5 Faktor Penyebab Artikel Hilang Dari Search Engine Google

komputerdia.com - Artikel merupakan salah satu faktor penting yang menentukan baik atau tidaknya penilaian sebuah situs (blog) di mata mesin pencari / search engine. Banyak para pelaku bisnis online terutama seorang blogger yang mengejar suatu cara bagaimana caranya agar postingan yang mereka publikasikan bisa bertengger di halaman pencarian.

Namun apakah kalian pernah menyadari, kenapa postingan blog kalian tidak muncul bahkan hilang dari serp google ? Ada beberapa faktor dibalik semua masalah tersebut, mungkin salah satu dari faktor dibawah bisa menjadi penghalang artikel kalian tidak bisa atau hilang dari search engine google.

Baca Juga :
5 Faktor Penyebab Artikel Hilang Dari Search Engine Google

Faktor Penyebab Hilangnya Artikel Dari Pencarian Google


1. Blog (situs) Mengandung Virus

Masalah pertama bisa disebabkan karena didalam struktur blog kalian mengandung sebuah virus, baik didalam coding atau bahkan didalam artikel yang kalian muat. Google merupakan salah satu mesin pencari terpopuler di dunia, teknologi yang di integrasikannya pun sudah sangat memungkinkan untuk mendeteksi virus atau semacamnya yang ada di dalam satu situs (blog), bila masalah ini ditemukan, maka sudah dipastikan situs (blog) itu akan mendapatkan reputasi yang kurang bagus, sehingga mengakibatkan situs (blog) yang memiliki kandungan virus tersebut akan hilang dari hasil pencarian google. 


Virus suatu situs (blog) atau semacamnya dapat masuk ke situs (blog) dikarenakan aktivitas kalian yang kurang hati-hati, misalnya, menempatkan widget tertentu yang telah disisipkan kode virus, atau mengganti kode template yang sudah terinfeksi virus, atau bahkan juga kalian sering menautkan sebuah link didalam artikel yang kalian buat, dimana kalian tidak mengetahui bahwa link tersebut mengarah ke suatu halaman yang berisi sebuah virus.


2. Umur Blog Masih baru

Bila apa yang kalian alami adalah situs (blog) kalian tidak muncul di pencarian google, hal ini bisa juga diakibatkan karena umur blog kalian masih terbilang baru. Masalah ini akan terselesaikan dengan seiringnya waktu dengan catatan kalian selalu melakukan update secara berkala dan selalu mencoba memperkenalkan situs kalian dengan cara melakukan promosi, serta mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh google tentang bagaimana cara memperkenalkan situs baru. Hal yang bisa kalian lakukan adalah sebagai berikut :
  1. Mendaftarkan blog kalian ke webmaster
  2. Membuat peta situs di webmaster
  3. Memasukan meta tag webmaster ke blog
  4. Submit url artikel yang kalian buat
  5. Mendaftarkan blog kalian di google analytic
  6. Merawat kesehatan blog 

Bca Juga :

Mengingat umur blog kalian masih baru, dalam tahap ini mesin pencarian google pun masih melakukan proses peng-indexan pada situs kalian, lamanya waktu pengindexan sendiri memang tidak dapat dijawab secara pasti berapa lamanya waktu yang dibutuhkan, karena dalam hal ini waktu yang biasanya dibutuhkan mesin pencari sangat bervariatif. Ada yang hitungan minggu bakan ada juga yang mencapai hitungan bulan, hal ini juga diukur dari bagaimana cara kalian mengelola blog tersebut, seperti apa yang telah saya sampaikan pada bagian atas. 


3. Blog Kena Penalty Google

Penyebab lainnya yang menyebabkan blog kalian tidak muncul di pencarian google adalah kemungkinan besar blog kallian kena penalty google. Umumnya hukuman penalty ini akan diberikan kepada para blogger yang mempunyai aktivitas yang sangat buruk dalam mengelola blognya dan sudah pasti telah melakukan pelanggaran dan tidak mematuhi terhadap apa yang telah menjadi kebijakan google. Hal bisa menyebabkan blog kalian terkena penalty adalah

Aktivitas yang kalian lakukan untuk menaikan peringkat di mesin pencarian dianggap spam oleh google, seperti dalam membuat backlink yang tidak beraturan, membuat komentar yang berlebihan pada suatu halaman dengan menyertakan link aktif hal ini akan mengakibatkan blog kalian akan mendapatkan google sandbox sehingga artikel kalian hilang dari mesin pencari

Baca Juga :

Melakukan kecurangan - kecurangan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas blog sehingga bisa bertengger di pencarian pertama google.

Terlalu banyak memasukan kata kunci (keyword) pada suatu artikel, dalam hal ini kalian bisa memasukan beberapa kata kunci (keyword) pada bagian - bagian tertentu saja. Sperti pada bagian pembuka, pertengahan artikel dan di akhir artikel.


4. Keasalah Membuat atau Membidik Kata Kunci

Dalam hal ini kalian harus lebih selektif dalam memilih kata kunci / keyword, jika kalian menginginkan artikel kalian selalu masuk dalam halaman pencarian, usahakan kalian membidik kata kunci jangka panjang seperti pembahasan android, komputer, pendidikan yang didalamnya mencakup materi dasar, dan tutorial.

Jika kalian membidik kata kunci musiman , jangan harap artikel kalian bisa berada di mesin pencari google dalam waktu panjang karena artikel yang kalian buat hanya bersifat sementara saja. Kata kunci musiman tersebut contohnya seperti batu akik, atau trend fashion, jika kalian membidik kata kunci musiman, lebih baik kalian membuat blog portal berita saja. Karena pada blog portal berita tidak terlalu memikirkan kata kunci, namun yang terpenting kalian harus menguasai bagaimana caranya melakukan pemasaran yang baik dan tepat.


5. Blog Kalian Kalah Saing

Poin no 5 ini tentunya menjadi kendala yang sangat lumrah di dunia blogging, ketatnya persaingan suatu blog yang mempunyai pembahasan yang sama, tentunya juga akan mempengaruhi posisi artikel kalian. 

Dalam hal persaingan banyak sekali faktor yang menentukan diantaranya adalah, kualitas artikel, umur blog, serta banyanknya visitor yang bisa kalian undang untuk membaca blog kalian. Jika semua aspek tersebut belum kalian miliki dalam blog tersebut, maka jangan harap kalian akan memenangkan persaingan tersebut.


.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment