Cara Menghapus dan Mengatasi Spam Malware Video Wanita Mabuk Di Facebook

komputerdia.com - Kasus penyebaran spam malware sebuah video di facebook yang memperlihatkan gambar seorang wanita tampil setengah bugil atau bahkan seksi dengan seorang pria dengan keterangan sebuah link yang bertuliskan "Wanita Mabuk Setelah Pesta, ini adalah bagaimana pria sejati bertindak, sangat lucu, harus melihat, gadis-gadis ini gila!, Gadis mabuk setelah pesta " yang kemudian akan disusul dengan tulisan klik disini untuk melihatnya . Jika kalian pernah mengkliknya berarti kalian sudah termasuk korban spam tersebut.

Banyak diantara para pengguna facebook yang bertanya dan mencari bagaimana cara menghapus video tersebut, anehnya video tersebut bisa tiba-tiba saja masuk ke kronologi korbannya, entah itu tampil sebagai status share atau bahkan tag . Pasalnya jika video spam tersebut dihapus maka secara otomatis pesan tersebut akan kembali muncul, tentu ini sangat membuat risi bukan ?

Baca Juga :

Cara Menghapus Spam Malware Video Wanita Mabuk Di Facebook

Tujuan Disebarkannya Spam Link Video Facebook

Saya tentu bisa meyakinkan, bahwa hampir setiap pengguna facebook pernah melihat tampilan gambar seperti diatas. Perlu kalian ketahui bahwa spam diatas merupakan ulah dari malware jahat yang pada intinya ingin mengambil alih data kalian ketika sedang berinternet.

Cara kerjanya sangat simpel sekali, jika ada dari kalian yang penasaran untuk mengklik link tersebut, maka secara otomatis kalian akan diarahkan ke suatu halaman web fake, yang mana tampilannya bisa menyerupai tampilan web berita atau bahkan seperti tampilan youtube guna untuk mengecoh para korbannya.

Jika kalian perhatikan secara teliti, setelah kalian mengklik link tersebut, kalian akan disuruh untuk melakukan penginstallan sebuah plugin dengan keterangan " Anda harus memiliki plugin dipasang untuk menonton video ini, klik disini untuk menginstall plugin ". Jika kalian mengkliknya maka secara otomatis akan dialihkan pada tab penginstallan sebuah extension yang mengatasnamakan sebuah portal berita. 


Baca juga :


Extension inilah yang mampu melakukan posting atau share secara otomatis ke akun facebook kalian karena pada dasarnya kalian telah memberikan izin kepada malware ini untuk memberi hak membaca dan merubah semua data kalian tidak hanya di facebook namun pada semua situs yang akan kalian kunjungi. Jika hal ini sudah terjadi di perangkat komputer kalian, maka sudah dipastikan komputer atau laptop kalian sudah terserang virus malware jahat.


Cara Menghapus dan Mengatasi Spam Malware Facebook


A. Opsi Untuk Pengguna Browser Mozilla Firefox

Bagi kalian yang menggunakan browser mozilla firefox, silahkan kalian ikuti  cara dibawah ini :
  • Pertama silhakan kalian buka Browser Mozilla Firefox 
  • Selanjutnya ketikkan di address bar perintah about:addons lalu tekan Enter 
  • Setelah itu akan terbuka halaman Add-ons Manager pilih menu Extensions dan cari file inject dengan nama Fullscreen 4.0 jika sudah ketemu, silahkan kalian Remove atau Hapus Extensi Fullscreen 4.0 tersebut dan silahkan kalian Restart Mozilla Firefox.

B. Opsi Untuk Pengguna Browser Google Chrome

Bagi kalian yang menggunakan browser google chrome, silahkan kalian ikuti cara dibawah ini :
  • Buka Browser Google Chrome, dan ketikkan di address bar perintah chrome://extensions lalu tekan Enter 
  • Setelah itu, silahkan kalian cari Extensions yang bernama Temp Show atau apapun yang mencurigakan,hapus aja langsung dengan cara klik icon Trash/tong sampah (Remove from Crome)
  • Jika sudah kalian hapus, segera lakukan Restart atau muat ulang kembali Google Chrome kalian
Mudah-mudahan artikel kali ini bisa bermanfaat buat kalian semuanya, jika ada kesalahan atau ketidak sesuaian dengan tindakan nyatanya, kalian bisa mengirimkan saran dan komentar pada kolom komentar yang telah saya sediakan di akhir postingan ini


.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment