5 Kualitas Backlink Terbaik Didunia Blogging Saat ini

komputerdia.com - Backlink merupakan salah satu dari bagian teknik seo Off-Page yang dipercaya mempunyai peranan yang sangat penting hingga saat ini dan sudah cukup terbukti bisa mendongkrak "stamina" blog (situs). Teknik yang digunakan backlink sendiri adalah berupa penerapan link/url aktif yang diterapkan di situs (blog) pihak lain, dimana jika link tersebut diklik maka secara otomatis link tersebut akan merespon dan men-durect ke blog (situs) yang kita miliki.

Teknik ini bisa disebut teknik yang cukup gampang untuk dilakukan, namun hingga saat ini masih banyak para blogger yang salah kaprah dengan teknik seo off-page satu ini. Dengan melakukan Blog Walking yang dilakukan secara berkala, mereka juga dengan "ambisi" yang besar selalu menyimpan jejak tanpa melihat situs yang dikunjunginya.

Dibawah ini adalah beberapa poin penting yang perlu kalian perhatikan untuk bisa melakukan dan menciptakan backlink yang mempunyai kualitas, sehingga dampak yang ditimbulkan pun merupakan dampak yang positif bukan dampak yang negatif .

Baca Juga :

5 Kualitas Backlink Terbaik Didunia Blogging Saat ini

5 Backlink Berkualitas Baik 


1. Bangun Backlink Dari Blog Dengan DA/PA Tinggi 


Langkah pertama yang bisa kalian lakukan untuk membuat backlink yang berkualitas adalah dengan cara melakukan blogwalking ke situs yang mempunyai konten artikel dengan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) tinggi. Untuk saat ini fungsi DA/PA ini sudah banyak digunakan untuk untuk mengukur nilai atau reputasi sebuah konten artikel di search engine (mesin pencari).

Perlu kalian garis bawahi, jika sebuah bloh (situs) mempunyai nilai DA/PA yang tinggi, sudah bisa dipastikan bahwa blog (situs) tersebut mempunyai kualitas yang baik dimata mesin pencari (search engine). Untuk lebih bisa memahaminya kalian bisa membaca poin penting dibawah ini
  • Domain Authority (DA) atau biasa dikenal juga dengan istilah otoritas domain yang bisa diartikan sebagai ukuran kekuatan sebuah nama domain di mata mesin pencari (search engine).
    DA sendiri mempunyai mempunyai 3 kriteria khusus, diantaranya adalah Umur Domain, Popularitas Domain, dan Ukuran Suatu Domain .
  • Page Authority (PA) atau biasa dikenal dengan otoritas halaman yang bisa diartikan sebagai salah satu teknik untuk mengetahui popularitas halaman tertentu dari blog (situs) yang ditemukan di mesin pencari .
  • Cara cek DA/PA suatu blog atau konten artikel, kalian bisa mengunjungi situs Page Authority Checker , dan silahlan kalian masukan url yang kalian tuju, tunggu hingga proses selesai hingga checker tersebut menunjukan nilai url yang kalian tuju .

2. Contextual Backlink

Dalam membangun sebuah backlink memang banyak cara yang bisa kalian lakukan, seperti melakukan blog walking, menyimpan backlink di area sidebar, footer atau bahkan didalam sebuah artikel sekalipun. 

Namun perlu kalian ketahui bahwa peletakan backlink yang mempunyai kualitas terbaik adalah backlink yang disimpan atau dipasang di dalam sebuah artikel. Backlink seperti inilah yang bisa dikatan sebagai backlink contextual link yang mempunyai nilai relevansi yang cukup tinggi.

Selain dengan menggunakan media artikel, beberapa cara dibawah ini bisa kalian lakukan untuk membangun backlink dengan konsep contextual link :
  • Menjadi Guest Blogging
    Guest Blogging merupakan salah satu cara yang bisa disebut jalinan kerja sama dengan blog (situs) lain yang mempunyai niche atau pembahasan yang sama dengan blog yang kalian miliki, untuk bisa menerbitkan artikel di situs mereka yang mana didalam artikel tersebut sudah ditanamkan link khusus yang menuju ke blog (situs) milik kita, dalam hal ini kalian bisa memanfaatkan situs viva log, situs liputan6 atau yang lainnya .
  • Menggunakan Privat Blog Network
    Dalam cara ini kalian bisa membangun banyak blog dengan niche atau pembahasan yang sama dan selalu memperhatikan kualitas dari blog tersebut. Didalam pembuatan artikelnya tersebut, kalian harus selalu menempatkan sebuah backlink yang menuju ke situs utama kalia. Cara ini memang cara yang cukup rumit dan memakan banyak waktu, namun ketika kalian berhasil melakukan teknik ini, blog utama kalian pun akan mendapatan reputasi yang baik .
  • Membuat Artikel Berkualitas dan Bernilai Tinggi
    Teknik ketiga ini merupakan teknik yang paling banyak digunakan oleh para blogger, pasalnya dengan kalian membuat artikel yang berkualitas, sudah bisa dipastikan akan ada banyak blogger lain yang akan menautkan backlink ke artikel kalian tersebut.

Baca Juga :

3. One Way Backlink (Backlink Satu Arah)

Dahulu ada teknik yang dikenal dengan teknik tukar link dengan blogger lain, namun saat ini teknik tersebut sudah jarang digunakan oleh para blogger. Saat ini One Way Backlink lah yang sering ditemukan di dunia blogging, syarat yang harus kalian penuhi untuk bisa mendapatkan one way backlink ini adalah kalian harus bisa membuat suatu konten yang unik, berkualitas dan memberi nilai lebih kepada para pengunjung, sehingga nantinya akan banyak para blogger lain yang menyimpan backlink ke artikel kalian tanpa kalian harus menyimpan balik link mereka


4. Backlink Dofollow

Terdapat dua (2) jenis backlink yang masih dikenal hingga saat ini yakni jenis backlink Dofollow dan Nofollow. Backlink dofollow merupakan suatu backlink yang akan dihitung oleh google sebagai sebuah vote , yang memberikan nilai dukungan untuk halaman yang dirujuknya sedangkan backlink nofollow adalah kebalikan dari backlink dofollow.


Namun demikian, meskipun backlink dofollow merupakan salah satu dari backlink yang mempunyai kualitas lebih, pada prakteknya back link type ini juga membutuhkan dukungan dari back link nofollow, meskipun nofollow tidak memberi nilai apa pun untuk halaman yang dirujuknya, back link type ini masih tetap dibutuhkan supaya back link gtersebut dipandang alami (natural).


5. Backlink Dari Aged Domain ( Domain Yang Berumur)

Backlink yang mempunyai kualitas lainnya adalah backlink dari blog (situs) yang mempunyai umur domain yang sudah lama (aged domain) minimal sudah mempunyai umur diatas satu tahun. 

Kenapa harus domain aged? karena pada dasarnya domain yang sudah berumur ini umumnya indexs dari  mesin pencari akan lebih cepat serta mempunyai nilai DA dan PA yang sudah cukup tinggi. Dalam menanggapi hal ini, sudah banyak para master blog cenderung lebih memilih domain aged untuk mereka beli karena alasan-alasan diatas.

Back link dari situs (blog) dengan domain yang telah berusia akan mempunyai kualitas yang lebih baik bila dibanding dari situs (blog) yang sedang berkembang, karena hitungannya masih tetap baru dan indexnya pun masih belum pasti (tidak stabil).

.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

3 Responses to "5 Kualitas Backlink Terbaik Didunia Blogging Saat ini"

  1. Mantap gan artikelnya
    di kunjungan baliknya :)
    Informationsahara.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Packers and movers in hyderabad@
    http://www.transmoving.in/packers-movers-hyderabad.html
    Packers and movers in pune@
    http://www.transmoving.in/packers-movers-pune.html
    Packers and movers in chandigarh@
    http://www.transmoving.in/packers-movers-chandigarh.html
    Packers and movers in kolkata@
    http://www.transmoving.in/packers-movers-kolkata.html

    ReplyDelete
  3. https://apkmopo.com
    https://apk-mirror.co
    https://canondriverscenter.com
    https://driver-canon.net
    https://el-file.com

    ReplyDelete