Cara Mengatasi Error WMI Service Pada Operating System Windows

komputerdia.com - WMI atau Window Management Instrumentation merupakan tehnologi yang dikembangkan oleh Microsoft yang memungkinkan kalianuntuk melaksanakan beberapa pekerjaan management Windows dengan metode scripting (programatikal) dari mulai proses query untuk memperoleh data atau informasi pada suatu system komputer , baik secara lokal maupun dengan jaringan yang berbda sampai dengan otomatisasi suatu proses pada system windows tersebut. 

Perlu kalian ketahui bahwa microsoft telah menyertakan WMI pada versi Windows Me, Windows 2000, Windows XP, Windows 2003, Windows Vista, Windows 7, serta Windows 8. Untuk Windows 98 serta Windows NT 4. 0 tersedia juga instalasi WMI yang bisa kalin download di website remi microsoft .

Baca Juga :
Cara Mengatasi Error WMI Service Pada Operating System Windows

Mengatasi Error WMI Service Windows

Jika kalian menemukan kerusakan pada sistem windows seperti adanya aplikasi atau script yang harusnya bisa berjalan dengan baik pada sistem windows, namun mendadak hal tersebut tidak bisa kalian lakukan seperti biasanya. Masalah tersebut bisa saja terjadi karena rusaknya salah satu file di WMI Repository. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian bisa mengikuti langkah - langkah dibawah ini :  
  • Pertama silahkan kalian masuk ke Command Prompt atau CMD dengan cara menekan tombol windos + R kemudian ketikan perintah cmd, dan tekan tombol enter .
  • Jika kalian sudah masuk di mode cmd, selanjutnya ketikan perintah net stop winmgmt dan tekan enter .
  • Langkah selanjutnya kalian harus mencari informasi error tersebut pada folder  %systemroot%\system32\wbem, data tersebut biasanya terdapat di   C:\Windows\system32\wbem , kemudian hapus folder  folder Repository .
  • Setelah itu kalian kembali lagi ke cmd, dan ketikan perintah net start winmgmt .
  • dan silahkan keluarkan konsol cmd kalian

Baca Juga :

Langkah Registrasi Ulang WMI 

Biasanya file .DLL dan .EXE akan  berada  di folder WMI dengan nama folder windir%\system32\wbem. Untuk langkah pemasangan ulang WMI, kalian harus meregistrasi ulang file-file tersebut. Jika kalian menggunakan sistem 64-bit, kalian juga harus cek file-file .DLLs dan .EXE di %windir%\sysWOW64\wbem. Dan berikut ini adalah cara registrasi ulangnya :
  • Pertama silahkan kalian masuk kembali ke command prompt, untuk langkahnya bisa kalian ikuti cara diatas
  • Setelah konsol cmd terbuka, langakh selanjutnya silahkan kalian ketikan perintah - perintah dibawah ini :

cd /d %windir%\system32\wbem

for %i in (*.dll) do RegSvr32 -s %i

for %i in (*.exe) do %i /RegServer
  • Jika sudah selesai, silahkan kalian restart komputer kalian dan tunggu hingga komputer kalian nyala kembali
  • selesai, semoga bermanfaat untuk kalian semuanya
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment