Pilih Smartphone Iphone Atau Smartphone Android (Iphone Or Android)

komputerdia.com - Saat ini terdapat dua system operasi yang sangat berpengaruh dan mendominasi perangkat seluler, OS tersebut adalah Iphone dan Android. Kedua System operasi ini telah kita ketahui sudah mempunyai penggemarnya masing-masing dan telah terbukti banyak para penggunanya yang loyal diseluruh pelosok dunia ini.

Jika kita lakukan perbandingan antara iPhone versus Android, sistem operasi manakan yang akan menjadi pilihan kalian. Dalam artikel kali ini saya akan mencoba mengupas kelebihan serta kekurangan pada sistem operasi iphone dan android yang mana perbandingan ini ditujukan untuk menjadi tolak ukur bagi kalian yang sedang memilih antara iphone atau android (iPhone or Android).

Baca Juga :

Pilih Smartphone Iphone Atau Smartphone Android (Iphone Or Android)

Sekilas iPhone VS Android


Predikat Operatyng System terbaik memanglah cukup sulit untuk diberikan ke salah satu operating sistem terbaik dunia seluler saat ini tersebut, terlebih masing-masing sistem operasi ini mempunyai kelebihan serta kualitas tersendiri. 

iOS yaitu system operasi besutan Apple yang disematkan dalam beragam gadget produksi vendor raksasa tersebut . Dari mulai iPhone, iPad, dan iMac – semua disemati dengan iOs yang bisa di up-date setiap ada perbaruan system software-nya.

Android yaitu system operasi hasil racikan salah satu perusahaan raksasa didunia yakni perusahaan google. OS Android termasuk pemain baru jika memang haris kita bandingkan dengan keberadaan iOs, tetapi dengan perkembangannya yang demikian cepat, sekarang ini android dapat bersaing dan menjajarkan "dirinya" dengan gadget milik Apple tersebut. Terlebih OS android  ini bersifat open source, jadi dengan hak seperti ini para developer pun akan sangat mudah dan leluasa untuk mengembangkan aplikasi - aplikasi pendukung android.



Perbandingan iPhone VS Android


A. Fitur Layar dan Keamanan 

Feature iPhone TouchID fingerprint sensor begitu memudahkan kaianuntuk membuka monitor ponsel iPhone dengan tidak lagi lakukan PIN lock screen yang mengganggu. Sebagian type ponsel Android juga saat ini sudah mempunyai feature yang sama dengan iPhone TouchID. Android juga mempunyai feature smartphone yang memakai tehnologi pengenalan wajah serta lokasi untuk langsung melewati sebuah security pattern Android, namun feature itu dianggap lebih tidak aman dari fitur yang digunakan pada iPhone.


B. Fitur Melakukan Panggilan Telepon

Kontak favorite yang umum ditelepon keluar dengan begitu baik pada handphone dengan jenis android, sehingga memudahkan kalian untuk melakukan  sebuah panggilan telepon secara cepat sertaTertata dengan rapi sesuai dengan kontak telepon yang sering kalian hubungi.

Lain halnya dengan perangkat iPhone yang mempunyai feature FaceTime, sehingga begitu membantu para penggunanya untuk meindai dan memilih kontak yang akan di teleponnya.


C. Mengecek Waktu atau Jam

Manakah diantara kedua sistem operasi ini yang menurut kalian sangat mudah dalam hal melihat waktu ? Antara  Android dan iPhone untuk  menunjukkan waktu atau jam, hampir tidak ada perbedaan diantara keduanya, pasalnya ketika kalian tekan tombol kunci/lock maka penunjuk waktu akan segera tampil pada monitor ponsel keduanya. 

Baca Juga :

Namun banyak handphone android yang menyimpan waktu dengan lebih baik, seperti pada perangkat Motorola, Samsung dan HTC contohnya, mereka memiliki smart cover yang secara otomatis akan menunjukkan waktu ketika kalian mengeluarkan perangkat tersebut dari saku atau kantong kalian. Selain itu android juga mempunyai layar DayDream yang mampu untuk terus menyala ketika sedang dilakukan charge pada malam hari. 


D. Menggunakan Fitur Foto dan Video

Pada perangkat android, fitur kameranya yang sudah mempunyai kualitas High Definition, jernih dan hasil gambar yang jelas dan lembut. Namun kekurangan yang terdapat pada ponsel android, masih ada juga kamera android yang mempunyai kualitas dibawah rata-rata. Beda halnya dengan kamera dari ponsel iPhone yang selalu menjaga kualitasnya dari waktu ke waktu. 

Dalam melakukan pengelolaan foto dan video, sampai saat ini perangkat Android jauh lebih baik jika dibandingkan dengan iphone. Dalam hal ini fitur Google Photos akan memberikan kalian suatu media penyimpanan foto yang tidak terbatas sehingga kalian bisa sangat leluasa untuk melakukan penyimpanan pada fitur ini. Sementara itu, untuk perangkat Apple, sampai saat ini mereka masih menggunakan fitur iCloud yang diketahui sangat mahal dan tidak user friendly (mudah digunakan) bagi para pengguna awam. 


E. Ketersediaan Aplikasi Dan Cara Menggunakan Aplikasi

Apple serta Google keduanya mempunyai App Store yang begitu bagus serta ramai d ikunjungi para pengguna loyal-nya. Namun dalam hal keunggulan, android lah yang memenangkan keunggulannya. Hal ini sudah jelas bahwa diplaystore sudah banyak sekali developer yang ikut terlibat dalam pembuatan aplikasi pendukungnya, dan sampai saat ini sudah ribuan jenis aplikasi dengan fitur dan manfaat yang berbeda beredar di playstore, baik yang free atau premium.  

Baca Juga :

Sementara itu didalam hal mengelola aplikasi, android memperbolehkan kalianuntuk menyimpan aplikasi penting di monitor home screen serta menyembunyikan aplikasi yang kurang perlu di app drawer. Dan untuk masalah widget, widget pada android sudah terbukti lebih bermanfaat jika dibandingkan dengan widget pada apple (iPhone).


F. Fitur Bermusik

Pada perangkat android, sudah kita kethaui bahwa perangkat ini mempunyai aplikasi memainkan musik yang begitu baik yakni Google Play Music. Google Play Music menawarkan daftar-daftar lagu gratis yang memiliki kualitas. Sedangkan Apple mempunyai pemutar musik yakni Apple Music, dan dalam hal ini Apple tidak mempunyai pilihan yang gratis namun integrasi nya begitu baik dengan unduhan dari iTunes.


G. Membuka Daftar Kontak Telepon

Kontak telepon pada perangkat Android jauh lebih mudah di bagian navigasi jika dibandingkan dengan apple. Tampilan foto kontak yang besar membuat kontak Android jadi mudah untuk di akses dan tentunya sangat memudahkan kita untuk mencari orang. 

Namun pada perangkat iPhone secara otomatis bisa tersambung  ke akun Facebook dan jejaring sosial lainnya untuk mengisi Kontak di Smartphone iPhone kalian baik secara manual ataupun otomatis, sementara itu kebanyakan perangkat Android memerlukan aplikasi tambahan lain yang terpisah untuk melakukan tindakan seperti iPhone ini.



.
.

Berlangganan Artikel terbaru (free):

Post a Comment