6 Jenis Malware Yang Sangat Berbahaya Didunia

komputerdia.com - Malware merupakan salah satu jenis serangan sistem perangkat teknologi yang bisa digolongkan juga kedalam jenis virus yang sangat berbahaya. Cara kerja dari malware ini biasanya akan mencuri informasi-informasi pentingdari korbannya serta yang lebih parahnya lagi malware ini dapat mem-bypass secara langsung perangkat teknologi korbannya sehingga mereka tidak bisa melakukan akses terhadap perangkatnya, dan perangkat teknologi yang paling banyak diserang malware adalah perangkat komputer.

Diantara banyaknya jenis malware, berikut ini saya telah merangkum 6 jenis malware yang sangat berbahaya didunia, yang terbukti dapat melumpuhkan sistem jaringan komputer secara global. Akhir-akhir ini malware yang terkenal berbahaya adalah malware ransomware.

Baca Juga :

6 Jenis Malware Yang Sangat Berbahaya Didunia

6 Malware Yang Sangat Berbahaya


1. Ransomware


6 Jenis Malware Yang Sangat Berbahaya Didunia

Tahun 2017 menjadi sejarah yang cukup kelam untuk dunia perteknologian global, pasalnya ditahun ini telah kembali lahir virus malware yang snagat berbahaya, malware ini dikenal dengan itilah ransomware. Cara kerja dari malware ini pada awalnya hanya mengunci akses file-file penting dari para korbannya, sehingga bagi para korbannya yang ingin kembali bisa mengakses file tersebut, mereka terlebih dahulu harus membayar tebusan kepada para pelaku.

Setelah beredar kabar malware ini dapat diatasi, tak lama kemudian mlaware ini datang kembali dengan jenis yang berbeda, dimana kali ini ransomware bukan hanya dapat mengunci file namun saat ini sudah bisa mengunci akses ke sistem komputer dan hardware, sehingga ketika para korbannya akan mengakses tersebut maka secara otomatis disaat booting akan diarahkan ke program yang mereka sebut dengan Petya Ransomware


2. Sality


6 Jenis Malware Yang Sangat Berbahaya Didunia

Malware yang satu ini sudah cukup lama dikenal di sistem komputer, sality ini merupakan salah satu malware yang bisa meng-clone semua jenis file yang berada di komputer bahkan bisa memanipulasi sistem komputer secara masalah. 

Seccara jelasnya sality ini dapat menduplikat file asli dan bisa menyembunyikan (hidden) file asli sehingga yang muncul pada sisten komputer hanyalah file samaran yang mana jika kita klik secara otomatis virus ini akan menyebar secara masal.


3. Kelihos


6 Jenis Malware Yang Sangat Berbahaya Didunia

Jenis malware ini, merupakan salah satu jenis serangan dari teknik botnet dan terkadang dikenal dengan nama Hlux. Target virus ini adalah melakukan spam dan mencuri BitCoin, yang paling berbahayanya adalah pencurian BitCoin. Harga BitCoin sendiri saat ini sudah sangat mahal dan sudah meroket ke Rp 25 juta lebih. 

Baca Juga :


4. Necurs


6 Jenis Malware Yang Sangat Berbahaya Didunia

Necurs atau dapat juga disebut dengan istilah Locky, perlu kalian ketahui bahwa malware yang satu ini bisa dikatakan hampir mirip dengan wannacry serta Crypto locker. Dalam sistem kerjanyan malware ini juga akan mengenkripsi atau menyembunyikan data-data yang kalian miliki pada perangkat komputer tersebut, lantas para pelaku akan meminta tebusan sejumlah BitCoin. Virus ini terkenal sejak tahun 2016 lalu, dan sudah terbukti bisa mematikan sistem komputer sebanyak 500 ribu dihampir seluruh dunia.


5. ZeroAccess


6 Jenis Malware Yang Sangat Berbahaya Didunia

Malware berbaha ini bisa dikenal juga dengan istilah trojan, sudah kita ketahui semua bagaimana reaksi sistem komputer jika sudah terkena malware ini. Virus ini menyembunyikan dirinya di dalam komputer kamu dengan teknik rootkit, lalu ia akan mendownload virus lainnya. Hal ini menyebabkan komputer kamu bisa terjangkit banyak virus, berbagai macam. Tentunya kinerja komputer menjadi lambat dan membuat sistem operasi rusak.


6. Mirai


6 Jenis Malware Yang Sangat Berbahaya Didunia

Malware mirai merupakan jenis botnet yang menyerang Internet of Things (IoT). Virus ini sudah terbukti dapat mengubah perangkat IoT menjadi pasukan botnet, setelah melakukan teknik zombie pada perangkat komputer lain yang dijadikannya  botnet, malware ini secara otomatis akan melancarkan serangan DDoS. Bahkan virus ini merupakan pelaku penyerangan DDoS terbesar di dunia.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment