Memahami Pengertian dan Fungsi Management Instrumentation (WMI)

komputerdia.com - Banyak sekali langkah yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan  suatu data atau informasi tentang system komputer yang yangkalian pakai saat ini, umpamanya seperti kapasitas serta penggunaan hard disk, kapasitas serta pemakaian memory, sistem yang berjalan, dan lain-lain. Pada system operasi Windows sendiri, informasi tentang system komputer bisa kalian akses dengan cara-cara seperti dibawah ini :  
  • Menu-menu yang ada pada grup menu Administrative Tools Component Services, 
  • Computer Management, 
  • Event Viewer, 
  • System Configuration , 
  • Melalui perintah msinfo32 pada command prompt (cmd) , atau mungkin dengan memakai Windows Management Instrumentation (WMI).
Window Management Instrumentation (WMI) merupakan tehnologi yang dikembangkan oleh Microsoft yang memungkinkan kalianuntuk melaksanakan beberapa pekerjaan management Windows dengan metode scripting (programatikal) dari mulai proses query untuk memperoleh data atau informasi pada suatu system komputer , baik secara lokal maupun dengan jaringan yang berbda sampai dengan otomatisasi suatu proses pada system windows tersebut. 

Baca Juga :

Fungsi Management Instrumentation (WMI)


  1. Melaksanakan query ke system operasi untuk memperoleh informasi mengenai system computer, seperti : sistem yang tengah aktif, aplikasi yang terinstall, penggunaan memory, penggunaan hard disk, dan lain-lain ; 
  2. Menggerakkan sistem atau aplikasi melalui mode scripting, contoh : membuka aplikasi dengan automatis ; 
  3. Membuat jadwal (schedule) untuk menggerakkan sistem pada saat tertentu ; 
  4. Mengelola computer lokal maupun remote (membutuhkan kewenangan akses computer serta dibutuhkannya jaringan internet).

Arsitektur Management Instrumentation (WMI)

Berikut ini adalah keterangan gambar yang mewakili dari bentuk atau arsitektur Management Instrumentation (WMI)

Memahami Pengertian dan Fungsi Management Instrumentation (WMI)

1. WMI Providers dan Managed Object

WMI Providers adalah sebuah object COM (Component Object Model) yang memonitor satu atau lebih managed object untuk WMI. Managed Object adalah komponen logic atau komponen fisik (seperti sistem operasi, process, service, hard drive, network adapter dll) yang akan dimonitor oleh object COM.


2. WMI Infrastructure

WMI Infrastructure adalah komponen pada sistem operasi Microsoft Windows. terdiri atas komponen : WMI service (termasuk WMI core) dan WMI Repository. WMI Repository merupakan kumpulan namespace WMI seperti root\default, root\cimv2, root\subscription, dll. WMI service berfungsi sebagai perantara antara provider, aplikasi management, dan WMI Repository.

Baca Juga :


3. WMI Consumers

WMI Consumers adalah aplikasi atau script yang berinteraksi dengan WMI Infrastructure. Aplikasi untuk memanage WMI dapat berupa query, enumerate data, menjalankan methods pada provider, atau subscribe pada events.WMI dapat diimplementasikan secara langsung melalui Command Line atau melalui penulisan script secara programatikal. 

Mekanisme yang dapat digunakan untuk menghubungkan WMI dan sistem informasi ke dalam WMI script disediakan oleh WMI Providers berupa : WMI Scripting Library’s SWbemLocator object dan WMI moniker.

Moniker dipandang lebih powerful karena memungkinkan digunakannya satu baris kode untuk mendeskripsikan dan memperoleh data pada sebuah WMI object maupun kumpulan WMI object
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment