5 Antivirus Terbaik Buatan Anak Bangsa (Indonesia)

komputerdia.com - Antivirus merupakan salah satu perangkat lunak yang berfungsi sebagai media untuk mencegah dan menghilangkan infeksi virus pada perangkat teknologi seperti komputer dan ponsel. Saat ini telah banyak sekali jenis antivirus yang bisa kalian pakai diperangkat teknologi kalian, baik secara gratis maupun berbayar.

Di indonesia sendiri penggunaan antivirus ini merupakan salah satu alternatif pencehagan infeksi virus terbaik yang sangat direkomendasikan, namun diantara banyaknya para pengguna perangkat teknologi terutama perangkat komputer di negara kita banyak yang tidak tahu keberadaan antivirus lokal asli buatan negeri sendiri.

Memang jika melihat kemampuan serta fitur yang diberikannya bisa dikatakan sangat jauh berbeda dengan antivirus yang sudah mendunia seperti kaspersky, eset, avira, norton dll, tetapi setidaknya indonesia sendiri pun sudah ikut berpartisipasi untuk melakukan pengamanan didunia teknologi khususnya dunia komputer.

Baca Juga :

5 Antivirus Terbaik Buatan Indonesia

Dibawah ini adalah beberapa daftar antivirus terbaik buatan indonesia yang bisa kalian gunakan secara gratis, mungkin diantara kalian ada yang "kecanduan" memakai aplikasi antivirus smadav. Antivirus ini juga menajdi salah satu antivirus terbaik tersebut.

5 Antivirus Terbaik Buatan Indonesia


1. Smadav Antivirus


5 Antivirus Terbaik Buatan Indonesia

Antivirus lokal yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian, nama smadav memang sudah cukup lama berkiprah didunia komputer. Pada awalnya antivirus smadav ini memang direkomendasikan untuk memprotect perangkat penyimpanan eksternal seperti Flashdisk agar kebal dari serangan virus. 

Namun untuk saat ini, smadav telah melebarkan sayapnya dengan mengadopsi fitur-fitur pro lainnya yang bisa menjaga dan memberi sistem kekebalan yang cuckup handal terhadap sistem komputer. Bahkan ditahun 2017, smadav telah berhasil menciptakan tools atau fitur untuk mencegah dan menghilangkan infeksi virus ransomware wanna cry.



2. Ansav Antivirus


5 Antivirus Terbaik Buatan Indonesia

Jika kalian sempat berfikir bahwa antivirus buatan indonesia hanyalah smadav, berarti dugaan kalian salah. Ada salah satu antivirus buatan indonesia lainnya yang diklaim mempunyai akselerasi atau kecepatan dalam memproses aplikasi yang lebih baik dari smadav, yakni ansav. 

Baca Juga :

Namun sayang sekali, keberadaan ansav ini tidak bisa sepopuler smadav. Ansav hanya mampu berdiri sampai tahun 2012 silam, ini terbukti dengan antivirus ansav yang masih tahap beta. Namun meskipun demikian, ansav ini juga pernah ikut meramaikan jagat teknologi di indonesia.


3. PC Media Antivirus (PCMAP)


5 Antivirus Terbaik Buatan Indonesia

Untuk antivirus lokal yang satu ini, keberadaannya sampai saat ini masih bisa kita lihat meskipun update terakhir dilakukan ditahun 2015 yang lalu. Namun tidak bisa dipungkiri, aplikasi antivirus ini juga ternyata masih banyak yang menggunakannya hingga saat ini.


4. Artav Antivirus


5 Antivirus Terbaik Buatan Indonesia

Antivirus ini dahulu sempat sangat terkenal di Indonesia, tepatnya pada tahun 2013 silam. Pasalnya, pembuatnya adalah seorang siswa SMP, namun keberadaan antivirus yang satu ini nyatanya memang kurang mendapatkan dukungan yang begitu baik, dan akhirnya antivirus ini tidak bisa bertahan lama berada didunia teknologi lokal.


5. Lima Antivirus


5 Antivirus Terbaik Buatan Indonesia

Diurutan terakhir ada antivirus lokal yang diberi nama lima, Kenapa diberi nama lima? Antivirus ini diberikan nama Lima, mengingat pembuat aplikasi antivirus ini adalah siwa dari SMAN 5 Bandung. keberadaannya pun saat ini masih bisa dibilang cukup bersaing dengan smadav.

Namun banyak yang berpendapat bahwa aplikasi lima ini, merupakan clone dari smadav. Hal ini terlihat dari interfacenya yang sangat mirip dengan smadav antivirus.

But, apapun yang menjadi tanggapan masyarakat luas, kita harusnya bangga dan harus bisa mengaspresiasikan kemampuan anak bangsa ini. Jika hal ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah, bukan hal yang tidak mungkin jika indonesia pun bisa bersaing di kanca internasional.


.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

1 Response to "5 Antivirus Terbaik Buatan Anak Bangsa (Indonesia)"

  1. Kerennya anak bangsa sdh bisa bersaing didunia komputer dgn menciptakan antivirus dan saya salah satu pengguna smadav anti virus.

    ReplyDelete