Cara Alternatif Menambah Kapasitas RAM Dengan Flashdisk

komputerdia.com - RAM (Random Access Memory) merupakan perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi sebagai tempat penyimpnana sementara pada perangkat komputer sebelum data tersebut disimpan secara permanen di dalam perangkat harddisk. RAM juga merupakan perangkat keras yang sangat berpengaruh untuk akselerasi sebuah komputer selain pengaruh dari processor.

Jika kalian mempunyai kapasitas RAM yang minim, tentunya kinerja komputer kalianpun akan terasa sangat berat untuk bisa memproses berbagai perangkat lunak yang terpasang di perangkat komputer kalian (lemot). 

Untuk mengatasi masalah tersebut, selain dengan memasang RAM dengn kapasitas yang besar, kalian juga dapat memanfaatkan flashdisk yang kalian miliki. Dalam artikel kali ini saya akan mencoba membahas tentang bagaimana cara menambah kapasitas RAM dengan flashdisk.

Baca Juga :

Cara Alternatif Menambah Kapasitas RAM Dengan Flashdisk

Menambah Kapasitas RAM Dengan Flashdisk


Dalam metode ini bukan berarti kapasitas yang dibuat dari flashdisk bisa di inject kedalam sistem RAM-nya, namun lebih ke virtual memori yang fungsi sebagai penopang atau pembantu kinerja RAM kalian agar proses kinerja bisa lebih enteng, sehingga akselerasi komputer kalian pun bisa lebih maksimal.

Baca Juga :


Langkah - Langkah Pembuatan

  • Siapkan satu buah flashdisk dengan minimal kapasitas 2 GB, lebih besar lebig bagus
  • Tancapkan flashdisk kalian ke komputer
  • Selanjutnya silahkan kalian buka windows explorer, kemudian silahkan kalian klik kanan pada menu my computer dan pilih menu properties .
Cara Alternatif Menambah Kapasitas RAM Dengan Flashdisk
  • Selanjutnya kalian akan dihadapkan dengan tampilan seperti dibawah ini, dan kalian pilih menu Advance System Settings .
Cara Alternatif Menambah Kapasitas RAM Dengan Flashdisk
  • Langkah seterusnya, silahkan kalian pilih tab Advanced Setting advanced change , keterangan lebih lanjut, silahkan kalian lihat gambar dibawah ini :
Cara Alternatif Menambah Kapasitas RAM Dengan Flashdisk
  • Jika sudah masuk pada bagian pengaturan Virtual Memory, silhakan kalian uncheck pilihan yang berada di bagian paling atas. Setelah itu, pastikan flashdisk kalian sudah terbaca dengan melihatnya pada tabel daftar drive
  • Perlu kalian ketahui pastikan ukuran RAM yang kalian masukkan tersebut tidak melebihi ukuran kapasitas kosongnya dari flashdisk kalian. Contoh, jika flashdisk kalian ukurannya 2 GB dan free space-nya hanya 1,7 GB, maka kalian hanya bisa memasukkan sebesar 1,5 GB sebagain Virtual RAM,
  • Setelah kalian sudah melakukan pengaturan tersebut, selanjutnya silahkan kalian tean tombol  set → OK dan restart komputer kalian, untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini :
Cara Alternatif Menambah Kapasitas RAM Dengan Flashdisk
  • Langkah selanjutnya silahkan kalian operasikan aplikasi yang kalian miliki, kemudian cek pada bagian task manager
  • Selesai, semoga bermanfaat untuk kalian semuanya


.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment