7 Strategi Jitu Untuk Meledakkan Penjualan Bisnis Online

komputerdia.com - Penjualan atau sales yaitu hal yang paling penting untuk bisa memperoleh perhatian dari setiap pelaku bisnis. Dari penjualan tersebutlah satu usaha dapat memperoleh revenue, dan dari revenue inilah kelak satu perusahaan dapat memperoleh keuntungan. 

Kemudian apa yang dimaksud dengan revenue, Pengertian Revenue (Pendapatan) adalah pernyataan yang berhubungan dengan sebuah materi baik uang atau keuangan dari keseluruhan hasil usaha pokok produk atau jasa-jasa yang dilakukan oleh perusahaan dalam suatu periode.

Selanjutnya, bagaimana langkahnya agar penjualan usaha kaliandapat meledak dalam jalur bisnis online ? Selain aktif beriklan di social media, Google, atau marketplace, nyatanya banyak langkah lain yang dapat kalianpakai untuk mendongkrak performa usaha online kalian serta bisa meningkatkan angka penjualan. Dalam artikel kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa poin penting yang bisa kalian lakukan untuk mendongkrak usaha bisnis online yang kalian miliki .

Baca Juga :

7 Strategi Jitu Untuk Meledakkan Penjualan Bisnis Online

7 Strategi Jitu Usaha Bisnis Online


1. Mencari Peluang Tanpa Batas.


Dalam teknik menjual, terdapat beberapa jenis serta cara promosi yang dapat kalianaplikasikan untuk menarik ketertarikan customer. Mengingat sekarang ini banyak orang berlomba membuka usaha, tidak dapat disangkal jika persaingan akan menjadi  ketat serta sengit. 

Padahal diluar sana masih banyak kesempatan serta beberapa jenis promosi dalam jumlah  terbatas yang dapat kalian aplikasikan untuk usaha kalian tersebut. Diperlukan tehnik promosi menarik yang inovatif untuk memenangi persaingan. Karena itu janganlah segan untuk lakukan brain storming teknik marketing apa sajakah yang dapat kaliangunakan, mungkin sedikitnya ini yang disebut dengan mencari peluang tanpa batas atau Seeking Unlimited Opportunity.


2. Jemput dan Sambut Pelanggan

Di dalam dunia perbisnisan indonesia, mungkin kalian sering mendengar istilah “menjemput bola”. Dimana disini bola dianalogikan sebagai customer dan kita sebagai pelaku bisnis sebaiknya haruslah aktif untuk menjempeut customer tersebut . 

Didunia digital marketing seperti saat ini, sistem mendatangi customer satu per satu dipandang sangatlah boros waktu, cost, serta tenaga. Dengan hadirnya aplikasi chat seperti Whatsapp, BBM, atau Line, bahkan juga facebook pelaku bisnis lebih memilih untuk menegur customer mereka melalui pesan broadcast. 

Baca Juga :

Hal semacam ini sangatlah diperbolehkan, dan jika kita lakukan pengukuran hal ini akanmenjadi keharusan untuk seller agar customer kalian “aware” dengan toko/usaha kalian. Namun ada baiknya sesekali kerjakan langkah lama yakni mendatangi customer dengan langsung serta merajut komunikasi tatap muka dengan mereka. 

Bila customer kalianberjumlah ribuan, kaliandapat membuat satu acara pertemuan gratis dengan topik menarik yang dapat kalianpakai untuk menegur customer kalian, agar mereka merasa diperlakukan secara spesial sehingga bisa menarik minat yang labih dari mereka.


3. Segmentasi Pelanggan

Dalam zona ini, kalian  bertugas untuk membagi pasar kalian menjadi segemen-segmen tertentu sesuai dengan minat dan daya beli dari pelanggan. Setelah itu kalian dapat membuat varian product baru yang sesuai dengan daya beli masing -masing segmentasi pasar kalian, yang sebelumnya sudah kalian lakukan sebuah riset atau penelitian terhadap minat dan daya beli (kesanggupan) pelanggan.


4. Membuka Area Coverage

Dalam poin ini, kalian diharuskan untuk melaksanakan ekspansi usaha untuk mencapai customer serta penjualan semakin banyak lagi. Ekspansi ini bisa berbentuk menambahkan product jenis baru dengan segmentasi pasar berbeda atau memperluas ruang pemasaran baru (dalam hal ini bisa dikatakan membuka cabang). 

Umpamanya sekarang ini kalian berjualan pakaian, disini kaliandapat menambah penjualan barang lainnya seperti accessories untuk memperluas jangkauan pasar kalian. Bila saat ini kaliancuma pasarkan product kaliandi lokasi Jawa, sudah waktunya kalian ekspansi ke luar lokasi Jawa, dan sebagainya.


5. Ambil atau Rekrut Pelanggan Baru

Bila kalianmenginginkan perolehan sales serta keuntungan lebih banyak, dalam hal ini kalian harus bisa merekrut customer baru, baik dengan ekspansi product, ekspansi lokasi, ataupun membuat promo yang lebih inovatif untuk  bisa menarik beberapa orang yang belum sempat membeli produk kalian.


6. Meningkatkan Kapasitas Pelanggan

Pelanggan yang sudah menjadi mitra kallian saat ini bisa digolongkan jadi dua type, yakni pelanggan yang setia serta pelanggan yang belum setia. Pelanggan yang setia sudah pastinya akan membeli product kalian, ketika  ada varian baru yang kalian keluarkan. Namun untuk konsumen yang belum setia, dibutuhkan pendekatan lebih dalam supaya mereka jadi pelanggan yang setia. 

Baca Juga :

Banyak cara yang dapat kalianpakai untuk mengubah customer yang belum setia menjadi setia. Umpamanya dengan memberi promo potongan harga, memudahkan pembayaran, menambah cara pembayaran, atau mempermudah angsuran yang kallian usung.


7. Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Tim

Membangun kemampuan tim penjualan juga menjadi formula yang bisa dikatakan sangat penting dalam meningkatkan penjualan bisnis kalian. Tidak mungkin selamanya kalianlakukan sistem penjualan seorang diri. Ada eranya dimana kalian harus dibantu oleh tim agar dapat lakukan pekerjaan yang lebih banyak, hingga kaliandapat peroleh lebih banyak sales. 

Jikalau sekarang ini kaliantelah mempunyai tim penjualan, awasi serta bangun selalu kekuatan mereka. Bila kekuatan tim kurang baik, pastinya juga akan susah untuk memperoleh lebih banyak penjualan, disinilah tugas kalian yang sesungguhnya sebagai seorang pemimpin usaha.
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment