Mengenal Pengertian Dan Fungsi Zimbra Mail Server

komputerdia.com - Zimbra yaitu sofware open source untuk e-mail server serta kerjasama (groupware) yang menyediakan solusi untuk e-mail server dengan kecepatan dan akselerasi yang powerfull, penjadwalan, kalender group kotak serta manejemen penyimpanan dokumen via situs. Saat ini zimbra tersedia untuk platform linux serta platform mac os x. zimbra memakai client ajax web 2. 0 yang bisa di jlankan pada browser, seperti firefox, interner explorer, chrome dan lain sebagainya. zimbra pada intinya sekelas dengan microsoft exchange server. Perbebdaannya sendiri zimbra terdiri dari dua edisi. yakni open source edition serta network edition. 

Zimbra sendiri merupakan satu diantara aplikasi mail server yang cukup banyak disukai. Selain Gratis, zimbra juga mempunyai banyak feature favorit yg tidak dipunyai oleh aplikasi mail server yang lain seperti exim4 serta postfix. Tidak hanya sebagai mail server, zimbra juga sediakan mail platform webmail client, hingga banyak pemakai zimbra merasakan manfaat yang cukup bervariasi. Hal semacam ini tidak didapati di aplikasi mail server  yang lainnya, seperti  seperti exim serta postfix yang perlu menambahkan roudcube sebagai webmail client-nya.

Baca Juga :

Mengenal Pengertian Dan Fungsi Zimbra Mail Server

Kelebihan Dan Kekurangan Zimbra


A. Kelebihan Zimbra


  1. ClamAV ada antivirus yang bisa membuat perlindungan e-mail dari serangan atau gangguan virus yang bisa menghilangkan data yang ada didalamnya. 
  2. Bisa mengakses e-mail meskipun akun dalam kondisi off line. 
  3. Spam Asasin mail filter yang bisa melakukan pengidentifikasian tentang adanya spam pada akun. 
  4. Zimbra memakai aplikasi open source openLDAP sebagai active directory server, menyediakan fitur autentikasi user, masing-masing akun yang ada pada zimbra memiliki mailbox yang berbeda dengan program e-mail yang beda serta ID untuk mengidentifikasi akun. 
  5. Adanya alat untuk syslog penggabungan, pelaporan, serta pelacak sebuah pesan. 
  6. Bisa berjalan pada service port RQM 22, postfix 25, HTTP 80, POP3 110, IMAP 143, LDAP 389, HTTPS 443 dan lain-lain. 
  7. Zimbra bisa di install pada hampir semua sistem operasi yang support dengan perangkat komputer, namun saat ini kebanyakan dari  versi ini hanya dirancang lebih untuk sistem operasi berplatform linux
  8. Kalian bisa memberikan beberapa feature yang lain yang bisa memaksimalkan akses e-mail kalian.


B. Kekurangan Zimbra

  1. Aplikasi akan terasa agak berat pada pemakaian Ajax. 
  2. Umumnya akan sering terjadi error pada javascriptx bila bandwitch yang dipakai mempunyai kapasitas yang sedikt. 
  3. Ada kesulitan ketika melakukan penginstalan pertama pada operating system linux. 
  4. Yahoo zimbra ini agak sulit untuk di mengerti lebih dalam, terlebih bagi kalian yang memakai IE 6, IE 7. 


Fitur Yang Diberikan Zimbra

  • Mendukung multidomain
    Fitur ini memberi anda kemudahan dalam menggunakan zimbra zebagai mail server untuk banyak domain. Anda bisa dengan mudah menambahkan domain melalui halaman admin zimbra
  • Dukungan CalDAV dan CarDAV
    Fitur ini memungkinkan sincronisasi addressbook dan jadwal/Calender di mail client seperti outlook atau thunderbird dengan zimbra mail server. Saat ini OS yang mendukung CalDAC dan CarDAV baru dari MacOS (MacBook) dan iOS (iPhone)
  • Mempunyai fitur Server Monitoring
  • Sudah Terdapat Amavis Antivirus
  • Terdapatnya LDAP


.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment