Mengenal Perintah Dasar Jaringan Pada Command Promt (CMD)

komputerdia.com - Kalian semuanya tentu sudah mengenal dengan istilah command promt (CMD), terminal yang diusung windows ini biasa juga dikenal dengan istilah DOS yang mempunyai banyak fungsi untuk melengkapi pekerjaan sehari-hari , terutama bagi kalian yang bekerja dibidang komputer jaringan.

Command Prompt (CMD) juga bisa diartikan sebuah perintah DOS yg terdapat pada operating system windows yangdapat di akses dengan on-line atau off line. Dengan menggunakan fitur command prompt, kalian dapat mengakses suatu jaringan, mengganti nama, memindahkan satu file dengan gampang melalui feature ini. 

Perlu kalian ketahui juga, bahwa fitur command prompt juga dapat digunakan untuk melakukan kegiatan-kegiatan illegal seperti yang dilakukan oleh para h*cker untuk bisa mengakses jaringan komputer lain.

Baca Juga :

Mengenal Perintah Dasar Jaringan Pada Command Promt (CMD)

Dalam artikel kali ini saya akan mecoba membagikan beberapa perintah dasar pada command prompt yang bisa kalian gunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari dibidang jaringan komputer, berikut adalah perintah-perintahnya :


Perintah Dasar Command Prompt Untuk Jaringan


1. Ping


Perintah ping biasanya digunakan untuk menguji koneksi jaringan, apakah koneksi jaringan tersebut sudah bsia terhubung atau belum. Sederhananya perintah ping ini akan mengirim ICMP echo packet ke tujuan yang sudah ditentukan.

Dalam hal ini, kalian juga bisa melihat informasi lainnya jika suatu jaringan tidak terhubung dengan baik atau permintaan tidak sampai ketujuan seperti Request Time Out (RTO), atau juga dengan keterangan Destinatin Host Unreachable (DHU) jika tujuan tidak bisa dijangkau, dan contoh format penulisan ping bisa kalian lihat pada contoh dibawah ini .

Ping 192.168.1.1 atau juga bisa seperti ping www,facebook.com

Mengenal Perintah Dasar Jaringan Pada Command Promt (CMD)


2. Ipconfig

Ipconfig ini digunakan untuk melihat suatu informasi konfigurasi yang terkait dengan jaringan yang kalian gunakan, umpamanya informasi host name, dns, ataupun kartu jaringan pada komputer yang kalian guankan. 

Dalam format lainnya kalian juga bisa melakukan perintah dengan ipconfig/all yang berguna untuk melihat informasi jaringan dengan lebih jelas dan komplit seperti dns dan mac address, dan jika kalian akan melakukan pembersihan atau me-refresh DNS kalian bisa menggunakan perintah ipconfig/flushdns.

Mengenal Perintah Dasar Jaringan Pada Command Promt (CMD)


3. Tracert

Fungsi tracert berfungsi sama halnya dengan perintah dari ping, yaiutu untuk mengirimkan sebuah paket ke tujuan tertentu, tetapi bedanya tracert dengan ping adalah sepanjang jalan tracert akan selalu memohon setiap router untuk membalas jalur yang dilaluinya. 

Dengan perintah tracert juga, kalianbisa dengan gampang mengetahui lewat jalur mana saja paket kalian akan berjalan untuk sampai ke tujuannya. Tracert juga memberi informasi berapa lama paket data melalui masing masing hops untuk sampai ke host yang dituju.

Baca Juga :

Misalnya, bila kalian tidak bisa tersambung dengan server pada jaringan lokal, dengan menjalankan perintah tracert, kalian akan membantu memberikan hop mana yang bermasalah tersebut. Berikut ini adalah contoh penulisan formatnya

tracert 192.168.1.1 atau kalian juga bisa menggunakan tracert www.komputerdia.com

Mengenal Perintah Dasar Jaringan Pada Command Promt (CMD)


4. Nslookup

Perintah ini biasanya difubgsikan untuk  menerjemahkan nama domain ke suatu alamat ip atau sebaliknya. contoh format penulisannya adalah nslookup nama_domain atau nslookup alamat_ip

Mengenal Perintah Dasar Jaringan Pada Command Promt (CMD)


5. Netstat

Netstat atau network statistic (statistik jaringan) merupakan perintah pada command prompt yang berfungsi untuk menunjukan suatu jalur koneksi yang sedang berjalan pada perangkat komputer yang kita miliki termasuk juga dengan informasi rute yang akan ditujunya. 

Untuk contoh format penulisannya kalian bisa menggunakan format netstar -r yang berguna untuk melihat suatu tabel routing, dan untuk percobaan lainnya kalian bisa mengganti "-r" dengan huruf lainnya.

Mengenal Perintah Dasar Jaringan Pada Command Promt (CMD)


.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment