Mengenal Optimasi Seo On-Page dan Seo Off-Page Didunia Blogging

komputerdia.com - search engine optimation (SEO) merupakan suatu optimasi mesin pencari yang umumnya banyak dilibatkan dalam artikel tulisan situs (blog) atau website dengan maksud supaya situs dan artikel konten yang dioptimasi itu lebih gampang ditemukan di hasil pencarian mesin pencari dan berada didalam posisi yang sangat baik, seperti mesin pencari google yahoo atau bing serta mesin pencari yang lain.

Dalam konteks sebenarnya seo tersebut dibagi menjadi dua bagian yakni seo on-page dan seo off-page . Jika kalian harus membandingkan seo mana yang paling bagus untuk meningkatkan kualitas suatu blog, kedua seo ini adalah salah satu dari sekian banyak faktor terpenting didalam membangun sebuah situs (blog).

Di artikel kali ini, saya akan mencoba memaparkan pengertian dan perbedaan seo onpage dan seo offpage yang perlu kalian ketahui. Sebab jika kita meniliki peraturan main di dunia blogging kedua elemen ini adalah faktor yang harus kalian pertimbangkan.

Baca Juga :

Mengenal Optimasi Seo On-Page dan Seo Off-Page Didunia Blogging

Mengenal Seo OnPage dan Seo OffPage


A. Seo OnPage (On-Page)

Perlu ditekankan kembali bahwa  optimasi search engine optimation (seo) onpage yaitu semua usaha yang bisa kalian kerjakan didalam membangun sebuah situs (blog), agar situs kalian mempunyai reputasi yang baik di mesin pencari sehingga konten-konten artikel yang kalian publikasi akan dengan mudah dibaca atau di indeks oleh mesin pencari tersebut . Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk membuat seo onpage pada situs (blog) :
  • Menata Susunan Kode Template
Susunan kode template atau rancangan situs merupakan salah satu elemen penting yang bisa dikaitkan dengan seo onpage, pasalnya didalam sebuah template tersebut mengandung banyak gabungan kode yang berguna untuk meningkatkan kualitas blog (situs) yang kalian miliki. Berikut ini adalah elemen penting yang berguna untuk memberikan reputasi baik untuk situs (blog) kalian .
  1. Fast Loading
  2. Tag H1, H2 dan H3
  3. Responsive
  4. Meta Tag
  5. Breadcumb
  6. Pencegah Duplikat Konten

  • Pembuatan Seo OnPage Didalam Artikel
Optimasi seo onpage ini juga bisa kalian buat didalam pembuatan suatu artikel, dimana seo onpage didalam artikel diantaranya adalam pembuatan link internal (artikel terkait) yang bisa menghubungkan para pengunjung untuk bisa terkoneksi dengan artikel-artikel lainnya yang kalian miliki didalam situs (blog) tersebut.

B. Seo OffPage (Off-Page)

Optimasi search engine optimation (seo) offpage yaitu semua jenis usaha yang bisa kalian kerjakan diluar situs (blog) yang bertujuan untuk meningkatkan popularitas blog yang kalian miliki, sehingga blog (situs) yang kalian miliki akan mudah dikenali oleh para calon pengunjung kalian, dan berikut ini adalah beberapa usaha yang bisa kalian lakukan untuk membuat seo Off-page : 

  • Lakukan Pembuatan Backlink
Nah, bagi kalian mendengar nama backlink mungkin saja bukan merupakan sesuatu yang asing lagi. Backlink atau site in link merupakan suatu link dari situs lain yang mana jika link tersebut diklik maka secara otomatis akan diarahkan ke situs tujuan link tersebut. Dalam kasus ini sering kali kita mendengar istilah BW (Blog Walking) , Blog Walking ini merupakan salah satu cara optimasi seo Offpage yang bisa kalian lakukan dengan cara mengunjungi situs orang lain dan kemudian melakukan sebuah tanggapan (berkomentar) dengan mencantumkan alamat situs kalian. 

  • Lakukan Promosi
Promosi disini kalian bisa melakukannya dengan banyak cara, yakni bisa menggunakan teknik offline maupun online, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk melakukan promosi baik offline maupun online 


Promosi Online
  1. Bergabung dengan komunitas atau group di sosial media seperti facebook group, Google Plus Group dll, disini silahkan kalian lakukan share artikel yang kalian publikasikan. Usahakan sebelum kalian melakukan penyematan link, sebelumnya tambahkan terlebih dahulu kata-kata yang bisa membuat orang lain penasaran, sehingga mereka mau mengunjungi artikel yang kalian buat
  2. Membuat video berdurasi pendek yang didalamnya mendeskripsikan tentang blog kalian, dan buatlah obrolan yang sifatnya mengajak orang lain untuk bisa bergabung ke situs kalian
  3. Gabung di kerumunan konemtar orang yang ramai diperbincangkan, namun harus sesuai dengan topik yang dibicarakan ya, takutnya kalo lain dari masalah yang dibicarakan, akhirnya kalian akan dianggap sebagai spammer

Promosi Offline
  1. Ajaklah kawan atau saudara kalian untuk mengunjungi situs kalian
  2. Buat sebuah stiker yang bisa kalian bagikan kepada para pengguna jalan
  3. Spam Card, teknik ini dikenalkan oleh para vloger youtube, dimana setiap mereka melakukan vlog, mereka selalu berusaha untuk membagikan sebuah kartu (seperti kartu nama) kepada siapa saja dengan cara berkala
.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

1 Response to "Mengenal Optimasi Seo On-Page dan Seo Off-Page Didunia Blogging"

  1. Semoga membantu semuanya, cara ini bisa kalian lakukan sebisa mungkin

    ReplyDelete