Pengertian Subnet Mask dan Prefix IP Address Dalam Jaringan Komputer

komputerdia.com - Prefix IP Address adalah suatu metode yang digunakan didalam dunia jaringan komputer khususnya untuk masalah pengalamatan IP (IP Address) yang berfungsi sebagai peninjuk seberapa banyak bit yang terdapat didalam ip address dimana ip address tersebut merupakan porsi dari netword-id.

Pada pembahasan sebelumnya, saya telah mengulas tentang IP address dan pembagian kelasnya. Telah kita ketahui semuanya bahwa IP Address ini terbagi ke dalam 32 bit angka biner dan didalamnya sudah terdapat Network-id dan host-id. Kedua bagian ini sama-sama mempunyai fungsi, berikut adalah fungsi dari kedua bagian tersebut :
  • Network-id digunakan untuk melakukan identifikasi alamat jaringan, sehingga jika ada jaringan lain yang ingin melakukan komunikasi, kita tinggal menuju network-id tersebut
  • Host-id merupakan suatu identitas komputer yang berada didalam jaringan 
Bagi kalian yang belum membaca artikel sebelumnya, kalian bisa mengulasnya di artikel berikut ini :
Dengan adanya prefix ini, kita sudah bisa mengetahui host mana saja yang bisa kita gunakan dalam jaringan tersebut, prefix ini umumnya digunakan dalam melakukan sebuah konfigurasi pada router. Dibawah ini adalah contoh penulisan format prefix :

192.168.3.0/24

Pada penulisan format diatas bisa diketahui bahwa "/24" tersebut adalah prefix dari jaringan yang mempunyai ip address 192.168.3.0, dan jika alamat ip 192.168.3.0 ini dirubah kedalam format 32 bit angka biner makaangka 24 pertamanya adalah network-id, sedangkan sisa 8 bitnya adalah nilai untuk host-id. Untuk lebih jelasnya silahkan kalian lihat gambar berikut ini :

Pengertian Subnet Mask dan Prefix IP Address Dalam Jaringan Komputer

Penjelasan diatas bisa kita simpulkan, bahwa prefix/24 ini akan menghasilkan sebuah jaringan dengan jumlah host 254. Untuk lebih meyakinkan kalian, sekarang kita akan membuat contoh prefix lainnya dengan nilai /29 dengan ip address 192.168.3.130/29

Baca Juga :


Pengertian Subnet Mask dan Prefix IP Address Dalam Jaringan Komputer

Dengan menggunakan  prefix/29, sudah bisa kita lihat kesimpulan gambar diatas menunjukkan bahwa prefix diatas hanya menghasilkan jumlah host sebanyak 6.


Pengertian Dan Penjelasan Subnet Mask

Sama halnya dengan Prefix, Subnet mask juga merupakan suatu penentu nilai Network-id serta nilai Host-Id pada deretan bilangan binner. Nilai subnet mask ini biasanya akan mengikuti nilai prefix. Dengan dasar inilah kenapa saya lebih menjelaskan prefix diawal pembahasan ini.

Bisa juga subnet mask ini didefinisikan sebagai suatu istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada angka biner 32 bit yang digunakan untuk membedakan network ID dengan host ID, menunjukkan letak suatu host, apakah berada di jaringan lokal atau jaringan luar.


Baca Juga :



Dalam hal ini juga, kalian tentunya harus bisa membedakan antara subnet mask dengan prefix IP. Perbedaan diantara keduanya terletak pada bagian penulisannya, seperti apa yang telah saya bahas diawal bahwa subnet mask dituliskan didalam bentuk bilangan biner


Fungsi Subnet Mask

Pada dasarnya, setelah kita mengetahui beberapa penjelasan diatas, subnet mask mempunyai 2 (dua) fungsi (peranan) yang cukup penting didalam suatu jaringan komputer, fungsi subnet mast tersebut diantaranya adalah :

  1. Untuk membedakan antara Network ID dengan Host ID.
  2. Untuk menentukan alamat tujuan paket data, apakah local atau remote.
  3. Subnet mask dapat juga digunakan untuk membuat suatu jaringan lebih tertata
  4. Subnet mask dapat juga diartikan sebagai suatu identitas (penanda) sebuah jaringan

.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

5 Responses to "Pengertian Subnet Mask dan Prefix IP Address Dalam Jaringan Komputer"

  1. fungsi nya buat apa sih gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk membedakan antara Network ID dengan Host ID.

      Delete
  2. Thank's gan infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Untuk membedakan antara Network ID dengan Host ID.
      Untuk menentukan alamat tujuan paket data, apakah local atau remote.

      Delete