhana, dimana Latent Semantic Indexing Keyword ini akan muncul ketika kalian sedang mencari sesuatu di web google, maka secara otomatis google juga akan memberikan saran kata kunci di akhir laman. Contohnya jika kalian mencari kata kunci "cara mengganti template" maka diakhir laman kalian akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini, dan kata kunci inilah yang paling banyak dicari oleh para pengguna internet .

13 Cara Membuat Artikel Seo Friendly Agar Bisa Bersaing Di Mesin Pencari


2. Pembuatan Judul Artikel

Setelah kalian mendapatkan kata kunci, langkah selanjutnya silahkan kalian membuat judul artikel dengan cara memadukan hasil kata kunci dengan sedikit tambahan kata. Misalnya kalian mendapatkan kata kunci "cara mengganti template blog". Maka dalam pembuatan judul, kalian bisa membuatnya menjadi seperti ini "2 Cara Mengganti Template Blog Agar Visitor Naik" . 
Intinya dalam pembuatan judul postingan ini, usahakan kalian membuat judul tersebut semenarik mungkin, sehingga bisa menarik dan mendatangkan para pengunjung untuk membaca artikel kalian .


3. Tag H1 Harus Terpasang Pada Judul Postingan.

Bagaimana caranya gan, kan judul tidak bisa diganti jenis huruf atau besar kecilnya huruf ? Ya, memang dalam hal ini kalian tidak bisa merubah jenis huruf atau besar kecilnya huruf tersebut, karena pada dasarnya yang mempengaruhi hal ini adalah template yang kalian miliki. Jadi apakah template kalian sudah memenuhi persyaratan ini ? Jika belum segeralah kalian mengganti template menjadi template yang seo friendly dan responsive .

Baca Juga :


4. Pengaturan Tulisan Pada Sub Judul

Dalam membuat artikel seo friendly, kalian juga harus memperhatikan keberadaan sub judul. Perlu kalian ketahui juga bahwa sub judul ini merupakan elemen penting bagi kalian yang ingin membuat artikel seo friendly, karena sub judul ini dapat membantu search engine dalam melakukan pengindekan artikel kalian. Untuk Sub Judul biasanya menggunakan format "Subheading" dan untuk opsi anak judul biasanya menggunakan format "Minor Heading" Dibawah ini adalah contoh dari pembuatan sub judul dalam artikel .

13 Cara Membuat Artikel Seo Friendly Agar Bisa Bersaing Di Mesin Pencari



5. Penggunaan Gambar Dalam Artikel

Dalam opsi ini, banyak sekali yang mengatakan bahwa jika kita mengambil gambar di google akan kena hakcipta? Iya, itu memang benar karena gambar juga mempunyai hak cipta. Banyak yang menyarankan jika kita ingin menggunakan gambar yang free, kita bisa mendapatkannya secara gratis di Pixabay.

Namun setelah saya perdalam, mengambil gambar di google juga tidak akan menjadi masalah dan tidak akan kena hak cipta, dengan syarat seperti dibawah ini :

  • Gambar yang kalian ambil di google tersebut harus di edit terlebih dahulu
  • Jika kalian menguasai photoshop, corel draw atau sejenisnya kalian bisa menggunakan software tersebut untuk mengedit gambar, dan kalian bisa menggabungkan beberapa gambar yang berkaitan sehingga menjadi satu, salah satu contohnya adalah gambar paling atas yang saya buat
  • Kalau sempat, usahakan menggunakan watermark logo blog kalian (gambar sedikit transparan)
  • Save gambar tersebut dengan menggunakan huruf acak yang dicampur dengan simbol dan angka. contohnya GGtyT^%65$%D#%F.png .
  • Format gambar alangkah baiknya menggunakan format png .
  • Namun apabila kalian bisa membuat gambar sendiri, mungkin ini bisa menjadi opsi yang paling baik
Selain poin - poin diatas, gambar didalam artikel juga harus kalian kasih tag deskripsi atau keterangan, dengan cara klik gambar tersebut kemudian kaian pilih menu properties , dan pada properties itu silahkan kalian isi dengan judul yang kalian gunakan dalam artikel tersebut  sebagai contoh kalian bisa melihat gambar dibawah ini .

13 Cara Membuat Artikel Seo Friendly Agar Bisa Bersaing Di Mesin Pencari


6. Minimalisir Link Aktif Menuju Website Lain

Dicara ini kalian juga harus memperhitungkan dampak dari link yang kalian buat untuk menuju link website lain. Dalam konteks ini jangan sampai kalian memasukan link aktif menuju website lain lebih dari tiga link aktif, kalau hanya 1 sampe 2 link mungkin ini tidak jadi masalah.  Jika kalian ingin menunjukkan arah link atau sumber ke website tersebut, kalian cukup mencantumkan alamat link mati saja (non aktif) contohnya seperti ini http://www.komputerdia.com

Kenapa kok tidak boleh banyak mencantumkan link aktif, perlu kalian ketahui bahwa setiap isi dari web yang kalian tuju tentunya berbeda-beda, yang ditakutkan terjadi jika kalian mengaktifkan banyak link, web atau sistus yang kalian tuju tersebut mempunyai banyak masalah, contohnya website tersebut mengandung banyak spam, mengandung banyak konten yang melanggar TOS adsense dll, hal ini lah yang akan membuat citra website kita menjadi buruk dan yang lebih parahnya bisa hilang dari serp mbah google. 


7. Buat SEO Onpage

Seo onpage disini adalah kalian harus menyertakan link aktif atau link internal yang menuju ke artikel kalian yang lainnya (artikel terkait) biasanya identik dengan istilah " Baca Juga ". Fungsinya adalah untuk menaikkan page view blog kalian, dan jika kalian mencantumkan link terkait yang relevan dengan pembahasan artikelnya, sudah dipastikan para pengunjung akan merasa "betah" berada di website kalian, tentunya dengan konten-konten menarik yang kalian miliki.


Baca juga :


8. Setting URL menjadi Tautan Permanen Khusus

Langkah kedelapan adalah pembuatan URL, perlu kalian perhatikan biasanya para blogger pemula jika mereka sudah beres membuat artikel mereka biasanya hanya mengisi label nya saja tanpa memperhatikan URL. 

Kenapa harus URL Permanen Khusus ? Kalau kalian menggunakan Tautan Permanen Otomatis biasanya, jika judul artikel yang kalian buat cukup panjang, maka tautan permanen otomatis ini tidak bisa menyesuaikan dengan judul. Sementara itu untuk Tautan Permanen Khusus, pembuatan url bisa kita lakukan atau tulis secara manual, sehingga url dengan judul artikel bisa balanced (Seimbang) dan silahkan kalian klik tombol selesai , lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya .

13 Cara Membuat Artikel Seo Friendly Agar Bisa Bersaing Di Mesin Pencari


9. Buat Deskripsi Penelusuran

Didalam kolom deskripsi penelusuran, silahkan kalian masukan judul artikel kalian. Hal ini berfungsi agar mesin pencari dapat dengan mudah menemukan artikel yang kalian publish, sehingga ketika para pengunjung mencari kata kunci yang sama dengan artikel kalian, maka artikel kalian pun dapat meresponnya dengan baik. Lihat contoh gambar untuk lebih jelasnya.

13 Cara Membuat Artikel Seo Friendly Agar Bisa Bersaing Di Mesin Pencari


10. Banyaknya Suku Kata

Untuk banyaknya suku kata, usahakan kalian membuat jumlah suku kata lebih dari 300 kata atau paling minimal 500 kata. Nah, bagi kalian yang akan daftar akun adsense, usahakan jumlah suku kata mencapai 500 sampai dengan 700 kata. Memang agak susah, namun dengan demikian kalian juga bisa melakukan rewrite dengan mencari informasi yang sama di blog lain


11. Buat Artikel Unik dan Original

Sbelumnya saya telah menjelaskan bagaimana cara efektif membuat artikel yang unik dan original setiap hari tanpa harus bersusah payah. Dalam kasus ini saya lebih menyarankan menggunakan tools article spinner, dan silahkan kalian rubah kosakatanya sesuai dengan gaya bahasa masing-masing, atau bisa baca artikel ini .


12. Submit dan fetch Artikel

Ini yang selalu saya bilang menjadi jurus andalan, karena submit url dan fetching url akan sangat membantu artikel kita untuk bisa cepat terindeks mesin pencari (Search Engine)


13. Lakukan Seo Off Page

Teknik terakhir adalah dengan melakukan teknik optimasi seo off page, teknik bisa menyangkut banyak hal misalnya share artikel ke sosial media seperti facebook, twitter atau bahkan layanan google plus, bisa menyuruh kawan untuk membuka artikel yang kalian buat dsb


.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

7 Responses to "13 Cara Membuat Artikel Seo Friendly Agar Bisa Bersaing Di Mesin Pencari"

  1. mantab nih penjelasannya, ane bookmark sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya silahkan mas, terima kasih sudah berkunjung
      semoga artikelnya bermanfaat

      Delete
  2. Replies
    1. Terima kasih mas, semoga bermanfaat

      Delete
  3. Artikel yg bagus..patut dicoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mas, semoga bermanfaat dan bisa membantu :)
      terima kasih juga atas kunjungannya

      Delete